3 Bahaya Mengintai saat Oli Tercampur Air

By administrator 28 Sep 2020
 

Kondisi cuaca yang tak menentu memang cukup mengkhawatirkan, terlebih saat curah hujan turun terlalu tinggi. Tak jarang hujan ini menimbulkan genangan yang membuat pemilik kendaraan harus ekstra hati – hati saat berkendara, tak hanya untuk pengendara motor tetapi juga pengendara mobil.

Ketika mobil terendam banjir, besar kemungkinan komponen yang ada di dalam mesin bercampur dengan air dan ini juga bisa berpengaruh pada kondisi oli mobilmu. Oli yang sudah bercampur dengan air ini akan berpotensi menimbulkan kerusakan pada mesin sebab proses pelumasan akan terganggu. Lalu bagaimana cara melihat apakah oli mobil sudah bercampur dengan air atau belum? Kamu bisa langsung memeriksa warna oli mesin mobilmu, kalau oli sudah berubah menjadi keputihan itu berarti oli sudah bercampur dengan air.

Oli yang sudah bercampur air ini harus segera diganti dengan yang baru agar tidak merusak komponen penting pada mesin mobilmu.  Kalau terlalu lama dibiarkan, oli yang tercampur air akan menjadi berbahaya. Berikut tiga bahaya yang mengintai saat oli mobil sudah bercampur dengan air:

  1. Pelumasan Terganggu

Oli berfungsi untuk melumasi komponen mesin agar tidak saling bergesekan satu sama lain, sehingga mesin lebih awet. Tetapi saat oli bercampur dengan air maka proses pelumasan akan terganggu, walaupun oli memiliki sifat demulsifier yang bisa memisahkan diri dari air, tetapi tetap saja oli dan air ini berada pada wadah yang sama sehingga pelumasan akan tetap terganggu.

  1. Mesin Mudah Panas

Oli yang bercampur dengan air akan membuat kinerja mesin lebih berat karena pelumasannya terganggu, mesin yang harus bekerja ekstra ini juga akan membuat suhu mesin meningkat dan mesin mobil menjadi lebih cepat panas.

  1. Pengeroposan Mesin

Air mengandung sifat asam, terlebih air genangan yang terjadi akibat curah hujan cukup tinggi. Sifat asam ini bisa merusak komponen mesin dan menimbulkan karat yang lama – kelamaan akan membuat pengeroposan sehingga mesin lebih cepat rusak.

Memeriksa kondisi kendaraan setelah terendam banjir ini sangat penting, jangan sampai ada air yang masuk ke dalam mesin dan merusak komponen penting di dalam mesin mobilmu.