Jangan Ditunda, Ini Sinyal Sepeda Motor Perlu Ganti Oli

By administrator 09 Nov 2020
 

Membuat sepeda motor nyaman dikendarai tentu membutuhkan perawatan yang baik, mulai dari melakukan servis secara rutin sampai dengan mengganti oli mesin dengan yang baru. Mengganti oli mesin memang perlu dilakukan setiap 2.000 km atau selama dua bulan pemakaian agar kualitas oli tetap terjaga, sebab oli tak hanya berfungsi sebagai pelumas komponen mesin, tetapi juga berfungsi untuk mendinginkan mesin.

Semakin lama oli digunakan, maka akan semakin menurun kualitasnya dan ini juga berdampak pada kenyamanan kamu saat menggunakan sepeda motor. Namun sayangnya masih banyak orang yang mengabaikan aturan ini dan membiarkan oli terlalu lama digunakan. Tapi saat kamu sudah menemukan sinyal seperti di bawah ini, sebaiknya segera lakukan penggantian oli dengan yang baru.

  • Perubahan Warna

Oli yang masih baru memiliki warna bening kebiruan atau kekuningan, saat kamu mememukan perubahan warna oli menjadi kehitaman, itu berarti oli sudah tercampur dengan sisa emisi pembakaran. Oli yang sudah berwarna hitam seperti ini harus segera diganti karena oli sudah tidak mampu melindungi mesin secara maksimal. Kamu bisa melihat perubahan warna oli ini dengan menggunakan dipstick, dan lihat perubahan warnanya.

  • Perubahan Tekstur

Selain warna, perubahan tekstur pada oli juga bisa jadi tanda kamu harus segera menggantinya dengan yang baru. Oli yang masih berkualitas baik memiliki tekstur yang halus saat dipegang, sedangkan oli yang sudah terasa kasar itu berarti oli sudah bercampur dengan partikel sisa pembakaran.

  • Suara Mesin Kasar

Oli yang masih berkualitas baik mampu mengurangi gesekan antar komponen penting di dalam mesin sehingga suara mesin menjadi lebih halus. Tetapi saat oli sudah lama tidak diganti, kualitas oli akan menurun sehingga tidak bisa bekerja dengan baik dan akhirnya membuat suara mesin terdengar lebih kasar karena komponen yang saling bergesekan.

Usahakan untuk mengganti oli tepat waktu sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan, jangan sampai sepeda motor mengalami kerusakan hanya karena kamu terlambat mengganti oli dengan yang baru.