Lakukan Ini untuk Menjaga Kualitas Oli Mobil

By administrator 06 Feb 2020
 

Setiap komponen kendaraan bermotor seperti mobil membutuhkan oli untuk melumasi bagian – bagian yang penting agar terhindar dari gesekan yang menyebabkan kerusakan. Tetapi apakah kamu tahu fungsi lain dari oli mesin? Oli juga dapat menurunkan suhu di dalam mesin agar terhindar dari overheat, membersihkan kotoran yang ada di dalam mesin, serta menjaga kinerja mesin tetap bekerja maksimal. Untuk itu sangat penting menjaga kualitas oli mesin dengan melakukan beberapa hal seperti berikut ini:

  • Cek Kondisi Visual Oli

Oli mesin yang baik masih memiliki warna cokelat keemasan, dan ketika kamu melakukan perawatan mesin mobil dengan baik maka warna oli ini tidak akan berubah terlalu parah dan tetap terlihat kecokelatan. Tetapi ketika kamu menemukan oli sudah berubah warna terlalu jauh, berarti kamu harus segera mengganti oli tersebut.

  • Periksa Bau dan Tekstur Oli

Kamu juga dapat memeriksa bau dari oli yang digunakan, apabila oli sudah mengeluarkan bau seperti terbakar, segera laku kan pergantian oli. Begitu juga dengan tekstur oli mobilmu, ambil sedikit oli dan pegang dengan menggunakan jari, saat kamu merasa seperti berpasir, maka oli sudah harus diganti dengan yang baru.

  • Catat Waktu atau Jarak Perawatan

Penggantian dan perawatan oli mobil berbeda-beda, ada yang membutuhkan pergantian setiap 5.000 km, ada yang 10.000 km, bahkan ada pula yang mencapai 20.000 km. Untuk itu, ada baiknya kamu mencatat waktu serta jarak perawatan oli pada mobilmu, jangan sampai kamu lupa dan akhirnya mengganggu kinerja mesin mobil.

  • Cek Kekentalan Oli

Kekentalan setiap oli berbeda – beda untuk setiap mesin mobil, ada mesin yang membutuhkan oli sintetis, semi sintetis, atau oli konvensional. Pastikan kamu memilih oli dengan kekentalan yang sesuai dengan kebutuhan mobilmu.

Memeriksa kondisi oli secara langsung dapat membantu kamu merawat mesin mobil dengan baik agar terhindar dari kerusakan yang menyebabkan mobil kurang nyaman saat dikendarai.