Praktis & Hemat, Tutorial Cara Ganti Oli Motor Matic Sendiri di Rumah

By Administrator 12 Apr 2022
 

Mengganti oli motor ternyata dapat kamu lakukan sendiri, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa peralatan sederhana serta oli mesinnya saja.

Dengan melakukan penggantian oli sendiri, kamu akan lebih menghemat biaya karena tidak lagi membayar untuk jasa penggantian oli.

 

Berikut ini adalah tips dan cara ganti oli motor yang mudah dan dapat kamu lakukan sendiri dirumah.

Cara Ganti Oli Motor Matic dengan Mudah

Ganti oli adalah aktivitas yang harus rutin dilaksanakan setidaknya setelah motor mencapai 2.500 km – 3.000 km atau sekitar 6 bulan pemakaian. Jika tidak, maka dikhawatirkan akan berujung pada pendeknya umur mesin motor matic.

 

Bagi kamu yang ingin mengganti oli motor matic di rumah, wajib mengetahui cara mengganti oli motor berikut ini.

  1. Menyiapkan Peralatan

Untuk dapat menunjang aktivitas penggantian oli, kamu membutuhkan beberapa peralatan seperti kunci ring, tang, corong oli, wadah penampungan, dan oli baru. Sesuaikan kunci ring dengan merk motor kamu, karena tak semua ukuran sama.

  1. Posisikan Motor dengan Benar

Setelah peralatan sudah siap, keluarkan motor kamu dari bagasi, kemudian posisikan dengan menggunakan standar tengah, agar nantinya oli motor dapat mengalir sempurna.

  1. Pastikan Oli Motor Hangat

Ketika mengganti oli, pastikan oli motor dalam keadaan hangat, hindari dalam keadaan panas maupun dingin. Jika oli mesin dingin, maka biarkanlah mesin berputar stasioner selama 3-5 menit. Karena oli mesin yang dingin dapat membuat oli lebih kental dan sulit keluar.

  1. Buka Baut Pembuangan

Gunakan kunci ring yang sudah disiapkan untuk membuka baut pembuangan oli. Biasanya baut terletak di bawah mesin sebelah kiri. Siapkan tenaga untuk membuka baut tersebut. Selain itu, pastikan putaran saat membukanya dalam posisi yang tepat.

Jangan lupa menadahkan wadah di bawah saluran pembuangan oli yang sebelumnya sudah  kamu persiapkan.

  1. Kuras Oli Sampai Habis

Apabila baut pembuangan sudah terbuka, kamu tinggal menunggu oli tersebut mengalir ke wadah sampai habis. Akan lebih baik lagi, jika kamu mempunyai kompresor, alat tersebut dapat membantu oli terbuang dengan sempurna.

Tips saat sedang menguras oli, cek kondisi karet seal dan beberapa komponen lainnya. Apabila sudah dalam keadaan buruk, maka segeralah ganti. Namun jika dirasa masih dalam keadaan bagus, artinya tidak masalah jika tetap digunakan.

  1. Masukkan Oli Baru

Setelah oli terkuras dengan sempurna, kamu bisa memasukkan oli baru menggunakan corong agar tidak berceceran. Lubang pengisian oli bisa kamu temukan di atas mesin, sisi kanan.

Pastikan oli motor tersebut memiliki kualitas yang baik, agar mesin motor tidak mudah panas. Pasalnya, oli sangat mempengaruhi performa mesin dan kenyamanan berkendara.

  1. Panaskan Mesin Motor

Seusai oli baru sudah terisi, selanjutnya adalah memanaskan mesin motor agar oli baru dapat melumasi komponen mesin secara menyeluruh. Pastikan untuk memanaskannya selama 3-5 menit. Dengan demikian, baru kami bisa mengendarainya.

 

Cara ganti oli motor matic sendiri sangat mudah bukan? Dengan mengikuti tahapan tersebut, dijamin proses penggantian oli motor aman dan berjalan lancar.

Perlu diingat, gantilah oli motor dengan rutin, karena jika tidak maka akan terjadi kerusakan-kerusakan yang tidak diinginkan, seperti kinerja mesin yang berat, terjadi overheat penggunaan BBM yang semakin boros, dan hal-hal lainnya.

Yuk segera ganti oli motor kamu menggunakan oli berkualitas. Jangan lupa mengunjungi halaman website Evalube jika kamu ingin mendapatkan oli berkualitas!