Tips Membeli Mobil Baru di Pameran, Jangan Sampai Lupa

By Administrator 01 Agu 2023
 

Mengunjungi pameran mobil biasanya jadi salah satu cara konsumen saat akan membeli mobil baru. Di pameran, akan ada banyak sekali mobil ditawarkan dengan beragam keunggulannya.

Biasanya, sales akan berlomba-lomba menawarkan produknya. Sebagai konsumen, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli mobil di pameran.

Berikut beberapa tips sebelum membeli mobil di pameran:

1. Cari tahu soal promo

Sebelum mengunjungi pameran, baiknya konsumen sudah mencari tahu promo apa saja yang ditawarkan dalam pameran tersebut. Dengan memahami promo, Anda bisa lebih membuat gambaran tentang berapa banyak budget yang harus dipersiapkan.

2. Pilih mobil sesuai kebutuhan

Tentu saja konsumen biasanya sudah tahu mobil apa yang sebenarnya diinginkan. Fokus pada mobil yang memang akan dibeli dan pilihlah mobil sesuai kebutuhan.

Dalam memilih mobil sesuai kebutuhan, bisa dilihat dari kebutuhan mobil untuk keperluan apa. Jika tujuannya untuk mobilitas keluarga yang memuat banyak barang atau untuk menempuh medan yang berat, maka bisa memilih mobil jenis Multi-purpose Vehicle (MPV) atau Sport Utility Vehicle (SUV).

Tetapi jika tujuannya untuk mobilitas sehari-hari atau menempuh jarak yang padat bisa memilih jenis city car yang lebih minimalis dan irit bahan bakar.

3. Kenali fitur dan teknologi

Anda perlu membandingkan antar merek atau brand untuk memilih mobil mana yang paling cocok untukmu. Beberapa yang bisa dijadikan perbandingan di antaranya fitur dan teknologi yang ditawarkan.

Tentu saja Anda harus memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan berkendara Anda. Cek juga di buku servis kira-kira berapa biaya perawatan yang dibutuhkan dari segala fitur dan teknologi yang ditawarkan, lalu sesuai dengan anggaran Anda.

4. Tidak impulsif

Ketika mengunjungi pameran, mungkin Anda akan tergoda dengan beberapa mobil yang ditawarkan. Tetapi, jangan sampai Anda impulsif membeli mobil yang tidak sesuai kebutuhan karena justru akan merugikan Anda nantinya.

Pikirkan dengan matang sebelum memutuskan membeli. Mengunjungi pameran tak berarti harus langsung membeli, pikirkanlah selama dua hari karena pameran biasanya berlangsung cukup lama.

5. Test drive

Lakukan test drive agar lebih yakin sebelum memutuskan membeli. Dengan test drive, Anda juga bisa merasakan nyaman atau tidaknya mobil tersebut saat dikendarai. Anda juga mengecek apakah kabin mobil terasa nyaman, apakah keluar masuk mobil terasa mudah atau tidak.

6. Sesuaikan anggaran

Paling penting adalah membeli mobil sesuai anggaran Anda. Bisa juga memilih untuk membeli mobil dengan cicilan. Jika demikian, jangan tergoda membeli mobil dengan DP rendah, karena cicilan bulanannya justru bisa memberatkan.

Selain itu, biaya perawatan mobil juga harus sudah diperhitungkan terlebih dahulu. Pasalnya, perawatan mobil tiap bulan juga cukup besar. Jika seluruh anggaran sudah dihitung, tinggal dipilih mana yang paling sesuai dengan kemampuan.