Simple, Ini Cara Mengetahui Oli Motor Matic Harus Segera Diganti

By Administrator 12 Apr 2022
 

Hal penting yang harus diperhatikan para pengendara motor yaitu penggantian oli secara berkala. Hal ini bertujuan untuk membuat kendaraan bermotor yang dimiliki terawat dan performanya pun terjaga sehingga ketika digunakan selalu prima.

Agar jadwal penggantian oli tidak terlewatkan dan menyebabkan motor mudah rusak, kamu perlu mengetahui apa saja tanda-tandanya. Berikut ini akan kami bahas cara mengetahui oli motor matic harus diganti. Mari, simak artikel ini sampai selesai!

 

Cara Mengetahui Oli Motor Matic Harus Diganti

Manfaat oli bagi motor sangatlah banyak, beberapa fungsi oli motor yaitu untuk melumasi komponen mesin motor agar tidak bergesekan satu sama lain, serta membuat suhu mesin menjadi tetap sejuk.

Seiring dengan waktu penggunaan serta jarak yang ditempuh, kualitas oli pun akan menurun. Oleh sebab itu, agar mesin motor tetap dalam keadaan baik, oli harus diganti secara berkala. Berikut ini cara mudah mengetahui oli motor matic harus segera diganti:

 

Suara Mesin Kasar dan Tarikannya Menurun

Tanda oli perlu segera diganti yaitu, ketika suara mesin motor mulai kasar dan tarikan mesinnya terasa berat saat digunakan. Hal ini disebabkan oleh volume oli yang telah berkurang dan berubah menjadi encer sehingga membuat suara mesin terdengar lebih kasar dan mengakibatkan motor pun terasa seperti tidak bertenaga saat melaju.

 

Mesin Terasa Lebih Panas

Salah satu tanda bahwa oli motor harus segera diganti yaitu apabila panas mesin sudah tidak wajar. Kamu tidak perlu memegang mesinnya, cukup rasakan hawa panas di sekitar kakimu saat berkendara. Bila oli sebagai pelumas tetap bekerja dengan baik, mesin tidak akan terasa panas itu.

Biasanya, hawa panas mesin akan begitu terasa bila oli motor sudah lama tidak diganti.

 

Warna Oli Berubah

Warna oli yang tadinya berwarna kuning akan berubah menjadi hitam pekat dan encer seiring lamanya pemakaian. Hal tersebut dikarenakan kerak dari sisa-sisa pembakaran dari dalam mesin yang terjadi terus-menerus selama pemakaian.

Penting bagi Anda untuk mengganti oli rekomendasi pabrikan atau merek produsen oli terkenal yang disesuaikan dengan dengan jenis kendaraan motor Anda, antara motor matic dan motor gigi biasanya menggunakan jenis oli yang berbeda.

 

Telah Mencapai Batas Jarak Tempuh

Oli motor perlu diganti ketika telah mencapai batas jarak yang tempuh sekitar 3.000 hingga 5.000 km. Bahkan untuk motor matic sendiri, oli harus diganti ketika telah mencapai jarak tempuh 3.000 km.

Ketika melakukan servis di bengkel resmi, biasanya petugas mekanik akan memberitahu perkiraan batas kilometer servis berikutnya, termasuk waktu penggantian oli.

Anda bisa melihatnya pada stiker yang ditempel petugas di balik jok atau dekat tangki bensin.

 

Volume Oli Berkurang

Seiring lamanya waktu penggunaan kendaraan bermotor, oli bukan hanya berubah menjadi hitam dan encer, tetapi juga jumlah volumenya berkurang. Berkurangnya volume oli pada motor diakibatkan oleh suhu panas, kualitas oli yang kurang bagus, kebocoran, dan lainnya.

Kapasitas volume oli bisa kamu lihat melalui alat ukur yang tertanam pada tabung penyimpanan oli. Jika masih dalam ambang batas, artinya volume oli pada motor kamu masih cukup, jika sudah berkurang maka segeralah lakukan penggantian.

 

Ke-5 hal di atas adalah cara mudah mengetahui kapan oli motor matic harus diganti. Selain oli motor yang jarang diganti dalam waktu lama, penggunaan oli motor yang salah juga dapat menyebabkan mesin motor mudah rusak.

Oleh sebab itu, sebaiknya gunakanlah oli motor yang tepat! Rekomendasi oli motor terbaik yaitu Evalube, Evalube memiliki teknologi Veltec Fuel-economy yang dapat memberikan perlindungan maksimal pada mesin kendaraan sehingga dapat membuat kinerja mesin lebih optimal.

Kamu bisa mengunjungi official store Evalube untuk pemesanan dan dapatkan juga diskon spesial di sini.