Jarak Ganti Oli Motor Matic Idealnya Tiap Berapa Kilometer?

By Administrator 13 Apr 2022
 

Banyak masyarakat yang mengandalkan sepeda motor sebagai transportasi mudik. Seperti yang disampaikan oleh Menteri Perhubungan yaitu Bapak Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja bersama komisi V DPR RI bahwa diperkirakan setidaknya 25,13 juta pemudik menggunakan sepeda motor. Perjalanan mudik menggunakan motor sebaiknya harus mempersiapkan kesehatan motor. Salah satu yang harus diperhatikan adalah oli mesin, sebab jarak tempuh yang jauh dan antisipasi macet, tidak terkecuali bagi motor matic.

 

Lantas, jika sudah balik mudik, apakah motor matic harus segera ganti oli mesin? Mengganti oli mesin sebaiknya tidak hanya ketika berangkat atau pulang mudik saja. Ganti oli disarankan berdasar jarak tempuh yang sudah dicapai oleh motor.

 

Banyak yang masih kebingungan dan bertanya-tanya sebenarnya kapan waktu ideal oli mesin motor matic harus segera diganti? Ya, mengetahui jarak ganti oli motor matic atau waktu yang ideal mengganti oli mesin motor memang sangat perlu.

Jika kita abai terhadap waktu penggantian oli mesin motor,  lama-kelamaan akan berdampak keawetan sepeda motor yang dimiliki. Agar hal ini tidak terjadi sebaiknya kamu harus menyimak artikel ini untuk mengetahui kapan idealnya jarak ganti oli motor matic.

 

Berapa Kilometer Jarak Ganti Oli Motor Matic yang Ideal?

Umumnya, petunjuk mengenai jarak ideal penggantian oli motor matic atau kendaraan lainnya ada di buku petunjuk atau buku manual setiap pembelian kendaraan. Namun, kemungkinan karena isi di dalam buku petunjuk begitu banyak dan biasanya ukuran hurufnya kecil-kecil, kita jadi malas untuk membaca isinya satu persatu.

Di buku manual, rata-rata pabrikan menganjurkan untuk melakukan penggantian oli mesin motor setiap 2.000 hingga 3.000 km atau sekitar 2 bulan sekali. Biasanya ini juga bergantung dengan merk motor matic yang kamu gunakan. Baca juga artikel Berapa Sih Jarak Ideal Ganti Oli Pada Motor Matic ?

Cara mengetahuinya, kamu bisa mengecek speedometer untuk melihat berapa jarak tempuh yang sudah motor matic kamu lalui. Jika sudah melewati 2.000 atau 3.000 km artinya kamu harus mengganti oli mesin motor kamu. Biasanya untuk jarak tempuh 3.000 km, kendaraan telah dipakai lebih kurang 2 bulan.

Jangan sampai melebihi 3.000 km karena suatu saat hal ini bisa menyebabkan motor matic kamu mati mendadak. Jika kamu mudah lupa kapan jadwal penggantian oli motor kamu, usahakanlah untuk menulis jadwal tersebut di catatan dan menempelnya di tempat yang sering dilihat. Baca juga artikel Jangan Ditunda, Ini Sinyal Sepeda Motor Perlu Ganti Oli.

 

Apakah Motor yang Jarang Dipakai Tetap Ganti Oli?

Jika jarak tempuh belum mencapai 2.000 – 3.000 km dan sudah mencapai 2 bulan apakah oli mesin tetap harus diganti? Hal ini juga sering menjadi pertanyaan. Baca juga artikel Motor Jarang Dipakai, Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Oli?

Oli mesin motor tetap harus diganti meskipun belum mencapai batas jarak tempuh. Walaupun jarak tempuh motor kamu hanya 20 hingga 50 km selama 2 bulan, penggantian oli baru tetap harus dilakukan 2 bulan sekali. Karena oli yang berada di dalam motor bila tidak segera diganti dapat merusak komponen kendaraan. Baca juga artikel Ternyata Komponen Ini Rusak Duluan Jika Telat Ganti Oli Motor.

Agar kendaraan kamu tetap prima dan komponen di dalamnya tetap berfungsi dengan baik, kamu harus rutin mengganti oli mesin minimal 2 bulan sekali. Baca juga artikel manfaat rajin ganti oli rutin Tak Hanya Membuat Mesin Lebih Awet, Rutin Ganti Oli Juga Bisa Bantu Menghemat BBM.

 

Apa Akibatnya Jika Tidak Mengganti Oli Motor?

Akibat tidak mengganti oli motor secara rutin yaitu terjadinya lecet atau baret akibat pergesekan piston & blok silinder pada mesin motor karena tidak dilumasi dengan sempurna. Gesekan juga mendorong keausan mesin, sehingga temperatur blok mesin jadi lebih cepat panas. Tidak hanya itu, mesin motor jadi kurang bertenaga sehingga memerlukan konsumsi bbm yang lebih.

 

Kapan Waktu Ideal Penggantian Oli?

Jika motor matic kamu sering digunakan, waktu penggantian oli mesin bukan lagi hanya 2 bulan sekali, melainkan 2 minggu hingga 1 bulan sekali. Baca juga artikel Ganti Oli Motor 2 Tak, Bisa Setahun Sekali?

Jika per hari jarak tempuh motor matic kamu mencapai 200 km, artinya kamu harus mengganti oli mesin 2 minggu sekali. Jika tidak, mesin motor kamu akan mulai tidak maksimal bekerja dan lama kelamaan mengalami kerusakan atau motor bisa mogok. Baca juga artikel Praktis & Hemat, Tutorial Cara Ganti Oli Motor Matic Sendiri di Rumah.

Agar kondisi motor kamu tetap dalam kondisi yang prima dan fungsi mesin awet, pastikan untuk bukan hanya selalu mengganti oli secara berkala tetapi juga memilih merk oli terbaik dan berkualitas.

Salah satu oli mesin terbaik yang bisa kamu pilih adalah Evalube. Evalube memiliki berbagai jenis oli berkualitas yang dapat membantu melindungi mesin motor matic secara maksimal.

Kunjungi official store Evalube di sini dan dapatkan potongan harga istimewa di setiap pembelian oli terbaik Evalube. Yuk, beli oli terbaik untuk motormu!