7+ Oli Terbaik untuk Motor Matic, Dijamin Mesin Tetap Dingin!

By Administrator 12 Apr 2022
 

Oli yang bagus untuk motor matic seringkali dicari bagi pemilik kendaraan bermotor. Pasalnya, tak semua jenis oli cocok untuk motor matic, hal ini dikarenakan pelumas oli mesin motor matic hanya dikhususkan pada kinerja mesin.

Ditambah lagi sepeda motor matic seringkali mengalami panas mesin berlebihan (overheat). Hal tersebut membuat tenaga mesin jadi kurang bertenaga sehingga penggunaan bahan bakar menjadi boros.

Maka dari itu, kami akan memberikan rekomendasi 7 oli terbaik khusus motor matic yang bisa kamu gunakan.

Baca juga halaman: Jangan Salah Pilih, Ini Oli Motor Terbaik Untuk Motor Matic Rekomendasi Rider

 

Oli Terbaik Untuk Motor Matic

Ada beberapa penyebab mengapa mesin motor cepat panas diantaranya, penggunaan motor, kondisi cuaca panas dan perawatan motor yang tidak rutin. Penyebab tersebut dapat diatasi jika kamu menggunakan oli mesin yang tepat, yakni sebagai berikut:

  1. Evalube Scootic HX

Scootic HX 10W-30 dikenal sebagai pelumas yang memiliki kekentalan ganda (multigrade), Minyak pelumas ini dapat berfungsi mengurangi friksi pada temperatur serta putaran tinggi. Dilengkapi dengan Molybdenum dithiocarbamate dalam formulanya, sehingga membuat pelumas ini disebut sebagai oli motor berkualitas.

Evalube Scootic HS

Pelumas Evalube Scootic HX Untuk Skuter Matik

  1. Evalube Scootic RX

Scootic RX 10W-40 API SL merupakan pelumas yang berteknologi VELTEC, dilengkapi dengan full synthetic multigrade. Scootic RX mampu menjaga kekentalan oli ketika suhu tinggi. Dengan menggunakan pelumas ini maka kendaraan akan lebih hemat bahan bakar.

evalube scootic rx

Oli Evalube Scootic RX 10W-40 API SL

 

  1. Evalube Scootic YX

Teknologi Veltec pada oli Scootic YX mampu merawat serta mengurangi gesekan yang terjadi pada mesin motor. Oli mesin tak mudah aus dan membuat usia pakai lebih panjang. Mengandung molybdenum dithiocarbamate sehingga membuat mesin motor lebih awet.

evalube scootic yx

Oli Evalube Scootic YX mengandung molybdenum dithiocarbamate

 

  1. Evalube Scootic MX

Scootic MX sangat cocok untuk motor matic yang berusia 2 tahun keatas. Minyak pelumas ini terbuat dari base oil mineral berkualitas. Mengandung JASO MB, dapat membuat mesin motor bekerja lebih halus.

evalube scootic mx

Oli evalube scootic MX 20w-50 jaso mb2

 

  1. Evalube Runner

Oli berkualitas baik selanjutnya adalah Evalube Runner. Pelumas ini mempunyai bahan dasar mineral berkualitas tinggi serta mengandung viscosity improver. Jika menggunakan oli ini, maka mesin motor kamu akan lebih stabil.

 

Baca artikel mengenai oli matic terbaik:

 

  1. Evalube 4T Pro

Minyak pelumas 4T pro memiliki kekentalan SAE 10W-30 yang bagus untuk motor generasi terbaru. Memudahkan starter pada kondisi mesin yang dingin. Pelumas ini mampu mencegah korosi, keausan, dan mengurangi gesekan. Membuat hemat BBM dan umur pakai mesin yang lebih lama.

 

Baca artikel mengenai ganti oli motor matic:

 

  1. Evalube 4T Pro Racing

Oli 4T Pro Racing merupakan pelumas khusus yang dirancang untuk mesin motors sport 4 tak yang berkapasitas 250 cc atau lebih. Memiliki sifat detergency dan dispersancy yang sangat baik untuk membuat mesin menjadi lebih bersih.

 

  1. Evalube 2T

Evalube 2T merupakan pelumas yang menggunakan base oil berkualitas disertai dispersant dan detergent sehingga mencegah adanya deposit ruang bakar. Baik diaplikasikan pada mesin motor 2 Tak yang digunakan sebagai penggerak. Pelumas ini tidak direkomendasikan untuk mesin pelumas 4 tak atau roda gigi.

Itulah dia beberapa oli mesin terbaik untuk motor matic yang bisa kamu gunakan.

 

Baca artikel lainnya:

 

Video review pengguna oli Evalube Scootic YX Synthetic 4T SAE 20W-40 API SL untuk motor matik


Sumber video: Channel Gilang Raditya

 

Selain menggunakan oli berkualitas, kamu juga perlu memelihara kesehatan motor agar mesin tidak mudah panas, yakni dengan rutin mengganti oli setidaknya 2500 – 3000 km.

Dan yang tak kalah penting, pastikan cairan pendingin (water coolant) motor kamu tercukupi, karena mesin motor yang panas juga bisa disebabkan oleh berkurangnya cairan pendingin.

Demikian pembahasan ini kami sampaikan, semoga rekomendasi oli Evalube diatas dapat membantu kamu dalam memiliki oli mesin motor terbaik. Jangan lupa untuk mengunjungi website kami untuk mengenal oli mesin lainnya.