Motor Jarang Dipakai, Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Oli?

By administrator 08 Des 2020
 

Mengganti oli wajib dilakukan untuk semua jenis kendaraan bermotor karena oli mampu melindungi mesin dari kerusakan, termasuk pada sepeda motormu. Waktu penggantian oli memang disesuaikan dengan pemakaian, semakin sering kamu menggunakan sepeda motor dengan jarak tempuh yang jauh, maka semakin cepat kamu harus mengganti oli.

Oli perlu diganti setiap sepeda motor sudah menempuh jarak 2.000 km – 4.000 km karena kualitasnya sudah menurun akibat oli bercampur dengan kotoran yang berasal dari sisa pembakaran. Tetapi bagaimana untuk sepeda motor yang jarang dipakai, masihkah perlu mengganti oli secara rutin?

Walaupun sepeda motormu lebih lama berada di garasi rumah dan jarang digunakan untuk menempuh perjalanan jauh, kamu tetap harus mengganti oli secara rutin. Hanya saja kamu tidak perlu mengikuti aturan mengganti oli menggunakan indikator kilometer, karena ada aturan mengganti oli yang lain, yaitu menyesuaikan dengan waktu pemakaian oli.

Kamu bisa mengganti oli setiap enam sampai dua belas bulan sekali, hal ini penting untuk dilakukan karena dikhawatirkan oli yang mengendap sudah bercampur dengan sisa kotoran di dalam mesin. Selain itu, kamu juga perlu memanaskan sepeda motor setiap hari untuk menghindari kerusakan pada sepeda motor.

Sepeda motor yang jarang digunakan bukan berarti lebih awet dan terhindar dari kerusakan, karena saat kamu tidak bisa merawatnya dengan baik, sepeda motor yang jarang dipakai malah lebih cepat rusak. Jangan lupa juga untuk memanaskan sepeda motor dengan cara yang benar, yaitu menggunakan kick starter dan biarkan mesin menyala beberapa menit.