Kode Oli Motor Matic: SAE, JASO, API!

By Administrator 16 Jan 2024
 

Tahu kode oli motor matic penting, utamanya ketika kamu ingin ganti oli. Pasalnya kode-kode seperti SAE, JASO, dan API, punya makna tersendiri yang memudahkan kamu mendapatkan pelumas dengan spesifikasi terbaik untuk skutik.

Pasalnya kalau tidak sesuai spesifikasinya, oli tidak akan berguna optimal untuk melumasi mesin. Hal ini bisa berefek ke rasa berkendara yang tidak menyenangkan. Lama kelamaan, mesin bisa rusak.Oleh karena itu, sebagai pengguna motor, kamu wajib tahu artik kode oli motor matic. Tidak perlu paham secara komprehensif, setidaknya mengerti garis besarnya. Utamanya untuk kode-kode seperti SAE, JASO, dan API.

Baca juga artikel terkait: Ketahui Ukuran Kekentalan Oli yang Cocok untuk Motor Matic di Indonesia

 

Berikut bahasan lengkapnya:

Makna Kekentalan Oli SAE 10W-30?

Dalam memilih oli motor matic terbaik, kamu harus tahu kekentalan yang sesuai. Ambil contoh ada oli dengan SAE 10W-30, apa maksudnya? SAE sendiri merupakan kepanjangan dari Society of Automotive Engineers. Ini merupakan badan otomotif dunia yang salah satunya mengatur standar kekentalan pelumas. Kemudian 10W berarti oli tersebut punya tingkat kekentalan 10 ketika kondisi mesin dingin, W berarti winter. Sementara 30 berarti oli punya kekentalan 30 saat kondisi mesin panas.

Angka 10 di kekentalan oli punya arti lebih encer atau cair dibandingkan 30. Begitu pula sebaliknya. Jadi kalau ada oli dengan SAE 20W-40, berarti punya viskositas lebih tinggi dari SAE 10W-30. Bicara kekentalan oli, angka paling rendah adalah 0. Hanya saja viskositas ini jarang digunakan oleh motor matic, untuk sekarang lebih banyak dipakai oleh mobil.

Umumnya untuk oli motor matic yang banyak digunakan adalah SAE 10W-30. Pelumas tersebut merupakan standar untuk skutik seperti Yamaha Nmax, Suzuki Nex II, Honda PCX 160, Honda Beat, hingga Honda Vario 160.

Sementara itu motor matic lawas atau keluaran tahun lama, menggunakan oli dengan kekentalan yang lebih kuat, seperti SAE 20W-40. Contoh skutik yang pakai viskositas ini antara lain Suzuki Skywave dan Yamaha Nuovo. Baca juga artikel Oli Mesin yang Digunakan Pada Sepeda Motor Adalah Pelumas Kode SAE Berapa?

 

Apa Itu JASO MA dan MB?

Kode oli motor matic yang harus kamu tahu selanjutnya adalah JASO MA dan MB. JASO sendiri memiliki kepanjangan Japan Automotive Standard Organization. Ini merupakan lembaga Jepang yang mengecek standar kualitas pelumas.

Kode oli JASO biasanya diikuti dengan kode MA atau MB. Kedua huruf tersebut mengacu ke pemakaian yang berbeda. 

Oli JASO MA untuk motor dengan kopling basah seperti bebek dan sport. Oli JASO MA berfungsi untuk memberikan gesekan lebih, agar kopling tidak selip saat motor dikendarai.

Sementara oli JASO MB memiliki daya gesekan yang lebih rendah, karena diperuntukkan bagi kopling kering atau motor matic. Jadi kode oli motor matic, selalu pakai MB, ingat!

Baca juga artikel: Kenali Kode Kekentalan Oli Sebelum Digunakan Pada Motor

 

Mengenal Standardisasi API

Kemudian di kode oli motor matic yang juga perlu kamu tahu adalah standardisasi API. Ini merupakan singkatan American Petroleum Institute, organisasi yang memberikan rating tersebut. Di belakang kode API, ada dua huruf tambahan, misalnya SL.

Huruf S merujuk pada penggunaan oli untuk kendaraan bermesin bensin, kalau mesin diesel pakai huruf C. Kemudian L adalah ratingnya, semakin tinggi huruf tersebut berarti punya spesifikasi yang semakin baik. Sebagai gambaran, standardisasi oli API ada SL, SM, SN, SP, dan lain-lain.

  • SP : Untuk mesin generasi mesin terbaru, diperkenalkan Mei 2020
  • SN : Untuk mesin generasi 2020 atau sebelumnya
  • SM : Untuk mesin generasi 2010 atau sebelumnya
  • SL : Untuk mesin generasi 2004 atau sebelumnya
  • SJ : Untuk mesin generasi 2001 atau sebelumnya
  • SH : Untuk mesin generasi 1996 atau sebelumnya
  • SG : Untuk mesin generasi 1993 atau sebelumnya
  • SF : Untuk mesin generasi 1988 atau sebelumnya

 

Jadi semakin tinggi huruf paling belakang yang digunakan, maka semakin baik standar olinya. Dengan tahu kode oli motor matic standar API, kamu harusnya paham bahwa boleh menggunakan pelumas dengan standar lebih tinggi. Di sisi lain, hindari pelumas dengan standar API lebih rendah dari spesifikasi.

Contoh, kode oli motor matic kamu untuk API adalah SL. Maka bila mendapat, oli lain dengan kode SM, SN, dan SP, boleh saja digunakan. Sementara kalau justru bertemu oli API SJ dan SH, sebaiknya jangan dipakai.

 

Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik

Setelah tahu kode oli motor matic, berikut kami beberkan rekomendasi oli motor matic terbaik. Evalube memiliki beberapa produk yang sesuai dengan skutik, seperti Scootix RX, HX, MX, dan YX. Kemudian ada pula oli transmisi yaitu Evalube Scootic Gear Oil Matic. Berikut detailnya:

Evalube Scootic RX

Kode oli motor matic untuk Evalube Scootic RX adalah SAE 10W-30, API SL, dan JASO MB. Ini merupakan pelumas dengan kekentalan ganda (multigrade) yang cocok dengan skutik seperti Honda Beat, Suzuki Nex, Yamaha Nmax, dan lain-lain.

Evalube Scootic HX dibuat dengan base oil berkualitas synthetic yang dikombinasikan dengan beberapa zat aditif, termasuk Molybdenum Dithiocarbamate untuk mengurangi gesekan pada temperatur dan kecepatan tinggi. Ada pula teknologi Veltec with Clean Shield Formula sehingga komponen mesin terlindungi dengan baik dan tetap bersih.

Harga oli Evalube Scootic HX di Shopee Mall Rp 44.000 untuk kemasan 0,8 liter. 

 

Evalube Scootic HX

Rekomendasi selanjutnya, Evalube Scootic HX yang punya kode oli motor matic dengan SAE 10W-30, API SL, dan JASO MB. Beda HX dan RZ adalah dari bahan yang digunakan, ini pakai full synthetic multigrade. Dirancang untuk memenuhi standar stabilitas kekentalan pelumas, sehingga suhu mesin tetap optimal.

Di dalamnya ada zat aditif, termasuk Molybdenum Dithiocarbamate untuk memberikan perlindungan dari keausan komponen mesin dan mencegah karat. Teknologi Veltec with Clean Shield formula juga hadir, membuat mesin bersih maksimal. Pas buat motor Honda Beat, Honda Vario 160, Honda PCX 160, hingga Yamaha Nmax.

Harga Evalube Scootic HX di Shopee Mall Rp 68.600 untuk kemasan 1 liter.

 

Evalube Scootic MX

Selanjutnya rekomendasi oli mesin motor matic untuk tahun lawas, seperti Yamaha Nuovo dan Suzuki Skywave. Evalube Scootic MX ini pakai kode SAE 20W-50 dengan API SG dan JASO MB. Pelumas ini punya base oil mineral, mengandung Additive System Detergen dengan Thermal Stabil untuk mengontrol kadar deposit mesin.

Harga Evalube Scootix MX di Shopee Mall Rp 38.500 per 800 ml.

 

Evalube Scootic YX

Terakhir yang jadi rekomendasi adalah Evalube Scootic YX. Kode oli motor matic yang satu ini adalah SAE 20W-40, API SL, dan JASO MB yang juga cocok untuk skutik lama, seperti Suzuki Skywave dan Yamaha Nuovo

Beda Evalube Scootic YX dan MX ada di materialnya, sekaligus viskositas. Khusus varian YX, menggunakan base oil berkualitas synthetic yang mengandung additive molybdenum dithiocarbamat untuk mengurangi gesekan mesin pada temperatur dan kecepatan tinggi. Ada pula teknologi Veltec yang bisa memberi proteksi lebih, sehingga mesin lebih awet.

Harga Evalube Scootic YX di Shopee Mall Rp 41.350 untuk kemasan 800 ml.

 

Evalube Scootic Gear Oil Matic

Selain oli mesin, Evalube juga punya oli transmisi untuk motor matic yang bernama Scootic Gear Oil Matic. Hanya saja, pelumas transmisi ini tidak memiliki kode-kode yang rumit. Kemudian penggantian oli transmisi atau oli gardan untuk skutik ini juga lebih lama dibanding oli mesin, setiap 8.000 Km atau 8 bulan.

Harga Evalube Scootic Gear Oil Matic di Shopee Mall Rp 13.400 dengan kemasan 120 ml.