Penggantian Oli Mesin Diesel, Berapa Lama Idealnya?

By Administrator 28 Nov 2022
 

Setiap kendaraan harus diganti pelumasnya secara berkala, termasuk dengan mobil bermesin diesel. Meskipun, mobil diesel terkenal dengan ketangguhannya, tapi tetap membutuhkan perawatan secara berkala.

Mobil bermesin diesel justru harus lebih diperhatikan perawatannya. Sebab, mobil bermesin diesel kerap digunakan untuk melewati medan yang berat.

Dalam pemakaian normal, mobil bermesin diesel sebaiknya diganti olinya setiap sudah menempuh jarak hingga 5.000 kilometer atau setiap 3 bulan. Tergantung mana yang dicapai lebih dulu.

Namun, jika mobil jarang digunakan atau hanya seminggu sekali dipakai untuk berkendara. Maka, penggantian oli mesin diesel perlu dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Selain dari usia pakai, interval penggantian oli mesin diesel juga dapat dilihat dari jam kerja oli mesin tersebut.
Tapi, itu khusus untuk mobil diesel yang digunakan sangat sering misal di pertambangan, di mana banyak yang mengandalkan hour meter. Sebab, mobilnya digunakan 24 jam, jadi penggantian oli bisa dilakukan setiap 2 minggu sekali.

 

Baca juga artikel lain terkait Oli Mesin Diesel disini:

 

Selain memperhatikan waktu penggantian oli, jenis oli mesin diesel juga perlu diketahui. Evalube adalah salah satu merek yang memiliki banyak pilihan oli mesin diesel, seperti Evalube Super Transco, Evalube DEO HD, dan Evalube Deo Tranz.

Oli mesin diesel keluaran Evalube juga memiliki banyak keuntungan, yakni memberikan perlindungan yang tinggi pada mesin dengan tingkat kestabilan oksidasi yang tinggi serta meminimalkan terjadinya jelaga (soot), tingkat kestabilan pada temperatur yang tinggi dan memiliki ketahanan terhadap oksidasi, dan unjuk kerja yang tinggi dengan jadwal penggantian oli yang panjang dengan nilai TBN yang tinggi sehingga efektif menetralkan asam.

Khusus untuk Evalube Deo Tranz, diproduksi khusus untuk mobil bermesin turbocharged, baik untuk kendaraan transportasi maupun alat-alat berat.