Tak Hanya Membuat Mesin Lebih Awet, Rutin Ganti Oli Juga Bisa Bantu Menghemat BBM

By administrator 10 Mei 2021
 

Bahan bakar pada kendaraan bermotor ini memiliki peranan yang sangat penting, tanpa adanya bahan bakar maka kendaraan seperti mobil tidak akan bisa digunakan. Konsumsi bahan bakar setiap kendaraan ini juga berbeda – beda, tergantung pada perawatan yang kamu lakukan pada mobilmu.

Perawatan mobil yang benar bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit karena semua komponen bisa bekerja dengan baik, begitu juga sebaliknya saat kamu tidak melakukan perawatan yang baik pada mobil maka kemungkinan konsumsi bahan bakarnya akan meningkat.

Lalu perawatan seperti apa yang baik untuk mobilmu? Selain melakukan servis berkala sesuai aturan yang ada pada buku panduan, kamu juga harus melakukan penggantian oli mesin secara rutin setiap mobil menempuh jarak 10.000 km atau enam bulan sekali.

Oli yang selalu dalam kondisi baik ini bisa bekerja secara maksimal dalam melumasi komponen mesin mobil dan menghindari mesin dari kerusakan. Untuk itu mengganti oli secara rutin sangat disarankan agar kualitas oli mesin tetap terjaga dan terhindar dari kotoran akibat sisa proses pembakaran.

Jika oli tidak diganti dalam waktu yang cukup lama, oli akan berubah menjadi kotor dan akhirnya menghambat kinerja oli sehingga komponen di dalam mesin harus bekerja lebih berat dan berujung pada pemborosan bahan bakar di mobilmu.

Memilih oli ini juga tidak bisa sembarangan, kamu harus menyesuaikan oli dengan kebutuhan mesin mobil. Saat mengganti oli pastikan kamu tidak lupa untuk mengganti filter oli, karena komponen ini juga punya pengaruh yang sangat penting pada proses pembakaran. Filter oli yang kotor akan menghambat proses pembakaran dan bisa berdampak juga pada konsumsi bahan bakar.

Jadi agar mobilmu lebih hemat bahan bakar, sebaiknya lakukan perawatan yang baik dan jangan lupa mengganti oli mesin serta filter oli secara rutin.