Waduh Bisa Bikin Bahaya, ini 5 Ciri Oli Mesin Mobil Habis

By Administrator 11 Apr 2023
 

Oli mesin pada mobil adalah salah satu komponen yang harus rutin dicek. Mobil juga harus mengganti oli secara berkala agar mesin tetap bekerja dengan baik dan optimal.

Pentingnya mengganti oli mesin pada mobil juga untuk memperpanjang usia mesin agar lebih awet. Untuk itu, jangan sampai kehabisan oli mesin mobil dan tak sadar belum menggantinya.

Membiarkan mesin kehabisan oli dapat merusak mesin mobil. Tentu jika sudah demikian butuh uang yang tak sedikit untuk memperbaikinya.

Berikut beberapa ciri oli mesin mobil habis:

1. Lampu indikator oli menyala

Jika lampu indikator oli menyala, segera bawa mobil ke bengkel untuk mengeceknya. Meski menyala hanya berkedip, lebih baik segera mengecek oli mesin Anda.

Lampu indikator yang tak menyala dengan jelas juga bisa menjadi tanda bahwa jumlah oli mesin mobil Anda sudah berkurang.

 

2. Suara mesin terdengar kasar

Jika suara mesin Anda tak terdengar seperti biasanya dan menjadi lebih kasar, ini juga bisa menjadi indikator oli mesin yang berkurang. Biasanya mobil juga akan sedikit tak nyaman digunakan.

Hal ini disebabkan karena mobil kekurangan pelumas sehingga gesekan antar komponen menjadi lebih intens. Segera periksa oli mesin mobilmu ya jika Anda merasakan hal ini.

 

3. Mesin cepat panas

Ciri selanjutnya oli mesin mobil sudah mulai berkurang adalah mesin yang cepat panas. Temperatur mesin yang cepat naik ini disebabkan karena mesin mengalami overheat.

Hal ini lantaran oli juga berfungsi menjaga suhu pada mesin mobil. Oli berfungsi untuk mencegah mesin mobil mengalami overheat.

Selain itu, knalpot mobil yang mengeluarkan kepulan asap dengan warna lebih pekat juga jadi salah satu ciri oli mesin yang mulai habis.

4. Posisi ketinggian oli pada stik di bawah L

Anda juga bisa melakukan pengecekan secara langsung kondisi oli mesin mobil Anda. Caranya dengan mengecek pada stik oli (dipstick) secara langsung.

Jika oli sudah mulai kurang maka posisi ketinggian oli pada stik nampak di bawah garis L stik oli. Untuk oli yang sudah benar-benar habis maka tidak akan nampak saat dicek dengan stik oli. Berarti, harus segera dilakukan pengisian.

 

5. Mogok

Jika mobil Anda mudah mogok, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah oli mesin mobil Anda habis. Pasalnya, jika kehabisan oli dalam jangka lama akan menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen mobil sehingga menyebabkan mesin rusak dan terjadi mogok.

Pastikan Anda mengganti oli secara berkala agar mesin mobil Anda optimal dan awet. Gunakan Evalube yang memiliki produk-produk oli terbaik untuk berbagai jenis kendaraan Anda.