5 Tips Nanjak untuk Mobil Manual, Jangan Sampai Gagal Traksi

By Automotive Evalube 13 Mei 2024
 

Saat melewati jalan menanjak, mobil tak boleh gagal traksi karena bisa menyebabkan mobil mundur. Mobil mundur di tanjakan tentu saja bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Inilah mengapa mengemudi di jalan menanjak memang lebih sulit dibanding jalan datar. 

 

Apalagi untuk mobil bertransmisi manual, memang lebih sulit untuk mengontrol kopling, rem, dan gas secara bersamaan. Untuk itu, perlu skill dan trik khusus bagi pemula yang ingin mengemudi di jalan menanjak dengan menggunakan mobil manual. 

 

Berikut ini beberapa tips mengemudi di jalan menanjak menggunakan mobil transmisi manual: 

 

  1. Posisi Gigi Sebelum Menanjak 

 

Sebelum menanjak, mobil perlu ancang-ancang lebih dulu. Paling penting adalah pastikan gigi mobil berada di posisi rendah yakni gigi satu atau dua untuk mobil manual. Letakkan tangan di setir dan kaki di pedal rem sehingga tubuh berada di posisi tepat dan siap untuk mengendalikan mobil. 

 

  1. Hindari Melaju Terlalu Cepat di Awal Tanjakan 

 

Beberapa orang karena panik bisa saja langsung memasang laju kecepatan terlalu cepat. Hal ini justru berbahaya karena bisa menyebabkan roda tergelincir atau kehilangan traksi. Baiknya, akselerasi kecepatan dengan perlahan. Jika mulai ada rasa mobil tergelincir, lepaskan sedikit gas dan injak rem perlahan agar mobil kembali stabil. 

 

  1. Gunakan Rem Tangan di Awal 

 

Rem tangan juga bisa dimanfaatkan di awal menanjak. Yakni dengan cara saat mobil berhenti di tanjakan, tahan mobil dengan rem tangan sembari mencoba menemukan posisi gigi dan berikan sedikit akselerasi. Setelah itu, baru lepaskan rem tangan secara perlahan sambil menambahkan gas untuk kembali menanjak. 

 

  1. Jaga Kecepatan Mobil 

 

Saat menanjak, pastikan pengemudi mobil bisa menjaga momentum dan kecepatan mobil. Jangan sampai mobil terlalu cepat atau terlalu lambat karena keduanya bisa membahayakan. Jika kecepatan mobil stabil maka mobil akan menanjak lebih lancar. 

 

  1. Jangan Banyak Melakukan Perubahan Gigi 

 

Saat menanjak upayakan menggunakan satu gigi paling sesuai dan tak perlu ubah gigi sampai selesai menanjak. Pasalnya, perubahan gigi yang tak perlu justru bisa menyebabkan mobil kehilangan traksi dan mogok. 

 

Itu dia beberapa tips bagi pengemudi mobil manual untuk melewati tanjakan. Selain itu, jika sudah tahu rute jalan yang akan dilalui dan terdapat jalan tanjakan yang cukup tinggi, sebaiknya pertimbangkan beban mobil. Semakin banyak atau berat beban mobil yang dibawa maka mobil juga akan semakin berat saat menanjak.