Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik

By Administrator 17 Jan 2024
 

Dalam memilih oli motor matic terbaik, kamu tentu tidak boleh asal. Wajib sesuaikan pelumas dengan spesifikasi mesin skutiknya. Pasalnya motor matic punya spesifikasi oli yang berbeda dengan motor bebek dan motor sport. Umumnya pelumas skutik bisa dikenali dari standardisasi Japan Automobile Standard Organization (JASO) MB atau kopling kering.

Kemudian oli motor matic juga punya tingkat kekentalan berbeda. Skutik terbaru seperti Honda Beat eSAF, Honda PCX 160, Yamaha Grand Filano, Yamaha Nmax 155, dan Suzuki Nex II menggunakan SAE 10W-30. Lalu untuk skutik lama seperti Yamaha Nouvo dan Suzuki Skywave bisa pakai oli mesin lebih kental yaitu SAE 20W-40.

Agar tidak salah, ada baiknya kamu cek buku panduannya. Pasalnya di samping kekentalan atau viskositas oli, spesifikasi lain yang perlu diketahui adalah grade API. Umumnya skutik terbaru sudah menggunakan API SL. Oleh karena itulah, ketika ganti oli harus pakai API yang sesuai atau di atasnya seperti API SM. Jangan sampai pakai grade di bawahnya.

Jadi jangan sampai salah ganti oli mesin. Pasalnya ini penting, supaya pelumas bisa bekerja optimal di motor matik kamu. Terkait harga oli, pilihlah yang sesuai bujet. Mahal tapi tidak sesuai spesifikasi mesin motor, percuma karena tidak akan cocok dan justru bisa merusak.

 

Mau tahu lebih detail soal bahasan rekomendasi oli motor matic terbaik? Berikut bahasan lengkapnya: 

Fungsi Oli Mesin di Motor Matic

Secara umum, fungsi oli motor matic terbaik adalah adalah melumasi komponen yang ada di mesin. Dengan begitu, tiap komponen bisa bergerak ringan dan minim gesekan. Oli juga memiliki fungsi meredam panas, sehingga mesin selalu dalam kondisi sejuk dan optimal. Oli mesin pun mampu meredam getaran yang menjadikan berkendara semakin nyaman. Tidak ketinggalan, bisa pula mencegah karat.

Maka dari itu, oli punya fungsi yang sangat vital untuk motor matic. Tanpa adanya oli, tentu komponen mesin bakal saling bergesekan dan aus. Jika dibiarkan terlalu lama, skutik kamu jadi tidak bisa bergerak atau mogok.

Kalau tidak mau skutik kamu cepat rusak, sebaiknya lakukanlah perawatan dengan selalu memastikan kondisi oli mesin prima. Caranya dengan menggunakan spesifikasi yang sesuai, serta memiliki kekentalan tepat. Baca juga artikel Pilih Oli Motor Terbaik Untuk Motor Matic

 

Ganti Oli Mesin Motor Matic, Tiap Berapa KM?

Supaya oli mesin motor matic kamu bisa bekerja optimal, perlu dilakukan penggantian secara berkala. Merujuk pada buku servis, maka skutik perlu ganti oli tiap 4.000 Km. Jika lebih dari itu, kekentalan oli akan berubah (lebih encer), alhasil tidak bisa melumasi komponen mesin dengan baik.

Oleh karenanya, mesin motor matic kamu harus ganti oli tepat waktu. Ketika motor matik kamu sering berkendara di kemacetan, jalan berdebu, dan cuaca yang panas, bahkan penggantian oli motor harus lebih cepat. Lakukan ganti oli saat skutik sudah melaju 2.000-3.000 Km.

Kemudian ketika ganti oli mesin motor matic, perhatikan pula takarannya. Contoh untuk Honda Beat rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) dengan mesin eSP generasi terbaru atau lansiran tahun 2019-2023, cukup dengan 650 ml. Sementara untuk Honda Beat lama keluaran tahun 2008-2019, Yamaha Nmax, Honda PCX 160, dan Honda Vario 160 pakai oli mesin dengan takaran yang lebih banyak yaitu 800 ml. Hal ini karena spesifikasi mesinnya berbeda. Baca juga artikel Jangan Salah Pilih, Ini Oli Motor Terbaik Untuk Motor Matic Rekomendasi Rider

 

Motor Matic Juga Punya Oli Transmisi

Bicara oli motor matic, sesungguhnya bukan cuma oli mesin. Ada pula oli transmisi, biasa disebut pula sebagai oli gardan atau gear oil. Fungsinya sesuai nama, sebagai pelumas komponen transmisi dan melancarkan kinerja gear ratio.

Jika tidak ada pelumasan yang cukup, komponen transmisi akan aus dan saling bergesekan. Ujung-ujungnya akan terdengar suara berisik pada bagian box CVT di bagian belakang, serta skutik bahkan bisa mogok.

Agar hal tersebut tidak terjadi, oli transmisi motor matic harus selalu dalam kondisi terbaik. Kamu perlu ganti gear oli ini secara berkala seperti halnya oli mesin. Bedanya ada di waktu penggantian oli gardan lebih lama yaitu setiap 8.000 Km atau kurang lebih 8 bulan.

Rekomendasi oli transmisi atau oli gardan untuk motor matic adalah Evalube Scootic Gear Oil Matic. Ini merupakan pelumas untuk transmisi motor matik yang dibuat dengan campuran base oil synthetic. Di dalamnya ada formula aditif, termasuk Molybdenum Dithiocarbamat untuk mengurangi gesekan komponen pada temperatur dan kecepatan tinggi. Hadir pula teknologi Veltec with Clean Shield Formula yang mampu memberi perlindungan mesin lebih baik supaya awet. Harga Evalube Scootic Gear Oil Matic di Shopee Mall Rp 13.400 dengan kemasan 120 ml.

 

Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik

Berikut kami beberkan rekomendasi oli motor matic terbaik. Evalube sendiri memiliki beberapa produk yang sesuai dengan skutik, namun spesifikasinya tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan.

 

Evalube Scootic RX

Rekomendasi oli motor matic terbaik yang pertama adalah Evalube Scootic RX. Ini merupakan pelumas dengan kekentalan ganda (multigrade) yang cocok dengan skutik seperti Honda Beat, Suzuki Nex, Yamaha Nmax, dan lain-lain. Evalube Scootic HX memiliki kekentalan SAE 10W-30, serta spesifikasi API SL dan JASO MB.

Evalube Scootic HX dibuat dengan base oil berkualitas synthetic yang dikombinasikan dengan beberapa zat aditif, termasuk Molybdenum Dithiocarbamate untuk mengurangi gesekan pada temperatur dan kecepatan tinggi. Ada pula teknologi Veltec with Clean Shield Formula sehingga komponen mesin terlindungi dengan baik dan tetap bersih. Harga oli Evalube Scootic HX di Shopee Mall Rp 44.000 untuk kemasan 0,8 liter. 

 

Evalube Scootic HX

Selanjutnya rekomendasi oli mesin motor matic terbaik selanjutnya adalah Evalube Scootic RX dengan kekentalan SAE 10W-30. Ini merupakan pelumas full synthetic multigrade. Dirancang untuk memenuhi standar stabilitas kekentalan pelumas, sehingga suhu mesin tetap optimal. Zat aditif yang ada, termasuk Molybdenum Dithiocarbamate untuk memberikan perlindungan dari keausan komponen mesin dan mencegah karat. Ada pula teknologi Veltec with Clean Shield formula yang membuat mesin bersih maksimal. Pas buat motor Honda Beat, Honda Vario 160, Honda PCX 160, hingga Yamaha Nmax. Harga Evalube Scootic HX di Shopee Mall Rp 68.600 untuk kemasan 1 liter.

 

Evalube Scootic MX

Rekomendasi oli mesin motor matic terbaik berikutnya punya angka kekentalan SAE 20W-50. Pelumas ini punya base oil mineral, mengandung Additive System Detergen dengan Thermal Stabil untuk mengontrol kadar deposit mesin. Cocok untuk skutik keluaran lama, seperti Yamaha Nuovo dan Suzuki Skywave. Harga Evalube Scootix MX di Shopee Mall Rp 38.500 per 800 ml.

 

Evalube Scootic YX

Terakhir yang jadi rekomendasi oli motor matic terbaik dari Evalube adalah Scootic YX. Menggunakan base oil berkualitas synthetic yang mengandung additive molybdenum dithiocarbamat untuk mengurangi gesekan mesin pada temperatur dan kecepatan tinggi. Ada pula teknologi Veltec yang bisa memberi proteksi lebih, sehingga mesin lebih awet. Harga Evalube Scootic YX di Shopee Mall Rp 41.350 untuk kemasan 800 ml. Cocok untuk motor lawas seperti Yamaha Nuovo dan Suzuki Skywave.

 

Baca juga artikel terkait Jangan Salah Pilih, Jenis Oli Motor Matic Agar Motor Tetap Gesit