Jarak Ganti Oli Motor Matic Idealnya Tiap Berapa Kilometer?

By Administrator 13 Apr 2022
 

Banyak yang masih kebingungan dan bertanya-tanya sebenarnya kapan waktu ideal oli mesin motor matic harus segera diganti? Ya, mengetahui jarak ganti oli motor matic atau waktu yang ideal mengganti oli mesin motor memang sangat perlu.

Jika kita abai terhadap waktu penggantian oli mesin motor,  lama-kelamaan akan berdampak keawetan sepeda motor yang dimiliki. Agar hal ini tidak terjadi sebaiknya kamu harus menyimak artikel ini untuk mengetahui kapan idealnya jarak ganti oli motor matic.

 

Berapa Kilometer Jarak Ganti Oli Motor Matic yang Ideal?

Umumnya, petunjuk mengenai jarak ideal penggantian oli motor matic atau kendaraan lainnya ada di buku petunjuk atau buku manual setiap pembelian kendaraan. Namun, kemungkinan karena isi di dalam buku petunjuk begitu banyak dan biasanya ukuran hurufnya kecil-kecil, kita jadi malas untuk membaca isinya satu persatu.

Di buku manual, rata-rata pabrikan menganjurkan untuk melakukan penggantian oli mesin motor setiap 2.000 hingga 3.000 km atau sekitar 2 bulan sekali. Biasanya ini juga bergantung dengan merk motor matic yang kamu gunakan.

Cara mengetahuinya, kamu bisa mengecek speedometer untuk melihat berapa jarak tempuh yang sudah motor matic kamu lalui. Jika sudah melewati 2.000 atau 3.000 km artinya kamu harus mengganti oli mesin motor kamu. Biasanya untuk jarak tempuh 3.000 km, kendaraan telah dipakai lebih kurang 2 bulan.

Jangan sampai melebihi 3.000 km karena suatu saat hal ini bisa menyebabkan motor matic kamu mati mendadak. Jika kamu mudah lupa kapan jadwal penggantian oli motor kamu, usahakanlah untuk menulis jadwal tersebut di catatan dan menempelnya di tempat yang sering dilihat.

 

Apakah Motor yang Jarang Dipakai Tetap Ganti Oli?

Jika jarak tempuh belum mencapai 2.000 – 3.000 km dan sudah mencapai 2 bulan apakah oli mesin tetap harus diganti? Hal ini juga sering menjadi pertanyaan.

Oli mesin motor tetap harus diganti meskipun belum mencapai batas jarak tempuh. Walaupun jarak tempuh motor kamu hanya 20 hingga 50 km selama 2 bulan, penggantian oli baru tetap harus dilakukan 2 bulan sekali. Karena oli yang berada di dalam motor bila tidak segera diganti dapat merusak komponen kendaraan.

Agar kendaraan kamu tetap prima dan komponen di dalamnya tetap berfungsi dengan baik, kamu harus rutin mengganti oli mesin minimal 2 bulan sekali.

 

Kapan Waktu Ideal Penggantian Oli?

Jika motor matic kamu sering digunakan, waktu penggantian oli mesin bukan lagi hanya 2 bulan sekali, melainkan 2 minggu hingga 1 bulan sekali.

Jika per hari jarak tempuh motor matic kamu mencapai 200 km, artinya kamu harus mengganti oli mesin 2 minggu sekali. Jika tidak, mesin motor kamu akan mulai tidak maksimal bekerja dan lama kelamaan mengalami kerusakan atau motor bisa mogok.

Agar kondisi motor kamu tetap dalam kondisi yang prima dan fungsi mesin awet, pastikan untuk bukan hanya selalu mengganti oli secara berkala tetapi juga memilih merk oli terbaik dan berkualitas.

Salah satu oli mesin terbaik yang bisa kamu pilih adalah Evalube. Evalube memiliki berbagai jenis oli berkualitas yang dapat membantu melindungi mesin motor matic secara maksimal.

Kunjungi official store Evalube di sini dan dapatkan potongan harga istimewa di setiap pembelian oli terbaik Evalube. Yuk, beli oli terbaik untuk motormu!