Pilih Oli Motor Terbaik, Apa yang Harus Diperhatikan?

By Administrator 28 Nov 2022
 

Pelumas atau oli sepeda motor memiliki fungsi yang sangat penting. Cairan ini ibarat darah di dalam tubuh manusia. Namun, ada berbagai macam oli motor yang sekarang ini dipasarkan. Untuk itu, pemilik sepeda motor harus cermat dalam memilih oli motor terbaik. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Sesuaikan Tingkat Keenceran Oli Dengan Kondisi Lingkungan
Setiap oli memiliki spesifikasi tertentu dengan tingkat kekentalan atau viskositas yang berbeda, seperti SAE 10W-30, SAE 20W-40, SAE 20W-50, dan lainnya. Untuk para pengendara motor yang tinggal di daerah yang tropis, sebaiknya gunakan oli dengan tingkat kekentalan yang rendah. Sebaiknya, gunakan oli dengan SAE 15W-40 hingga SAE 20W-40. Tapi, untuk motor yang usianya sudah lima tahun ke atas, maka perlu oli yang lebih kental, seperti SAE 20W-50.

2. Perhatikan Spesifikasi API
Selain SAE, kode lain yang perlu diperhatikan adalah API. Kode API merupakan singkatan dari American Petroleum Institute (API), yang merupakan lembaga pemeriksaan kualitas oli yang dipakai di seluruh dunia. Selain itu, kode API juga menjadi acuan untuk mengukur kemampuan oli dalam menahan gesekan komponen mesin. Biasanya, kode ini diikuti oleh huruf lain di belakangnya, seperti, API SA, API SB, API SL, dan lainnya. Semakin tinggi huruf di belakang huruf S, maka kualitas oli semakin baik dan memiliki kemampuan yang tinggi untuk menahan gesekan komponen mesin. Oli Evalube bahkan sudah memiliki spesifikasi API SL.

 

Baca artikel lain terkait Oli Motor Terbaik disini:

 

3. Sesuaikan Oli Dengan Jenis Motor dan Koplingnya
Jenis motor ada berbagai macam, mulai dari motor bebek, motor matik, dan motor sport. Selain itu, dari jenis koplingnya juga berbeda-beda, ada yang menggunakan kopling basah dan kopling kering. Untuk membedakannya, terdapat kode JASO, yakni JASO MA untuk kopling basah dan JASO MB untuk kopling kering.

Salah satu pilihan yang tepat bagi sepeda motor di Indonesia adalah oli keluaran Evalube. Oli ini memiliki campuran bahan aditif detergen, antioksidan, anti karat, anti gesek, antibusa, dan memiliki indeks viskositas yang baik. Oli Evalube juga mengandung Molybdenum Dithiocarbamate memberikan proteksi yang sangat baik terhadap keausan mesin, kinerja antioksidan, dan memperpanjang umur mesin. Selain itu, stabilitas viskositas juga dipertahankan dalam suhu rendah dan tinggi.