Oli Samping 2-Tak Lebih Baik Dicampur atau Dipisah?

By Administrator 28 Des 2021
 

Kecintaan seseorang terhadap sebuah hobi terutama otomotif tidak melulu tentang kendaraan baru, baik motor ataupun mobil. Terkadang, saat ini orang memburu sebuah kendaraan berupa kendaraan lawas seperti motor 2-tak. Salah satu alasannya adalah karena ketidakmampuan membeli motor tersebut di masa lampau padahal sangat mengagumi motor tersebut. 

Bicara soal motor dua langkah, ada treatment yang berbeda dengan motor empat langkah yaitu menambahkan oli samping. Oli samping atau oli 2-tak merupakan sebuah pelumas yang kekentalannya berbeda dengan oli mesin. Tujuan adanya oli tersebut adalah untuk membantu pelumasan pada dinding silinder yang mengalami gesekan.

Pada umumnya, pihak pabrikan sudah mempersiapkan tangki terpisah untuk memasukkan oli samping. Nah oli tersebut disemburkan ke karburator sehingga tercampur dengan bensin dan masuk kedalam ruang bakar.

Sejak motor dengan jenis dua langkah ini beredar, sudah ada beberapa treatment berbeda yang kini biasa dilakukan oleh para pemilik motor 2-tak. Seperti tidak lagi menggunakan tabung oli samping dan menggunakan pompa, tapi langsung mencampur kedalam tangki bensin.

Secara teori, memang tidak ada bedanya mencampur langsung di tangki bensin dengan menggunakan tabung terpisah yang menggunakan pompa. Faktor yang jadi pembeda adalah jumlah takarannya, karena jika takaran tidak tepat maka motor jadi kurang maksimal untuk dibawa berlari. Bahkan bisa berujung pada rusaknya komponen mesin motor seperti piston dan dinding silinder baret.

Mungkin anda bertanya tanya, bagaimana jika takaran oli samping kurang? Tentunya motor akan lebih cepat panas. Kemudian pelumasan pada dinding silinder, stang, dan pen akan cepat berkurang. Jika dipakai terus menerus, mesin tentunya akan berpotensi mengalami jammed atau macet. 

 

Lantas bagaimana dengan takaran yang terlalu banyak? Mesin tentunya akan mendapatkan pelumasan yang maksimal. Tapi tarikan akan menjadi berat, bahkan menimbulkan brebet. Kemudian busi akan basah dan juga kepulan asap dari knalpot akan jauh lebih banyak. Nah, hal yang paling merepotkan ketika kita memutuskan untuk mencampur oli samping langsung ke tangki adalah perlunya membawa botol oli samping setiap kali bepergian.

Bagaimana bagi yang masih menggunakan tangki dan pompa oli samping? Urusan repot membawa oli samping akan menghilang. Kalian bisa mengisi dirumah dan kemudian tinggal langsung isi bensin seperti motor 4-tak. Namun, terkadang umur kendaraan akan mempengaruhi kinerja dari pompa oli tersebut. Jika pompa sudah mulai tidak sempurna, semburan oli samping tentunya akan mulai kurang maksimal atau bahkan oli samping bisa tidak keluar. Kalau hal tersebut terjadi, tentunya akan membuat mesin jadi rusak.

Bagaimana? Kalian memilih untuk mencampur langsung atau tetap menggunakan pompa? Repot ya? Itulah seninya bermain motor 2-tak.