Mobil Diesel Keluar Asap? Jangan Panik! Ini 4 Cara Perawatannya

By Administrator 17 Sep 2021
 

Ada kalanya selang mesin diesel mengeluarkan asap, dan hal tersebut cukup mengganggu saat perjalanan. Hal ini juga mengindikasikan bahwa mobil sedang tidak dalam kondisi prima.

Masalah ini cukup mengganggu kinerja mesin, karena harus ada yang diperbaiki. Biasanya, selain asap putih yang muncul dari lubang selang mesin, juga akan terdengar suara angin yang bocor dengan cukup keras.

Namun perlu dibedakan, jika asap yang keluar dari selang itu tipis berwarna hitam, tak perlu khawatir itu adalah uap oli mesin diesel. Namun jika asap putih, maka itu ada masalah pada mesin.

Jadi permasalahan intinya adalah pada selang pernapasan mesin terjadi kebocoran, tepatnya pada bagian kompresi mesin. Kebocoran ini mampu tembus ke ruang atas kepala silinder. Hal tersebut tidak boleh disepelekan, karena jika dibiarkan bakal menjalar ke masalah lain yang mungkin saja dapat, yakni asap putih yang keluar juga pada knalpot.

Karenanya, mesin diesel yang dikenal lebih kuat ketimbang mesin kendaraan bensin bukan berarti tidak butuh perawatan. Berikut ini 4 perawatan penting yang harus diberikan pada mobil diesel.

1. Panaskan Mesin
Mesin diesel merupakan mesin yang tidak memiliki komponen busi. Karena kekurangan komponen tersebut, perlu waktu untuk mesin diesel mencapai suhu yang tepat untuk dikendarai. Sekitar empat hingga lima menit waktu yang diperlukan untuk mendapati suhu optimal.

2. Rutin Ganti Oli
Mobil diesel juga harus rutin dalam mengganti oli sama seperti mobil bensin. Tidak sekedar mengganti, kualitas oli mesin diesel pun juga mesti yang terbaik. Jangan hanya melihat karena harga murah, namun alangkah lebih baik fokus pada kualitas yang ditawarkan agar mesin bekerja optimal dan awet. Cek harga oli mesin diesel mobil terbaru disini.

3. Pilih bahan bakar yang sesuai
Bahan bakar mobil diesel memang beda dengan mobil bensin. Bahan bakar yang sesuai dengan mesin yang digendong juga penting agar ruang pembakaran bekerja optimal.

4. Mempunyai alat water sedimenter
Dalam Bahan bakar mesin diesel, terdapat sedikit kandungan air didalamnya. Untuk memisahkan antara air dan bahan bakar maka perlu alat water sedimenter yang mampu mengukur berapa banyak kandungan air yang ada didalamnya. Jika indikator pada alat menyala, itu tandanya harus membuang air di dalamnya karena jumlahnya telah maksimal.

Sejak awal hadirnya mesin diesel untuk berbagai kebutuhan teknologi, kebutuhan oli mesin diesel juga cukup tinggi. Seiring dengan semakin meningkatnya harga BBM Pertamax, bukan tidak mungkin tren mobil akan beralih kembali ke mobil diesel. Dan Evalube secara inovatif sudah curi start untuk mengeluarkan produk khusus oli mesin diesel.

Dinamakan Evalube Super Transco API CI-4/SL, pelumas mesin diesel multigrade yang dirancang untuk mesin diesel modern berperforma tinggi dengan emisi rendah yang dilengkapi dengan Exhaust Gas Recirculation (EGR), dan direkomendasikan untuk bahan bakar diesel dengan sulfur rendah atau tinggi.

Namun ternyata, produk ini juga bisa untuk untuk mesin bensin yang membutuhkan API SL.

Spesifikasi detail oli ini adalah API Service SG/MA, produk ini pun tersedia dalam kemasan 1 liter dan 5 liter. Dari spesifikasi itu bisa disimpulkan untuk mobil selayaknya Isuzu MU-X cocok memakai oli ini.

Evalube Super Transco API CI-4/SL pun menawarkan bandrol harga yang cukup terjangkau, dengan harga Rp 45,000 untuk kemasan 1 liter, dan kemasan 5 liter dengan harga Rp 220.000.