Mengenal Pentingnya Uji Keselamatan Mobil atau NCAP

By Automotive Evalube 04 Mar 2024
 

Pengendara mobil baiknya memahami bahwa ada yang dinamakan uji keselamatan kendaraan. Maksud dari uji keselamatan kendaraan adalah serangkaian proses tes untuk memastikan keselamatan berkendara sebelum produk kendaraan diluncurkan. 

 

Salah satu yang termasuk dalam uji keselamatan mobil adalah uji tabrak atau crash track yang disebut New Car Assessment Program (NCAP). 

 

NCAP ini sangat penting untuk meningkatkan keselamatan berkendara. Dengan NCAP bisa diketahui seberapa amankah produk mobil baru yang akan digunakan. Bagaimana dampaknya untuk pengemudi dan penumpang saat produk tersebut mengalami kecelakaan. 

 

Berikut ini akan dijelaskan seberapa pentingnya sebuah produk mobil lolos uji keselamatan berkendara: 

 

  1. Tolok Ukur Minimum Keselamatan Berkendara 

 

Produk mobil yang sudah lolos NCAP artinya memiliki bare minimum sebagai mobil yang dapat melindungi pengemudi dan penumpang dari berbagai skenario kecelakaan. Pasalnya, mobil tersebut telah lolos memenuhi serangkaian uji tabrak dari berbagai sudut. Mulai dari tabrak depan, belakang, samping, hingga rollover. 

 

Untuk Indonesia, standar keamanan mobil mengacu pada pengujian ASEAN NCAP. Lembaga ini didirikan sejak tahun 2011 dari inisiatif Institut Penelitian Keselamatan Jalan Malaysia (MIROS) dan Global NCAP sebagai donatur tahap pertamanya. 

Untuk pertama kalinya pada tahun 2013, pengujian tabrak kendaraan baru yang dijual untuk pasar ASEAN. 

 

  1. Meminimalkan Risiko Kecelakaan dan Mengurangi Tingkat Kematian 

 

Dengan uji tabrak kendaraan mobil ini, produk pun jadi makin inovatif dengan tingkat keselamatannya. Dengan begitu NCAP dapat mengurangi risiko kecelakaan hingga risiko kematian karena kecelakaan mobil. 

 

  1. Produsen Mobil Tingkatkan Keselamatan Produk Mereka 

 

Dengan adanya NCAP, tentu saja produsen berusaha untuk meningkatkan standar keamanan produknya sehingga bisa lolos uji tabrak. Hal ini semakin mendorong produsen untuk berinovasi dengan beragam teknologi keamanan kendaraan mereka. 

 

  1. Pengendara dan Penumpang Terlindungi 

 

Dalam uji tabrak NCAP, ada perlindungan orang dewasa atau Adult Occupant Protection (AOP) yang nilainya berdasarkan uji tabrak depan dan samping. Kemudian, ada perlindungan penumpang anak. Perlindungan pada anak dalam pengujian ASEAN NCAP terfokus pada kursi Isofix. 

 

Selain itu, uji tabrak juga memastikan keselamatan sepeda motor jika terlibat dalam kecelakaan dengan mobil. 

 

Itu dia beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang NCAP.