Ingin Mesin Awet, Ini Oli Terbaik untuk Motor Matic

By Administrator 28 Nov 2022
 

Sepeda motor dengan jenis skuter matic memang sangat diminati oleh masyarakat lantaran pengoperasiannya yang sangat simple. Dibalik kepraktisannya tentu mesin sebuah motor matic membutuhkan perawatan.

Perawatan yang harus dilakukan bagi seluruh pemilik kendaraan termasuk pemilik motor matic adalah penggantian oli mesin. Oli mesin memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang kinerja antar komponen yang ada didalam mesin agar tetap prima.

Tentu kita ingin mesin awet, untuk itu kita harus memilih oli terbaik untuk motor matic yang kita miliki. Saat ini ada banyak produsen oli yang menyediakan pilihan kekentalan oli yang bisa dipilih oleh masyarakat.

Hal pertama yang harus kita perhatikan untuk menentukan oli terbaik untuk motor kita adalah kenali dahulu kekentalan dari oli itu sendiri. Umumnya, tingkat kekentalan oli motor akan ditandai dengan kode SAE atau Society of Automotive Engineering.

Saat ini para produsen oli banyak menawarkan beragam kekentalan oli yang bisa dipilih oleh konsumen. Tentunya beragam kekentalan tersebut bertujuan untuk menyesuaikan kebutuhan dari masing-masing mesin motor yang juga memiliki spesifikasi berbeda beda.

 

Baca juga artikel lain terkait Oli Terbaik Matic disini:

 

Dengan banyaknya pilihan tersebut tentu konsumen bisa memilih kekentalan oli yang sesuai keinginan. Tapi agar mesin awet, kita harus memilih oli dengan cermat dan tepat yang sesuai dengan kebutuhan mesin motor matic kita.

Pada umumnya, sebuah motor matic membutuhkan oli yang encer. Salah satu alasannya adalah untuk memberikan putaran mesin yang ringan saat sedang bekerja. Dengan oli encer tersebut bisa mempercepat terjadinya gaya sentrifugal pada transmisi matic-nya.

Sebuah motor matic yang beredar di Indonesia umumnya menggunakan oli dengan spesifikasi kekentalan SAE 10W-30 hingga SAE 15W-50. Oli dengan kekentalan tersebut saat ini sangat banyak dijual dipasaran.

Ada hal lain yang harus kita perhatikan selain tingkat kekentalan, yaitu kita juga mengecek kode API yang tercantum dalam kemasan. API atau American Petroleum Institute merupakan kode standar yang digunakan produsen untuk menentukan mutu dan kualitas oli motor. Kode API akan ditandai huruf SL, SN, SM, dan sebagainya.

Huruf di belakang huruf “S” disusun berdasarkan urutan abjad. Makin tinggi hurufnya, semakin bagus kualitasnya. Namun, bukan berarti motor matic keluaran lama dapat menggunakan oli motor dengan kode API yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh mesin motor matic keluaran lama tidak dirancang untuk menerima oli yang didukung teknologi baru.

Namun untuk memilih oli yang tepat untuk motor matic kesayangan kita, sebaiknya kita mengikuti standar kekentalan yang sudah ditentukan oleh pabrikan oli.

Evalube sendiri memiliki 4 pilihan oli untuk segmen motor matic atau biasa disebut Scootic. Evalube Scootic MX, Evalube Scootic YX, Evalube Scootic HX, dan Evalube Scootic RX bisa dipilih sesuai kebutuhan dan spesifikasi rekomendasi pabrikan motor.