Kenali Fungsi Oli Samping Motor 2 Tak

By Administrator 29 Des 2021
 

Di Indonesia, Ada dua jenis sepeda motor yang beredar di pasaran. Untuk jenis pertama, adalah sepeda motor yang menggunakan mesin 2 tak, dan yang kedua adalah motor yang menggunakan mesin 4 tak. Biasanya, untuk motor dengan teknologi 2 tak ini bisa dikenali dengan karakternya yang mengeluarkan asap putih dari knalpotnya. Selain itu, ciri-ciri lainnya adalah suara knalpot yang lebih bising ketimbang motor 4 tak. Sementara, motor 4 tak lebih senyap dan tak mengeluarkan asap.

Kenapa disebut mesin 2 tak (2 langkah)? karena, motor jenis ini mengalami proses hisap dan buang yang terjadi di dalam mesin hanya 2 langkah saja. Saat piston mengalami satu kali putaran, di bawah lalu kemudian naik ke atas, satu siklus hisap dan buang telah selesai.

Nah, kali ini kami akan menjelaskan sedikit tentang motor dua tak, bukan mesinnya yang berisik atau knalpotnya yang mengeluarkan asap putih. Tapi lebih kepada pelumas (oli) yang digunakan oleh motor ini.

Motor 2 tak menggunakan dua jenis oli, yang pertama untuk melumasi mesin yang dinamakan oli mesin. Kemudian ada pula oli samping. Sebenarnya apa fungsi oli samping ini untuk motor yang menggunakan mesin 2 tak?

Oli samping ini, biasanya berada di dalam tabung, yang letaknya ada di samping body motor (samping tangki). Bagian silinder mesin yang ikut melakukan proses hisap dan buang, sementara itu secara otomatis oli samping ini ikut melumasi silinder, serta ikut terbakar habis dalam ruang bakar

Oli samping ini bisa disebut sebagai sebuah nyawa bagi motor mesin 2 tak. Hal ini dikarenakan, oli samping adalah pelumas yang bertugas melindungi piston dan dinding ruang piston. Jadi, ketika oli samping ini habis, piston tidak akan dilumasi dengan baik.

Kondisi tersebut akan membuat piston menjadi macet, akibatnya merusak bagian dinding silinder. Untuk itu, oli samping memiliki peran yang sangat vital, pada mesin 2 tak.

Fungsi utama oli samping:

 

  1. Memberi Pelumasan di Bagian Silinder

Fungsi oli samping memberi pelumasan silinder, yang tidak dapat dilakukan oleh oli mesin biasa. Bagian silinder ini, memiliki gesekan yang cepat, kuat dan dilakukan dalam waktu yang lama. Untuk meminimalkan gesekan yang terjadi pada bagian silinder, membutuhkan pelumasan yang optimal.

 

  1. Mempengaruhi performa Mesin 2 Tak

Oli samping ini bisa di diatur sesuai dengan keinginan, artinya tingkat keborosan serta jenis oli yang digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan sepeda motor. Jika kualitas oli samping baik dan penyetelan jumlah oli samping yang dimasukkan ke dalam silinder ideal, sudah pasti performa mesin akan optimal dan sempurna. Kesalahan penyetelan dan kualitas oli yang tidak baik, akan membuat mesin tidak bekerja dengan baik, pembakaran dalam ruang bakar tidak terjadi secara sempurna, knalpot mengeluarkan asap putih dengan jumlah yang banyak (ngebul).

Karbon akan menumpuk di bagian head dan kepala piston. Bahan bakar lebih boros namun tenaga yang dihasilkan sangat minim.

 

  1. Menjaga Bagian dinding silinder dan head piston.

Silinder dan head piston membutuhkan pelumasan yang baik, piston yang macet yang akan mengganggu performa mesin 2 tak. Selain itu oli 2tak juga mencegah kerusakan di bagian dinding silinder. Jika dibiarkan habis mesin yang bekerja tanpa menggunakan oli samping, menghancurkan bagian silinder secara perlahan. Ditandai dengan baretnya dinding silinder, hal ini akan menyebabkan terjadinya kehilangan kompresi dan tenaga mesin tidak optimal.

Evalube memiliki oli mesin 2 tak bernama Evalube 2T API TB yang menggunakan base oil mineral berkualitas tinggi. Dibuat dengan formula terbaik termasuk aditif dispersant dan detergent yang dapat mencegah timbulnya deposit pada ruang bakar serta memperkecil kadar partikel jelaga (soot).

Kemudian Evalube 2T Pro Synthetic Low Smoke API TC/JASO FC, yang diformulasikan dari campuran base oil synthetic serta bahan berkualitas tinggi yang mengandung PIB (Polyisobutylene) sehingga dapat memperkecil kadar asap (Low Smoke). Dengan teknologi Veltec with Clean Shield formula sehingga memiliki kemampuan membersihkan ruang bakar dengan lebih baik.