Motor Dipakai Tiap Hari? Ini Oli yang Bagus Untuk Motor Matic

By Administrator 13 Apr 2022
 

Kendaran ibarat teman yang selalu ada untuk pemiliknya, pasalnya kendaraanlah yang selalu menemani kemanapun setiap hari, saat berangkat bekerja dan aktivitas penting lainnya.

Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan oli yang bagus untuk motor matic kamu, sebab oli yang terbaik akan membantu menjaga keawetan kendaraan. Simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui oli yang bagus untuk motor matic kesayanganmu.

 

Cara Memilih Oli yang Bagus untuk Motor Matic Kesayangan Kamu

Sebelum memilih menggunakan oli mesin untuk motor matic kesayanganmu, kamu perlu mengetahui cara memilih oli terbaik untuk motor matic berikut ini:

 

Sesuaikan Penggunaan Oli dengan Usia motor Matic

Hal ini dilakukan dengan mengecek kode API yang tercantum dalam kemasan. Kode API sebagai kode standar yang digunakan oleh produsen untuk menentukan mutu dan kualitas oli motor. Biasanya Kode API terdiri dari huruf SL, SN, SM, dan sebagainya.

Huruf yang berada setelah huruf “S” disusun berdasarkan urutan abjad. Semakin tinggi hurufnya maka semakin bagus kualitasnya. Namun perlu diingat! motor keluaran lama tidak bisa menggunakan oli dengan kode APi yang tinggi, karena tidak dirancang untuk siap menerima oli yang didukung teknologi terbaru.

 

Kenali Jenis Kopling Motor Matic Milik Kamu

Kopling pada motor matic berbeda-beda, ada kopling basah dan kopling kering. Umumnya, kopling kering dominan diterapkan pada motor matic. Bagi motor matic yang berkopling kering, pilihlah oli dengan kode JASO MB.

 

Kenali Tingkat Kekentalan Oli

Sebelum membeli, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu tingkat kekentalan oli tersebut melalui kemasannya. Misalkan di kemasan tersebut tertulis 10W – 40. Angka sebelum huruf “W” atau winter menunjukkan tingkat kekentalan oli di suhu dingin, sedangkan angka belakang menunjukkan tingkat kekentalan oli saat mesin bekerja.

Jika menginginkan mesin terdengar halus dan tarikan mesin melambat kamu bisa pilih oli yang kental. Jika ingin tarikan mesin makin tokcer maka kamu bisa pilih oli encer, namun biasanya oli encer sering dipakai oleh motor balap.

 

Perhatikan Volume Oli

Mengetahui berapa volume oli yang dibeli diperlukan agar nantinya sisa oli tidak terbuang. Bagi kamu yang memiliki motor matic dengan kapasitas mesin 150cc, kamu bisa membeli oli motor dengan volume 800 ml. Sedangkan untuk yang di atas 150 cc, sebaiknya pilih oli motor dengan volume 1.000 ml.

 

Rekomendasi Oli yang Bagus untuk Motor Matic

Kamu bisa menggunakan jenis oli mesin full synthetic untuk memberikan performa optimal pada motor matic. Rekomendasi oli full synthetic terbaik yaitu Evalube Scootic RX Full Synthetic.

Oli motor dari Evalube ini dapat digunakan bagi semua kendaraan roda dua skutik 4-tak yang memiliki spesifikasi API SL/ JASO MB.

Evalube Scootic RX direkomendasikan karena merupakan oli full synthetic yang memiliki banyak keunggulan. Memiliki kandungan Molybdenum Dithiocarbamate, membuat oli mesin ini mampu memberikan perlindungan luar biasa terhadap keausan mesin, jadi mesin motor matic pun dapat lebih awet.

Oli full synthetic dari Evalube ini dapat digunakan untuk jenis motor yang berpendingin udara maupun berpendingin cairan. Penggunaan Evalube Scootic RX Full Synthetic juga dapat menghemat bahan bakar dan memiliki kestabilan kekentalan yang terjaga.

Kamu tak perlu khawatir mengenai harga, harga oli dari Evalube ini juga termasuk yang terjangkau, apalagi jika kamu membelinya di Official Store Evalube. Selain pilihan jenis oli yang bagus untuk motor maticnya banyak dan sudah pasti original, kamu juga bisa mendapatkan potongan harga spesial, lho! Kunjungi segera Official Store Evalube dan dapatkan diskonnya!