Cermat Memilih Oli untuk Mesin Mobil Diesel

By Administrator 28 Nov 2022
 

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Begitu juga soal perawatan mobil diesel. Untuk menjaga mesin mobil diesel agar tak mudah rusak, perlu menggunakan oli terbaik yang sesuai dengan mobil Anda.

Meski banyak oli yang dijual di pasaran, namun tak bisa asal pilih untuk mobil diesel. Pastikan menggunakan oli terbaik.

 

Berikut cara memilih oli mesin untuk mobil diesel:

1. Bahan dasar oli

Yang pertama harus diperhatikan adalah soal bahan dasar oli yang digunakan. Secara umum, produsen membuat oli mesin diesel dengan dua bahan yakni mineral dan full sintetik.

Direkomendasikan menggunakan oli yang berbahan dasar full sintetik oleh para expert otomotif. Pasalnya, dinilai mampu memberikan perlindungan lebih ketimbang oli berbahan mineral.

 

Baca juga artikel lain terkait Oli Mesin Diesel:

 

2. Pertimbangkan Viskositasnya

Viskositas sendiri adalah tingkat kekentalan pelumas sesuai angka Society of Automotive Engineer (SAE). Pemilihan tingkat viskositas oli ini biasanya disesuaikan dengan usia mobil.

Untuk mobil berusia muda (di bawah 10 tahun) dapat menggunakan viskositas 5W-40. Sementara untuk mobil diesel berusia tua biasanya menggunakan viskositas 15W-40.

3. Pertimbangkan rekomendasi pabrik

Cara paling mudah adalah sesuaikan kebutuhan oli mesin mobil diesel Anda dengan rekomendasi dari pabrik mobilnya. Pasalnya, dalam buku panduan mobil dijelaskan jenis oli atau pelumas yang sesuai kebutuhan kendaraan.

4. Periksa sertifikasi produk

Penting untuk memastikan apakah oli yang kita gunakan apakah sudah tersertifikasi resmi atau belum. Pasalnya, sertifikasi ini penting untuk menjamin keaslian produk. Jika menggunakan sembarang produk bisa merusak mesin dan biaya perbaikannya pun lebih mahal.

Gunakan Evalube, oli terbaik yang juga tersedia untuk seri mobil diesel. Evalube DEO HD, memiliki formulasi aditif yang bermutu tinggi yang dapat memberikan perlindungan yang tinggi terhadap keausan serta meningkatkan kebersihan mesin. Mudah didapatkan di bengkel terdekat dengan harga terjangkau dan kemampuan optimal merawat mesin mobil diesel Anda.