Penyebab Oli Mobil Baru Ganti Tapi Cepat Habis

By Administrator 04 Des 2023
 

Oli mesin pada mobil memiliki jangka waktu pemakaian tertentu. Untuk itu, oli mesin harus diganti secara berkala. Lupa mengganti oli mesin bisa menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen mesin.

Tetapi, ada juga masalah yang muncul setelah oli diganti yakni oli yang terlalu cepat habis. Jika muncul masalah ini, mungkin ada beberapa hal yang bisa jadi penyebabnya.

Berkurangnya oli secara drastis bukan karena pemakaian harus dicari penyebabnya. Jika dibiarkan, mesin mobil bisa terkena dampak yang berbahaya.

Berikut beberapa penyebab oli mesin yang terlalu cepat habis padahal baru diganti:

1. Seal Mesin Bocor

Kebocoran pada seal mesin akan menyebabkan oli mesin cepat berkurang. Bagian bocor ini biasanya terletak pada seal packing yang terletak di sela bagian sambungan mesin. Seal ini mengalami kebocoran biasanya disebabkan karena usia pemakaian.

Untuk mengetahui apakah seal ini bocor atau tidak, bisa dilihat pada bagian sambungan mesin. Apabila terdapat rembesan oli pada bagian tersebut maka bisa dipastikan ada kebocoran.

2. Menggunakan Oli Palsu

Hati-hati saat memilih oli untuk mobil kesayangan Anda. Pastikan oli yang akan digunakan adalah barang ori atau asli. Menggunakan oli palsu yang kualitasnya buruk bisa membuat mesin cepat panas.

Untuk itu, pastikan menggunakan oli dengan kualitas terbaik dan pastikan keasliannya. Gantilah oli di bengkel terpercaya agar keaslian oli terjamin. Gunakan Evalube yang terbaik kualitasnya.

3. Ring Seher Rusak

Ring seher adalah penahan oli pada ruang pembakaran. Apabila ada kerusakan pada ring seher maka oli bisa masuk ke ruang bakar saat terjadi proses pembakaran. Akibatnya, oli jadi cepat habis.

Kerusakan ring seher ini bisa lebih parah saat mobil sedang ngebut. Saat mobil melaju kencang, rembesan oli ke ruang bakar akan semakin banyak, oli pun jadi semakin cepat habis.

4. Mobil Jarang Diservis

Berbagai masalah di atas kemungkinan disebabkan faktor mobil kurang rajin diservis. Seperti ganti oli, servis mobil baiknya juga dilakukan secara berkala. Hal ini agar kita cepat mengetahui apabila ada komponen pada mobil yang rusak atau harus segera diganti. Sehingga berbagai masalah pada mobil bisa dicegah dan performa mobil tetap terjaga.

Pastikan mengganti oli secara berkala dan rawat mobil dengan baik agar tak muncul masalah oli cepat habis ya!