Memilih Oli Mesin Diesel yang Tepat untuk Mobil

By Administrator 28 Nov 2022
 

Mobil dengan jenis mesin diesel saat ini masih diminati oleh masyarakat. Mobil bermesin dengan suara khas tersebut tidak hanya digunakan sebagai kendaraan harian, tapi orang-orang yang mencintai kecepatan mulai melirik untuk melakukan modifikasi. Ya, di Indonesia tidak sedikit orang yang mulai memodifikasi performa dari mobil bermesin diesel.

Sejatinya, setiap mesin baik bensin maupun diesel membutuhkan sebuah pelumas yang berfungsi untuk melumasi komponen-komponen yang ada didalam mesin. Oli mesin untuk mobil bensin memiliki perbedaan dengan oli mesin untuk mobil diesel.

Ketika ingin mengganti oli, sebaiknya kita harus memilih oli mesin diesel yang tepat untuk mobil kita. Pastinya kita harus memilih sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan oleh pabrikan. Tidak hanya sampai disitu saja, tapi dalam intensitas penggantian oli mesin pun harus rutin agar komponen didalam mesin tetap terjaga.

Saat ini, hampir seluruh mesin diesel sudah dilengkapi dengan perangkat turbocharger. Salah satu tujuan dari penambahan turbo tersebut adalah untuk membuat konsumsi bbm lebih efisien dengan adanya bantuan dari gas buang. Selain itu dengan adanya turbo pada mesin diesel maka emisi gas buang pun jadi lebih baik.

 

Baca juga artikel lain tentang Oli Diesel disini:

 

Karena itu, kita sebagai pemilik mobil dengan mesin diesel khususnya mesin diesel modern harus memilih oli mesin diesel yang tepat untuk mobil kesayangan. Sejatinya untuk mobil diesel common rail menggunakan oli dengan SAE 5W-40.

Namun jika kalian memiliki mobil diesel lawas atau diesel yang belum dibekali teknologi common rail dengan tahun produksi lima tahun keatas atau dengan jarak tempuh lebih dari 70.000 km maka disarankan untuk menggunakan oli 15W-40. Tapi bagaimana dengan mobil diesel commonrail namun dengan jarak tempuh lebih dari 70.000 km? Apa harus ganti kekentalan oli? Jawabannya adalah tidak perlu. Karena mobil yang telah dibekali dengan teknologi common rail masih membutuhkan oli yang cukup encer.

Namun jika ingin lebih aman, kalian bisa mengikuti anjuran oli mesin diesel yang telah ditentukan oleh pabrikan. Umumnya setiap pabrikan mengeluarkan standar kekentalan oli yang harus dipenuhi oleh setiap produknya.