Ternyata Komponen Ini Rusak Duluan Jika Telat Ganti Oli Motor

By Administrator 18 Sep 2021
 

Fungsi utama dari oli mesin yang digunakan pada sepeda motor adalah sebagai bahan pelumas dan menjaga kualitas mesin agar bebas gangguan. Bisa juga untuk mengurangi gesekan antar komponen saat mesin sedang bekerja.  Gesekan saat mesin bekerja dapat menyebabkan mesin mengalami keausan. Hal ini berpengaruh terhadap tenaga yang dihasilkan serta kotoran dan panas yang tercipta ketika mesin bekerja.

Pelumas juga mampu menjadi penetral suhu saat panas keluar yang dihasilkan dari proses pembakaran di dalam silinder dan gesekan antar komponen. Pelumas juga merapatkan celah antara silinder dengan piston. Hal ini yang menjadikan pelumas mampu mengurangi risiko kebocoran kompresi dan tekanan hasil pembakaran.

Sayangnya dari fungsi oli yang cukup vital tersebut. Masih ada pengendara yang lalai mengganti oli secara rutin. Padahal hal tersebut dibutuhkan untuk menjaga performa motor. Lebih riskan lagi, komponen mesin yang rusak duluan ternyata punya peran vital pada motor. Jadi, bagian pertama yang rusak jika sering telat ganti oli mesin yang digunakan pada sepeda motor adalah blok silinder dan piston

Oli mesin yang terlalu lama bertahan di dalam mesin atau sering telat ganti oli akan menyebabkan volume oli kurang maksimal. Hasilnya adalah suplai oli untuk mengurangi gesekan antara blok silinder dan piston berkurang. Lecet pada bagian piston dan blok silinder akan terlihat jika pemilik motor sering telat ganti oli. Kalau sudah terjadi lecet pada dua komponen vital tersebut biasanya membuat knalpot motor 4-Tak lebih ngebul karena oli sudah masuk ke ruang bakar.

Efek lain dari telat ganti oli mesin yang digunakan pada sepeda motor adalah rusaknya bagian head silinder. Keausan bisa terjadi juga pada komponen ini Biasanya yang berisiko terlebih dahulu pada head silinder adalah bagian noken as atau camshaft untuk kemudian risiko berlebih merambat pada kerusakan pelatuk.

Berkurangnya volume oli juga bisa menyebabkan suhu meningkat pada ruang mesin. Efeknya adalah akan merusak sil yang ada pada mesin. Salah satunya adalah sil klep. Jika kita lihat lebih dalam lagi ternyata sejauh itu hal yang berefek dari telat ganti oli pada motor. Minimal cek kondisi oli mesin secara berkala. Serta lakukan ganti oli atau tambah oli jika diperlukan.

Jika sudah tau efek apa yang ditimbulkan dari seringnya telat ganti oli. kali ini Evalube akan merekomendasikan oli dengan teknologi Veltec Fuel-economy with Clean Shield Formula yang memberi proteksi maksimal dalam meminimalisir gesekan, mesin dibuat bersih sehingga kinerja mesin menjadi maksimal dan mendukung keuntungan irit bahan bakar.

Formulasi ini sudah lolos uji oleh tim Evalube yang berkolaborasi dengan LAPI ITB, yang sudah melalui beberapa tahap. Tahap tes oli mesin yang digunakan pada sepeda motor adalah meliputi kebersihan mesin, physical property, chemical property, keiritan bahan bakar, hingga temperatur mesin. Hasil dari formula ini mampu memberikan tingkat kebersihan mesin yang lebih bagus ketimbang formula Evalube sebelumnya

Walaupun formula dari Evalube ini  tergolong baru, namun soal harga dari produsen oli asli dari Indonesia ini tidak naik. Maka dari itu rekomendasi terbaik oli mesin yang digunakan pada sepeda motor adalah Evalube. Evalube sendiri punya opsi produk untuk motor 4-Tak, 2-Tak, dan Skutik.