Pilih Oli Motor Terbaik Untuk Motor Matic

By administrator 28 Sep 2018
 

Pelumas mesin memiliki banyak fungsi untuk kendaraan, Salah satu fungsi oli motor untuk mengurangi gesekan antar komponen mesin kendaraan, dan berfungsi juga sebagai pendingin dari panasnya proses pembakaran di dalam silinder. Tentunya setiap motor membutuhkan oli motor terbaik untuk mendapatkan kenyamanan saat berkendara.
Banyak nya tipe skutik di Indonesia membuat semakin banyaknya pilihan oli motor untuk matic. Yang wajib diingat saat membeli oli motor adalah pelumas mana yang cocok untuk motor matic anda agar perfoma mesin bisa tetap terjaga, dan gantilah oli secera rutin sesuai waktu dan jarak tempuh.
Saat memilih oli ada beberapa pertimbangan yang harus kalian lakukan:

1. Sesuaikan Dengan Jarak Tempuh
Pemilihan oli motor jangan sembarangan, lebih dulu lihat rutinitas keseharian anda. Jika anda sering melewati lalu lintas yang padat dan membuat motor sering berhenti atau stop and go maka motor anda memerlukan oli motor yang memiliki zat aditif.
Motor yang sering berhenti dalam keadaan mesin menyala akan membuat mesin cepat panas, dan zat aditif berfungsi untuk mengurangi panasnya mesin kendaraan.

2. Tingkat Kekentalan
Pelumas yang dibutuhkan oleh motor matic berbeda dengan motor manual, oleh karena itu pilih lah oli dengan tingkat kekentalan yang tepat. Sebaiknya jika Anda mencari oli mesin dengan kekentalan API SL (Standart American Petroleum Institute) L yang sangat sesuai dengan kebutuhan sepeda motor matic.

3. Pilih Yang Berkualitas
Pelumas yang berkualitas adalah oli motor yang memiliki sertifikat API dan JASO, sertifikat API menunjukan bahwa oli ini telah diuji oleh Amerika Petroleum Institute dan banyak dipakai di Negara Eropa. Sedangkan JASO ini berarti oli telah di cek kualitas oleh Japanese Automotive Standar Association dan oli ini juga banyak dipakai di Jepang.

Motor matic merupakan salah satu jenis kendaraan yang banyak digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Supaya motor bisa dikendarai dengan nyaman maka harus terpenuhi kebutuhan bahan bakar serta olinya. Salah satu merk oli terbaik untuk motor matic yang wajib Anda gunakan adalah Evalube.
Evalube merupakan oli terbaik untuk motor matic yang memberikan pelumasan lebih stabil pada motor. Sehingga perlindungan terhadap mesin motor jadi lebih maksimal untuk mengatasi berbagai kondisi berkendara. Anda bisa menemukan oli Evalube dengan mudah, di toko atau bengkel motor terdekat.
Saat ini dipasaran banyak sekali merk oli motor matic yang dijual dengan harga terjangkau, namun jangan sampai Anda mudah tergiur. Pastikan Anda memilih oli terbaik untuk motor matic seperti Evalube yang pasti berkualitas.
5 Ciri – Ciri Oli Terbaik Untuk Motor Matic ini Wajib Anda Ketahui!
Setiap oli motor matic yang dijual dipasaran tentu menawarkan keunggulannya masing – masing. Namun bagi Anda yang menginginkan supaya mesin motor tetap awet karena perlindungan mesin yang optimal, Anda wajib memilih Evalube.
Oli Evalube merupakan produk pelumas yang sudah diproduksi sejak tahun 1996. Sehingga Anda tidak perlu meragukan lagi kualitas dari oli Evalube. Berikut ini 5 ciri – ciri oli terbaik untuk motor matic yang wajib Anda ketahui.
Bisa menjaga mesin agar tidak mudah panas
Ciri pertama dari oli terbaik untuk motor matic adalah bisa menjaga agar mesin motor tidak mudah panas. Hal ini berguna supaya mesin selalu dalam keadaan stabil dan tidak mengalami mogok ketika dikendarai.
Mampu menahan gesekan pada putaran mesin
Berikutnya, ciri – ciri dari oli motor matic yang berkualitas adalah mampu menahan gesekan pada putaran mesin. Jika oli bisa menahan gesekan putaran mesin secara maksimal, maka mesin motor akan jadi jauh lebih awet.
Mempunyai jarak tempuh sesuai dengan label produk
Suatu produk pelumas umumnya memiliki perkiraan jarak yang dapat ditempuh dengan menggunakan produk tersebut. Jadi Anda harus memastikan oli yang Anda beli untuk motor matic harus habis sesuai dengan jarak tempuh yang tertulis pada label.
Bisa membuat kecepatan motor bertambah
Ciri – ciri lainnya dari oli yang berkualitas untuk motor matic adalah bisa membuat kecepatan motor bertambah. Apabila kecepata motor Anda bisa bertambah, hal ini menandakan bahwa mesin motor bekerja secara maksimal.
Mampu melapisi logam mesin secara sempurna
Yang terakhir, oli terbaik untuk motor matic harus bisa melapisi logam mesin secara sempurna. Apabila logam mesin motor terlapisi secara keseluruhan, maka komponen mesin akan jadi lebih awet dan pastinya kendaraan juga lebih nyaman digunakan.
Jadi sebelum membeli oli untuk motor matic, pastikan Anda mengingat kelima ciri – ciri oli berkualitas diatas. Untuk mencegah terjadinya kerugian dalam memilih oli, membeli oli Evalube merupakan pilihan terbaik.
5 Merk Oli Terbaik untuk Motor Matic yang Bisa Anda Jadikan Pilihan Ketika Ganti Oli
Bagi Anda yang memahami dunia otomotif tentu sudah tidak mengalami kebingungan lagi dalam memilih oli kendaraan. Anda sudah mengetahui apa saja merk oli paling bagus untuk motor matic yang harus Anda gunakan ketika ganti oli.
Namun hal ini tentu berbanding terbalik dengan mereka yang awam mengenai dunia otomotif. Jadi kali ini kami akan membahas mengenai 5 merk oli paling baik untuk motor matic yang bisa Anda jadikan pilihan ketika waktunya ganti oli.
Evalube Scootic RX
Jenis oli berkualitas pertama yang wajib Anda jadikan untuk motor matic Anda adalah Evalube Scootic RX. Oli ini mampu memberikan perlindungan maksimal terhadap mesin motor serta mencegah terjadinya keausan pada mesin.
Evalube Scootic HX
Berikutnya untuk menjaga mesin motor supaya tetap berada dalam keadaan optimal Anda bisa menggunakan oli Evalube Scootic HX. Oli ini memiliki kekentalan 2 kali lipat dari kebanyakan oli lain. Sehingga bisa menjaga temperatur mesin supaya tetap stabil selama berkendara.
Evalube Scootic YX
Oli Evalube Scootic YX memiliki keunggulan yang sangat spesial, yaitu mampu membuat suara mesin jadi lebih halus. Oli ini juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya korosi pada mesin, sehingga mesin motor jadi lebih awet.
Evalube Scootic Mx
Bagi Anda yang membutuhkan oli mesin untuk motor yang sudah berusia diatas 2 tahun, maka Anda wajib menggunakan oli Evalube Scootic MX. Oli ini bisa digunakan untuk berbagai jenis motor matic. Baik Yamaha, Honda, maupun Suzuki.
Evalube Runner
Yang terakhir oli mesin untuk motor matic yang memiliki kualitas terbaik ialah Evalube Runner. Keunggulan dari oli Evalube Runner adalah bahan dasarnya yang menggunakan mineral berkualitas tinggi.
Sekarang Anda tidak perlu ragu apalagi bingung ketika memilih oli terbaik untuk motor matic. Oli Evalube merupakan pilihan terbaik untuk menjaga supaya mesin motor Anda terlindungi secara maksimal.
Dengan menggunakan oli berkualitas terbaik dari Evalube, Anda juga bisa mengurangi skala service motor, dikarenakan kondisi mesin selalu terjaga.
Kenali Fungsi Oli Bagi Motor Matic
Oli matic merupakan oli yang khusus digunakan oleh motor matic. Fungsi oli matic bagi kendaraan automatic tak jauh berbeda dari oli motor pada umumnya. Lantas apa saja fungsi oli tersebut bagi kendaraan roda dua ini? Simak ulasannya dibawah ini!
Sebagai pelumas mesin
Tekstur oli motor matic berupa cairan yang dapat melumasi komponen mesin motor saat bergesekan. Oli mesin memiliki zat aditif yang berperan melindungi komponen mesin dari korosi dan karatan.
Hal ini cukup vital mengingat bagian ini terbuat dari logam yang secara alami dapat teroksidasi dan berkarat. Guna menjaga mesin motor matic, lakukan pergantian oli secara berkala agar kondisinya tetap prima.
Menghaluskan Suara Mesin
Oli sebagai pelumas, berperan melapisi bagian mesin yang mengalami proses pembakaran di mesin seperti piston, batang piston dan porong engkol. Tak hanya itu, oli juga mampu meredam benturan, sehingga menjadikan suara mesin lebih halus.
Sebaliknya, jika suara mesin motor terdengar kasar, kemungkinan besar diakibatkan oleh oli yang jarang diganti. Seperti Anda ketahui, pelumas haruslah diganti secara berkala dalam jarak tempuh tertentu.
Sebagai pendingin mesin
Keberadaan oli sangat penting untuk melindungi komponen mesin dari pergesekan. Lantaran memiliki kandungan pendingin, oli juga dapat menjaga suhu mesin tetap dalam kondisi normal dan ideal. Jika mesin motor matic Anda mudah panas, sebaiknya lakukan pengecekan pada oli motor dan ganti jika diperlukan.
Hemat biaya
Pelumas berfungsi menjaga performa mesin supaya tetap optimal dan mengurangi efek pemborosan BBM akibat panas berlebih. Inilah sebabnya oli motor matic yang dirawat dan diganti secara rutin dapat menekan biaya pengeluaran Anda. Selain itu, efek dari perawatan mesin yang baik dapat meminimalisir kerusakan pada komponen lainnya.
Tanda Motor Matic Harus Segera Ganti Oli
Sebelumnya kami sudah menjelaskan tentang ciri – ciri serta merk oli terbaik untuk motor matic. Berikutnya kami akan membahas mengenai beberapa tanda – tanda motor matic harus segera ganti oli.
Karena apabila mesin sudah waktunya ganti oli dan tidak segera diganti, bisa menyebabkan kerusakan pada mesin motor. Berikut ini merupakan 5 tanda motor matic harus segera ganti oli, yang wajib Anda ketahui.
Mesin mudah panas
Ketika oli mesin sudah digunakan cukup lama maka daya hantar panasnya terhadap mesin juga akan jadi berkurang. Hal ini menyebabkan bagian tertentu pada mesin jadi lebih mudah panas, biasanya terjadi pada mesin yang berada di sekitar kaki.
Suara komponen mesin kasar
Berikutnya tanda – tanda bahwa oli harus segera diganti adalah, ketika suara komponen mesin motor terasa kasar. Hal ini dikarenakan kualitas oli yang mulai menurun sehingga daya pelumasan pada mesin ikut terganggu.
Oli berwarna hitam pekat
Anda juga harus segera mengganti oli motor ketika oli sudah berwarna hitam pekat. Oli yang baru diganti dan masih layak digunakan umumnya berwarna kuning atau biru. Apabila oli sudah berwarna hitam pekat, berarti oli tersebut sudah tekontaminasi karena berbagai zat, korosi mesin dan lain sebagainya.
Jarak tempuh motor sudah > 3.000 kilometer
Selanjutnya oli motor matic harus segera diganti jika jarak tempuh motor Anda sudah mlewati > 3.000 kilometer. Jika oli tidak segera diganti, dikhawatirkan mesin motor akan rusak dan motor mengalami banyak gangguan. Misalnya yaitu mudah macet.
Volume oli mesin kurang dari seharusnya
Yang terakhir, supaya mesin motor berguna dengan maksimal volume oli mesin harus sesuai dengan kebutuhannya. Untuk kendaraan motor dengan kapasitas 150 cc kebawah, biasanya membutuhkan oli sekitar 800 mililiter.
Kegiatan mengganti oli motor bukanlah hal yang bisa dilakukan oleh semua orang. Untuk mencegah terjadinya kesalahan, sebaiknya Anda mengunjungi bengkel terdekat untuk mengganti oli motor. Dijamin pekerjaan ganti oli akan selesai dengan cepat dan tepat.
5 Cara Merawat Motor Matic, Salah Satunya dengan Menggunakan Oli Motor Berkualitas
Kendaraan seperti motor tentu harus dirawat dengan sebaik mungkin, supaya awet dan bisa dikendarai dengan nyaman. Untuk bisa menjaga motor matic agar tidak mudah rusak bukanlah hal yang sulit.
Ada banyak sekali hal – hal sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri, untuk menjaga supaya motor selalu berada dalam keadaan optimal. Nah berikut ini merupakan 5 cara merawat motor matic yang wajib Anda lakukan secara teratur.
Panasi mesin motor setiap hari
Hal pertama yang wajib Anda lakukan supaya motor matic selalu dalam keadaan optimal adalah dengan memanasi motor setiap hari. Pastikan Anda memanaskan motor dalam jangka waktu 5 – 10 menit, sebelum menggunakan motor untuk perjalanan.
Mengendarai motor secara stabil
Supaya mesin motor tidak cepat rusak, Anda harus mengendarai motor matic secara stabil. Ketika mengendari motor matic sangat tidak disarankan untuk menaikkan atau menurunkan kecepatan gas secara mendadak.
Jangan sampai motor kehabisan bahan bakar
Perlu Anda ketahui, motor matic yang kehabisan bahan bakar bisa menyebabkan kerusakan yang sangat fatal. Terutama bagi motor matic yang menggunakan injeksi, jika sampai kehabisan bensin maka harus langsung dibawa ke bengkel untuk menangani kerusakan.
Gunakan oli terbaik untuk motor matic
Berikutnya supaya kondisi motor selalu terjaga, Anda harus mengganti oli secara rutin. Dan pastikan Anda menggunakan oli terbaik buat motor matic seperti Evalube, untuk menjaga keadaan mesin selalu optimal.
Lakukan service secara berkala
Untuk mengetahui apakah motor berada dalam keadaan terbaik dan aman dikendarai, Anda harus melakukan service secara berkala. Anda bisa melakukan service dan bengkel terdekat maupun di bengkel resmi motor.
Nah setelah membaca sedikit penjelasan diatas, pastinya sekarang Anda jadi lebih paham mengenai cara merawat motor matic. Hal yang perlu diperhatikan, janganlah melakukan service motor berkala tidak pada bengkel resmi. Pastikan Anda mengunjungi bengkel yang profesional dan terpercaya, dan jangan sampai tertipu oleh oknum tidak bertanggung jawab.
Gunakan Trik ini untuk Menghindari Tertipu Beli Oli Palsu!
Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, saat ini Anda bisa menemukan oli motor di pasaran dengan sangat mudah. Dan harga yang ditawarkan pun juga sangat beragam, bahkan Anda bisa mendapat oli motor matic dengan harga yang sangat murah.
Namun perlu Anda ketahui bahwa saat ini marak terjadi penjualan oli palsu. Banyak penjual nakal yang membuat produk duplikat dari berbagai macam merk oli demi keuntungannya sendiri. Berikut ini merupakan beberapa trik yang bisa Anda gunakan supaya tidak tertipu dan membeli oli palsu.
Beli oli hanya di tempat terpercaya
Untuk menghindari supaya Anda tidak tertipu dan membeli oli palsu, Anda harus membeli oli hanya di tempat atau toko terpercaya. Anda bisa membeli di POM bensin, bengkel resmi, toko otomotif atau online shop terpercaya.
Salah satu tempat yang paling aman untuk membeli pelumas adalah di POM bensin. Karena stok oli yang tersedia dapat dipastikan berasal langsung dari pabrik, dan terjamin keasliannya.
Ketahui ciri – ciri oli berkualitas yang asli
Dengan mengetahui ciri fisik dari oli berkualitas yang asli, Anda bisa menghindari terjadinya penipuan oli palsu. Salah satu contohnya, ciri oli Evalube yang asli menggunakan segel pada tutupnya.
Pada oli Evalube yang asli Anda juga akan menemukan label kemasan, yang menjelaskan tentang produk secara rinci. Biasanya oli yang palsu tidak akan memiliki label kemasan untuk mengurangi biaya produksi.
Awasi penggantian oli ketika di bengkel
Trik yang terakhir ini bisa digunakan bagi Anda yang mengganti oli pada bengkel tidak resmi. Karena akhir – akhir ini terdapat berita dimana seseorang mendapati oli yang digunakan pada motornya merupakan oli palsu.
Anda bisa saja tidak memperhatikan ketika proses penggantian oli di bengkel, jika Anda sudah berlangganan dan memiliki kepercayaan pada bengkel tersebut. Jika bengkel tersebut masih baru atau Anda baru pertama kali berkunjung, tidak ada salahnya untuk berwaspada.
Sangat mudah, bukan? Anda hanya perlu menggunakan 3 trik diatas untuk mencegah terjadinya penipuan oli palsu. Karena penipuan oli palsu tidak hanya bisa terjadi ketika Anda membeli langsung, tetapi juga bisa terjadi ketika di bengkel.
Penutup
Nah sekarang Anda tidak perlu ragu lagi untuk segera menggunakan oli Evalube pada motor Anda. Karena dengan menggunakan oli terbaik untuk motor matic Evalube, Anda bisa mencegah terjadinya penipuan oli palsu.
Dan banyak keuntungan lain yang juga bisa Anda dapatkan dengan menggunakan oli Evalube, salah satunya adalah motor yang lebih terawat. Yuk selalu gunakan oli terbaik di Indonesia, Evalube