Evalube

Daftar Harga Oli Motor & Oli Samping 2 Tak Terbaru 2021 dari Evalube

Oli motor & Oli samping merupakan salah satu hal yang dibutuhkan bagi kendaraan bermesin. Pengertian oli sendiri merupakan cairan atau pelumas yang digunakan untuk segala jenis barang dengan mesin, misalnya sepeda motor. Tekstur oli adalah cair dengan kekentalan serta warna yang beragam sesuai dengan macam-macam kegunaan serta kandungan yang ada di dalamnya.

Pengertian Oli Motor & Oli Samping
Kedua jenis oli ini biasanya terdapat dalam setiap jenis mesin. Meski terlihat sama, tentunya kedua oli ini memiliki perbedaan serta fungsi masing-masing.

Oli samping merupakan jenis oli yang dapat dilakukan penyetingan ataupun penyetelan. Ini berarti kita dapat memastikan penyetelan keborosan sesuai dengan kebutuhan pada motor. Semakin tinggi kualitas yang dimiliki oli samping, maka akan semakin optimal dan sempurna.

Sementara oli mesin, atau minyak pelumas mesin merupakan sebuah cairan yang memiliki kegunaan sebagai pelumas mesin. Jenis oli mesin yang dipilih dapat mempengaruhi usia pakai pada mesin yang Anda miliki. Oleh karena itu, sebaiknya haruslah memilih oli yang sesuai serta tidak membuat sistem kerja mesin menjadi lebih berat.

Oli mesin juga merupakan salah satu elemen yang berperan penting dalam sistem kerja mesin. Selain itu, oli mesin juga dapat mengurangi gesekan pada antar komponen mesin, misalnya seperti gear dan mekanisme kopling.

Baca juga artikel lainnya : Daftar Harga Oli Mesin Mobil Matic & Manual Terbaru 2021 dari Evalube

Fungsi Oli Motor & Oli Samping

Kedua elemen yang penting pada sebuah mesin ini memiliki fungsi yang berbeda sebagai berikut:

  • Fungsi Oli Samping Pada Mesin

Sesuai dengan sifat pada oli yang melindungi serta melumasi bagian mesin, maka oli samping juga memiliki fungsi sebagai pelindung komponen mesin agar terhindar dari aus hingga karat. Fungsi lain pada oli samping juga dapat melumasi beberapa sparepart yang terdapat di dalam motor.

Salah satu contoh misalnya pada silinder atau head yang dijaga oleh oli samping dari gesekan secara berlebihan, sehingga setiap bagian pada mesin sepeda motor akan lebih awet serta dapat bekerja dengan baik.

Hal yang perlu diperhatikan dan tetap dipastikan adalah persediaan oli samping. Karena jika sampai kehabisan oli samping maka akan mengakibatkan hal yang fatal pada sepeda motor. Hal ini bisa mengakibatkan hancurnya bagian silinder, ring piston yang aus akan semakin aus sampai kerusakan yang tidak dapat dihindari lagi. Untuk itu pastikan agar tetap mengecek kadarnya secara berkala.

  • Fungsi Oli Mesin

Selain memiliki fungsi utama sebagai pelumas, oli mesin nyatanya juga dapat membuat komponen pada mesin dapat dilapisi dengan baik. Hal ini akan menjadikan besar gaya gesek yang ditimbulkan pada setiap komponen mesin menjadi lebih sedikit. Gaya gesek yang sedikit tentunya akan lebih membuat mesin tahan lama dan awet.

Mengingat kegunaan oli motor & oli samping sangat berpengaruh pada kinerja sebuah mesin, maka haruslah tetap dilakukan pengecekan dan perawatan secara berkala serta service yang teratur agar performa mesin tetap terjaga dengan baik.

 

Harga Oli Motor & Oli Samping 2tak

Harga Oli Mesin Motor November 2021

  • Evalube Runner 0,8 liter Rp.28.900
  • Evalube Pro Synthetyc 0,8 liter Rp.37.000
  • Evalube Pro Racing Full Synthetic 1 liter Rp.269.500
  • Evalube Scootic MX 0,8 liter Rp.32.000
  • EVALUBE scootic YX SYNTHETIC 0,8 liter Rp.39.900
  • EVALUBE scootic HX SYNTHETIC 0,8 liter Rp.40.000
  • EVALUBE scootic RX FULL SYNTHETIC 1 liter Rp.63.500
  • EVALUBE 2T 0,7 liter Rp.23.000
  • EVALUBE 2T PRO SYNTHETIC 0,7 liter Rp.33.000

Update: 10 November 2021
 

Harga Oli Samping 2tak:

  • EVALUBE SCOOTIC GEAR OIL 120 ml Rp.12.500

Update: 10 November 2021
 

Perbedaan Mesin 2Tak, 4Tak dan Skuter Matic

Oli merupakan salah satu komponen kendaraan yang memiliki peranan penting. Fungsi utama dari oli adalah sebagai pelumas mesin. Tanpa adanya oli, maka mesin kendaraan akan cepat panas dan akan cepat rusak. Oleh karena itu, untuk menjaga kualitas oli tetap dalam keadaan baik, maka para pengguna perlu mengganti oli dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Baik itu pada oli mesin motor manual, matik atau oli samping 2-tak.

Seperti yang kita ketahui, motor 2-tak lebih dulu populer dan banyak digunakan oleh orang secara luas. Akan tetapi saat ini, sebagian besar kendaraan telah menggunakan mesin 4-tak.

Maka tidak heran jika jenis motor ini banyak kita temukan di jalanan. Masing-Masing kendaraan tersebut tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Selain dua jenis kendaraan tersebut, saat ini juga terdapat jenis kendaraan skuter matic. Jenis kendaraan ini mulai populer sejak tahun 2000an.

Dari ketiga jenis kendaraan tersebut, mungkin yang paling terlihat berbeda dalam skuter matik. Skuter pada umumnya merupakan motor yang mempunyai area lantai pijakan untuk kaki penumpang bagian depan.

Perbedaan yang lain dengan jenis kendaraan yang lain jelas nampak pada lokasi penempatan mesin. Akan tetapi mengenai perbedaan dari motor 4-tak dan 2-tak, ternyata tidak semua orang paham akan hal ini. Meskipun istilah tersebut sudah tidak asing di telinga masyarakat.

Perbedaan yang cukup kentara pada motor 4-tak dengan motor 2-tak adalah mengenai cara kerja serta sistem mesin penggeraknya.

Motor 4-taknya menggunakan oli pelumas untuk melumasi bagian mesin dan juga bagian transmisi secara langsung. Maka motor ini hanya memerlukan satu jenis oli saja. Untuk motor 2-Tak, pelumasan bagian transmisi dan mesin dilakukan dengan cara yang berbeda.

Kendaraan ini memerlukan oli samping sebagai pelumas mesin. Sedangkan untuk bagian transmisi digunakan oli lain. Dengan demikian motor ini memerlukan 2 jenis oli. Sama halnya dengan motor 2-Tak, motor skuter juga menggunakan 2 jenis oli yakni oli mesin dan oli transmisi dengan fungsi yang sama pula.

 

Daftar Motor 2-Tak di Indonesia

Berikut ini daftar motor 2-Tak yang cukup populer di Indonesia antara lain:

  • Yamaha RX King
  • Suzuki RGR 150-
  • Yamaha 125ZR
  • Suzuki RK Cool 110
  • Kawasaki Ninja R
  • Suzuki Satria 120
  • Honda NSR 150R
  • Yamaha FIZ-R
  • Kawasaki Ninja 150 RR
  • Kawasaki Ninja SS

 

Motor 2-Tak Memerlukan Pelumas Tambahan (Oli Samping)

Sama halnya dengan motor pada umumnya bahwa motor manual 2-tak juga menggunakan oli mesin. Akan tetapi bedanya, motor ini mempunyai oli tambahan yakni oli samping.

Oli samping memiliki peranan penting pada motor 2-tak. Pasalnya, oli ini memiliki fungsi untuk melumasi bagian silinder pada mesin, yang mana oli tersebut akan turut terbakar bersama bahan bakar.

Selain itu, oli samping juga memberikan dampak positif pada performa piston dan ring piston supaya kinerja lebih maksimal. Dengan demikian, keberadaan oli samping sangat berpengaruh terhadap performa dari motor mesin 2-tak.

 

Fungsi Oli Samping pada Motor 2-Tak

Salah satu komponen yang harus dijaga pada motor 2-tak adalah oli samping. Tanpa adanya oli samping, mesin motor 2 -tak tidak dapat bekerja secara maksimal.

Adapun fungsi penting oli samping untuk motor 2-tak antara lain:

  1. Sebagai Pelumas

Oli samping adalah oli yang langsung masuk ke dalam silinder serta head dari mesin 2-tak. Fungsi utamanya adalah untuk melumasi bagian silinder.

Bagian silindernya merupakan sektor yang memiliki gesekan yang sangat cepat, kuat dan dalam waktu yang lama. Dengan demikian, untuk mengoptimalkan gesekan yang terjadi pada bagian silinder, diperlukan adanya pelumasan yang optimal.

  1. Mempengaruhi Performa Mesin

Oli samping merupakan salah satu jenis oli yang dapat melakukan penyetingan, Dengan kata lain lain kita dapat menyesuaikan tingkat keborosan dari oli samping sesuai dengan kebutuhan motor.

Kian berkualitas oli samping yang digunakan serta kian pas penyetelan jumlah oli samping yang ikut ke dalam silinder dan terbakar, tentu performa mesin motor 2-tak akan menjadi semakin optimal dan sempurna.

  1. Menjaga Performa Bagian Silinder dan Head

Fungsi oli samping pada motor 2-tak selanjutnya adalah untuk menjaga bagian silinder dan juga head. Seperti yang kita ketahui bahwa silinder serta head memerlukan adanya pelumasan yang lebih optimal.

Dengan demikian piston tidak akan mengalami kemacetan. Jika kemacetan terjadi, hal ini tentu akan mengganggu performa dari mesin motor 2-tak tersebut.

  1. Mencegah Kerusakan pada Bagian Silinder dan Head

Kehabisan akan oli samping akan berdampak buruk pada kendaraan. Jika mesin 2-tak bekerja tanpa adanya oli samping, maka akan menghancurkan bagian dari silinder.

Mulai dari baretnya bagian dinding silinder, ring piston dan kruk as yang akan aus. Oleh karena itu, untuk mencegah kondisi tersebut, maka oli samping sangat penting untuk diperhatikan.

 

Dampak Jika Motor 2 Tak Kehabisan Oli Samping

Sebisa mungkin oli samping jangan dibiarkan kering. karena akan merusak part di dalam mesin. Adapun dampak buruk apabila motor 2-tak kehabisan oli samping antara lain:

  1. Mengganggu Kinerja Komponen Silinder

Oli samping yang habis tentu akan mengganggu kinerja komponen yang terdapat di dalam silinder. Seperti piston macet, karena tidak terlumasi dengan baik oleh oli samping. Apabila kinerja piston sampai macet, hal ini tentu akan merusak part lain juga.

  1. Bisa Terjadi Turun Mesin

Jika oli samping dibiarkan terus menerus dalam keadaan kering, maka dampak buruk lain yang dapat terjadi adalah bakal turun mesin. Hal ini karena piston yang tidak terlumasi dan akhirnya ngancing atau terkunci. Jika sudah demikian, maka piston dan boring dapat lecet. Dengan demikian harus dilakukan adanya perbaikan.

 

Oli Samping Terbaik Ada yang Wangi, Itu Hanya Mitos

Banyak yang beranggapan bahwa pemilihan oli samping 2-tak yang baik berasal dari aroma wanginya. Anggapan tersebut tidaklah benar.

Pasalnya, oli samping yang wangi semua dapat membuatnya, yakni dengan ditambahkan dengan pewangi. Oli samping berkualitas baik tidak ada hubungannya dengan aroma wangi yang dihasilkan. Bahkan oli samping yang beraroma wangi juga tidak akan berpengaruh terhadap performa motor.

Hal terpenting dalam memilih oli samping adalah dengan memperhatikan formulasi dan juga zat aditif yang terkandung di dalam oli. Disamping itu, oli samping yang beraroma wangi juga tak berefek pada jumlah emisi yang dikeluarkan oleh motor 2-tak.

 

Cara Memilih Oli Samping yang Bagus Buat Motor 2-Tak

Oli samping yang berkualitas baik harus memenuhi standarisasi yang telah ditentukan. Mulai dari standar JASO, standar JASE, standar API dan standar ISO. Selain dari sekian banyak spesifikasi serta standar oli, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih oli samping 2-tak dengan kualitas terbaik antara lain:

  1. Pahami Standar Minimal Kualitas Oli

Dalam memilih oli samping kualitas terbaik untuk motor 2-tak adalah dengan memastikan standar kualitas minimal oli dari pabrik motor yang digunakan atau ikuti aturan pabrikan.

  1. Sesuaikan dengan Pemakaian Kendaraan

Hal ini sangat penting supaya tidak terjadi overspek atau underspek. Pada motor balap tentu tidak akan sesuai jika menggunakan oli standar. Sedangkan untuk pemakaian harian, sebaiknya menggunakan oli samping sintetik.

  1. Cek Bahan Baku Pembuatan Oli

Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan dengan spek yang dimiliki. Terdapat tiga jenis bahan untuk pembuatan oli samping. Bahan-bahan tersebut terdiri dari bahan air, semi sintetik serta full sintetik.

  1. Hindari Mencampur 2 atau Lebih Oli Samping dalam Satu Motor

Hal ini dikarenakan setiap produsen mempunyai standar yang berbeda serta mempunyai lapisan film yang berbeda pula. Jika hal ini dilakukan, justru akan mengganggu performa motor.

  1. Pilih Oli Samping Sesuai dengan Kebutuhan Motor

Bagi Anda yang ingin memperoleh tarikan motor yang mantap untuk racing, maka Anda dapat menggunakan oli full sintetik. Sedangkan untuk pemakain normal, Anda cukup menggunakan oli samping semi sintetik.

 

Merek Oli Samping yang Ada di Pasaran

Berikut ini adalah daftar merk oli samping yang ada di pasaran, yaitu:

  • Evalube 2t
  • Evalube 2t Pro
  • Castrol Active 2t Low Smoke
  • Orange 2t
  • Shell Advance Sx
  • Motul 800 Road Racing 2t
  • Vrooam 2t Vr6
  • Idemitsu 2t Racing
  • Eneos City 2t
  • Motul 510 Powerlube 2t
  • Audilube 2t 800 ml
  • PTT Challenger 2t
  • Idemitsu 2t FC

 

Rekomendasi Oli Samping Terbaik adalah Merek Evalube

Motor 2-tak saat ini mulai trend kembali. Bahkan, banyak sekali komunitas atau klub-klub pecinta motor tak di berbagai wilayah Indonesia. Dari berbagai merk pun banyak yang menghadirkan sepeda motor bermesin 2-tak.

Populasi motor 2-tak pun terbilang cukup banyak. Hal ini pun secara langsung memberikan kontribusi terhadap penjualan oli 2-tak. Salah satu rekomendasi oli samping terbaik yang ada saat ini adalah merk Evalube.

Oli samping 2 tak Evalube mampu menjadikan tarikan motor jadi lebih enteng, suhu motor stabil dan juga membuat suara mesin tidak berisik. Oli samping 2-tak Evalube dapat diaplikasi pada motor berpendingin udara.

Berdasarkan testimoni beberapa pengguna, terdapat beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan oli 2 -tak Evalube.

Keuntungan tersebut antara lain memiliki kadar asap gas buang yang sedikit, menjadikan tarikan mesin lebih maksimal, memperkecil kadar karbon yang terjadi pada piston ataupun exhaust manifold dan juga mudah untuk dicampurkan dengan berbagai jenis bahan bakar.

Jenis oli samping 2-tak Evalube ialah minyak pelumas yang formulasinya dari bahan berkualitas tinggi dengan aditif detergen serta dispersant dengan kandungan PIB (Polyisobutylene). Bahan-bahan ini dapat memperkecil kadar asap atau low smoke dan telah memenuhi standar API TC/JASO FC.

 

Oli Mesin Untuk Motor Matic & Oli Mesin Untuk Motor Manual

Oli mesin motor manual dan matik menjadi salah satu komponen kendaraan yang sangat umum. Pasalnya setiap jenis kendaraan bermotor menggunakan oli mesin untuk kinerjanya, baik itu motor matik atau pada motor manual.

Jenis oli mesin motor manual serta matik jadi salah satu dari banyaknya fluida yang berfungsi untuk membantu mesin melakukan langkah kinerjanya. Oleh karena itu, tidak heran jika kendaraan bermotor tidak lepas dari adanya oli mesin.

 

Perbedaan Fungsi Oli Mesin Motor Manual & Oli Mesin Motor Matic

Perbedaan oli mesin motor matic dengan manual tidak hanya terletak pada kekentalannya saja, akan tetapi juga pada fungsinya. Pada motor matic, oli mesin berfungsi sebagai pelumas serta penghantar dalam hal mekanisme perpindahan gigi transmisi. Sedangkan pada motor manual, oli mesin berfungsi untuk melumasi mesin saja.

 

Cara Membedakan Oli Manual & Oli Matic

Dari oli mesin motor matic serta manual memiliki perbedaan yang dapat Anda tahu dari kemasan botol oli tersebut. Selain itu, terdapat cara lain untuk membedakan oli mesin untuk motor matik dengan motor manual adalah dengan melihat kode JASO pada kemasan oli motor.

Pada umumnya, oli motor matik memperoleh kode JASO MB. Kode ini menunjukkan terdapat kandungan molibdenum di dalam oli tersebut. Kandungan ini memiliki fungsi untuk membangkitkan tingkat pelumasan pada mesin.

Sementara pada oli motor manual memperoleh kode JASO MA, ini berarti memiliki kandungan zat aditif yang berupa senyawa dan bermanfaat untuk menjadikan kopling menjadi presisi.

Selain itu, untuk membedakan antara oli motor manual dengan matik adalah dengan memperhatikan kekentalan oli. Jenis oli motor manual lebih kental daripada oli matik.

 

Bolehkah Motor Manual Menggunakan Oli Matic? dan Sebaliknya?

Dalam penggunaannya, antara motor manual dengan motor matic mempunyai sistem yang berbeda. Pada motor manual menggunakan kopling basah yang artinya koping ini akan terendam oleh oli. Hal ini berbeda dengan motor matik yang menggunakan kopling kering.

Apabila motor manual menggunakan oli khusus oli matic, maka dapat menyebabkan terjadinya selip kopling. Hal ini disebabkan pelumas oli mesin motor matik lebih dikhususkan pada kinerja mesin.

Sedangkan jika oli motor manual digunakan untuk motor matik juga tidak disarankan. Hal ini karena motor matik menggunakan kopling kering. Sedangkan kopling kering tersebut berada di CVT. Tugas oli ini hanya untuk memberikan perlindungan internal pada mesin saja.

 

Merek Oli Mesin Motor yang Ada di Pasaran

  • Evalube Runner 4T
  • Evalube Pro Synthetic
  • Evalube Pro Racing Synthetic
  • Evalube Scootic MX
  • Evalube Scootic YX Synthetic
  • Evalube Scootic HX Synthetic
  • Evalube Scootic RX Full Synthetic
  • Oli Motor Pertamina Fastron
  • Fastron Oli Motor
  • Oli Motor Shell
  • Federal
  • Castrol Oil
  • AHM Oil
  • Oli TOP 1 Action Matic Series
  • Yamalube Oil
  • Shell Advance

 

Evalube Rekomendasi Oli Mesin Terbaik Untuk Motor Matic & Manual

Dari sekian merk oli di atas, Evalube merupakan salah satu rekomendasi oli yang bagus untuk jenis motor matic ataupun manual. Selain telah memenuhi standarisasi yang telah ditentukan, oli Evalube juga diformulasi dengan bahan berkualitas tinggi sehingga akan selalu menjaga performa kendaraan Anda.

 

Kelebihan Oli (Mesin) Motor Evalube

Pelumas mempunyai peranan penting dalam menjaga kualitas mesin. Selain dapat melindungi dari keausan, oli mesin juga dapat menangkis kotoran diakibatkan oleh bahan bakar.

Dalam hal ini Evalube menghadirkan produk oli mesin dengan berbagai keunggulan. Evalube melengkapi produknya dengan Veltec with Clean Shield Formula. Olahan ini mampu membersihkan mesin lebih maksimal.

Dengan demikian, performa pun menjadi lebih meningkat sekaligus memberikan perlindungan yang lebih optimal. Veltec with Clean Shield Formula juga dapat menangkap partikel karbon secara lebih baik.

Sehingga dapat dengan mudah menghilangkan endapan hasil pembakaran, melawan kerak dan korosi. Hal ini tentu dapat membuat motor lebih ringan tarikannya, sekaligus juga dapat menghemat konsumsi bahan bakar.

Demikianlah peranan penting dari oli mesin motor manual, matik, dan oli samping 2-tak yang perlu diperhatikan. Dengan memilih jenis oli terbaik, maka akan selalu menjaga kinerja dari komponen-komponen kendaraan, baik manual maupun sepeda motor matic.