Agar Motor 2-Tak Makin Awet, Kuncinya Ada Di Oli

By Administrator 01 Okt 2021
 

Knalpot motor 2-Tak terkenal karena suaranya yang garing gemerincing. Dalam mesin 2-Tak hanya perlu 2 langkah untuk mengeluarkan tenaga, dan perlu diketahui bahwa motor bermesin 2-Tak biasanya unggul dalam hal responsif saat akselerasi ketimbang motor 4-Tak. Dari perawatannya juga lebih simpel namun kelemahannya adalah konsumsi bahan bakar yang lebih boros.

Khas dari motor 2-Tak tidak hanya pada suaranya yang nyaring, namun juga knalpotnya yang mengeluarkan asap. Namun Tak perlu khawatir, asap yang keluar bukan karena rusak, melainkan efek dari pemberian oli samping.

Untuk para pengendara motor 2-Tak yang menggunakan jet daratnya sebagai motor harian, disarankan jangan terlalu pelit dengan oli samping. Karena jenis motor ini berbeda dengan motor 4-Tak, pelumasan pada mesin 2-Tak lebih luas seperti pada area kruk as sampai di bagian ruang pembakaran benar – benar butuh dilumasi dengan yang namanya oli samping 2-Tak.

Tak hanya sampai situ, termasuk juga piston dan ring piston itu harus dilumasi oleh oli samping 2-Tak.

Dalam buku manual motor 2-Tak, biasanya takaran oli samping disarankan 2% dari volume BBM. Jika motor 2-Tak yang memiliki tangki bahan bakar dengan kapasitas 9,5 liter terisi penuh, maka takaran oli samping yang dibutuhkan adalah sekitar 190ml sekali isi. Untuk kondisi perjalanan tertentu dan beberapa merk oli samping dengan kualitas tertentu, sering dianjurkan juga takaran 3% dari volume BBM.

Kalau untuk motor harian, ada efek yang sangat mencolok jika hal tersebut digunakan. Asap knalpot akan jadi lebih ngebul dari biasanya. Jadi untuk motor harian, tugas oli samping 2-Tak cukup sebagai pelumas komponen mesin, umur mesin bakal lebih awet, otomatis usia mesin akan lebih panjang.

Salah satu oli samping 2-Tak milik evalube adalah Evalube 2T Pro Synthetic LS yang disebut – sebut menjadi primadona para pecinta modifikasi motor 2-Tak. Evalube 2T Pro Synthetic LS merupakan pelumas yang memiliki formula dengan bahan kualitas tinggi ditambah aditif detergen dan dispersan yang mengandung PIB (Polyisobutylene) hal ini yang menciptakan kadar asap minimal (Low Smoke), dengan begitu cukup ramah lingkungan dan tidak mengganggu  pengendara lain dengan asap hasil sisa pembakaran.

Produk Evalube kali ini lebih mumpuni digunakan untuk motor 2-Tak yang memiliki pendingin berupa udara seperti Kawasaki, Vespa, Yamaha dll. Terlebih untuk Vespa, Tak jarang mengandalkan produk ini sebagai opsi utama untuk oli samping

Evalube 2T Pro Synthetic LS memiliki beberapa nilai tambah yang wajib dilirik oleh para konsumen, seperti kadar asap gas buang yang sangat minim hal ini membuat motor 2-Tak menjadi lebih ramah lingkungan.

Varian evalube kali ini cukup adaptif untuk bercampur dengan bahan bakar Premium atau Pertamax. Ini menjadi salah satu dukungan untuk tarikan yang lebih maksimal, hal tersebut cukup digemari kawula muda mengingat kebanyakan dari mereka lebih mengutamakan tarikan andal untuk motor 2-Tak mereka. Oli ini juga mampu meminimalisir kadar karbon yang ada pada piston ataupun exhaust manifold.