Oli Terbaik untuk Motor Anda, Oli Encer Belum Tentu Cocok

By Administrator 28 Nov 2022
 

Di Indonesia sebuah sepeda motor masih menjadi pilihan untuk masyarakat sebagai kendaraan daily commuter. Hal tersebut lantaran menggunakan sepeda motor sangat praktis dan ekonomis.

Setiap sepeda motor dibekali dengan mesin yang berfungsi agar motor tersebut bisa bergerak. Nah didalam mesin tersebut terdiri dari berbagai macam komponen yang membutuhkan pelumasan agar tetap bisa bekerja dengan maksimal.

Ada sebuah mitos yang beredar jika semua sepeda motor yang menggunakan oli dengan viskositas encer bisa membuat tarikan mesin jadi jauh lebih enteng dan membuat mesin jauh lebih awet. Jika berbicara tarikan mesin jauh lebih enteng dan BBM jauh lebih irit memang sangat benar.

Sebuah oli dengan viskositas yang encer mampu melumasi hingga ke celah terkecil di dalam mesin. Dengan seluruh komponen yang ada di dalam mesin dapat terlumasi dengan maksimal sehingga putaran mesin lebih enteng. Ketika putaran mesin enteng maka tenaga yang dikeluarkan akan jauh lebih instan yang membuat konsumsi bbm jauh lebih efisien.

Namun tidak semua motor cocok untuk menggunakan oli dengan viskositas yang encer terutama untuk motor lawas atau motor yang memiliki kompresi rendah. Salah satu alasannya adalah oli yang encer tersebut berpotensi mengalami penguapan lebih cepat ketimbang menggunakan oli kental.

Saat oli encer tersebut melumasi komponen mesin lawas akan berpotensi menimbulkan penguapan oli berlebih lantaran panas pada mesin juga berlebih. Panas tersebut ikut dipicu oleh komponen yang ada didalam mesin sudah mulai renggang.

 

Baca juga artikel lain terkait Oli Terbaik disini:

 

Selain berpotensi mengalami penguapan oli, motor yang menggunakan oli encer tersebut umumnya memiliki suara mesin yang lebih kasar dibandingkan dengan menggunakan oli kental. Lagi-lagi hal tersebut disebabkan oleh komponen yang ada didalam mesin sudah mulai renggang.

Untuk itu, ketika kita ingin mengganti oli mesin motor kita kita harus mengikuti rekomendasi SAE yang telah dikeluarkan oleh pabrikan motor. SAE merupakan standar guna menilai indeks kekentalan oli yang dibuat oleh The Society of Automotive Engineering (SAE)

Evalube menyediakan beragam produk oli motor yang tentunya terjamin kualitasnya, baik untuk motor bebek, skutik, hingga motor sport 250cc ke atas.