Bahaya yang Mengintai Ketika Motor Manual Menggunakan Oli Motor Metik

By administrator 17 Mei 2021
 

Setiap kendaraan bermotor membutuhkan oli untuk melumasi mesin kendaraan agar tidak terjadi gesekan antar komponen mesin dan menjaga agar suhu mesin tetap stabil sehingga tidak terjadi overheat. Oli mesin ini dibuat sesuai dengan kebutuhan dan jenis kendaraannya, misalnya saja oli mesin yang dikhususkan untuk sepeda motor matik ataupun sepeda motor manual.

Pastikan kamu memilih oli yang tepat untuk digunakan di sepeda motormu, jangan sampai kamu salah memilih oli yang nantinya bisa berakibat fatal. Misalnya untuk kamu yang memiliki sepeda motor manual, tetapi kamu malah menggunakan oli yang khusus dibuat untuk motor matik.

Memang pada awalnya kesalahan memilih oli ini tidak akan kamu rasakan dampaknya secara langsung, tapi kalau digunakan terus – menerus kondisi seperti ini bisa meningkatkan risiko kerusakan pada mesin sepeda motor manual.

Sepeda motor manual membutuhkan kandungan zat aditif di dalam oli yang berbeda dengan oli matik agar terhindar dari selip pada kopling. Jadi sebaiknya kamu memperhatikan baik – baik oli yang paling tepat untuk sepeda motor. Tapi bagaimana caranya?

Sepeda motor yang bertransmisi manual ini menggunakan kopling basah, dan oli yang tepat digunakan untuk jenis kopling basah adalah oli dengan kode JASO MA. Oli mesin dengan kode seperti ini mengandung zat aditif yang berfungsi untuk membersihkan kopling dari kotoran sehingga kopling terhindar dari selip.

Untuk sepeda motor matik biasanya menggunakan kopling kering, dan oli yang paling tepat untuk jenis kopling kering adalah oli dengan kode JASO MB. Oli dengan kode ini memiliki tekstur yang lebih licin dari oli JASO MA sehigga oli untuk sepeda motor matik ini tidak cocok digunakan pada sepeda motor manual.

Kalau kamu tetap memaksa untuk menggunakan oli sepeda motor matik di sepeda motor manual, ini akan meningkatkan risiko selip pada kopling dan memicu terjadinya kerusakan. Jadi sebaiknya gunakan oli yang paling sesuai untuk sepeda motormu agar terhindar mesin lebih awet dan terhindar dari kerusakan.