Asap Putih Keluar dari Knalpot Motor, Kenapa?

By Administrator 28 Nov 2022
 

Motor skutik dan motor 4-tak sangatlah tidak wajar jika mengeluarkan asap dari lubang knalpot saat mesin menyala. Keluarnya asap dari knalpot jadi salah satu indikasi untuk mengetahui kondisi mesin motor yang masih sehat.

Jika asap yang keluar berlebihan bisa dipastikan ada yang tidak beres pada sistem pembakaran. Dua jenis asap yang sering terlihat keluar dari knalpot berwarna hitam dan putih.

Asap hitam yang keluar dari knalpot disebabkan dari bahan bakar yang terlalu boros. Berbeda dengan asap putih, motor yang ngebul dengan mengeluarkan asap putih dikarenakan pelumas atau oli yang ikut terbakar.

Hal ini terjadi karena adanya kebocoran pada beberapa komponen yang aus. Seperti sil klep yang sudah mengeras atau sobek sehingga oli menyusup melalui bushing klep. Selanjutnya ring piston atau piston yang sudah aus sehingga oli masuk ke ruang bakar.

 

Baca juga artikel lain terkait permasalahan motor disini:

 

Penyebab lain ada pada blok silinder dan bos klep. Jika asap putih kerap keluar secara berlebihan sangat disarankan untuk periksa volume oli, jangan sampai kurang dari batas minimal.

Kurangnya pelumas di bagian cylinder head bisa menyebabkan rawan aus dan terkurasnya isi dompet saat melakukan perawatan motor. Langkah yang tepat saat knalpot mengeluarkan asap berlebihan yaitu segera lakukan turun mesin untuk memastikan komponen yang rusak.

Dan jangan lupa untuk mengingatkan mekanik untuk melakukan pembersihan ruang bakar, sehingga motor akan kembali normal dan performa akan tetap fit untuk digunakan riding sehari hari.

Untuk menghindari motor ngebul ketika motor sudah kembali normal adalah perhatikan pelumas atau oli yang kalian gunakan. Evalube memiliki banyak pilihan untuk motor kalian, seperti Evalube 4T Pro Racing, Evalube 4T Pro, Evalube Runner, Evalube Scootic HX, Evalube Scootic YX, Evalube 2T, Evalube Scootic MX, Evalube 2T Pro dan Evalube Scootic RX.

Selain penggunaan pelumas terbaik dari Evalube, tidak lupa juga untuk mengganti secara teratur. Waktu yang sangat disarankan yaitu 2 bulan sekali atau dengan hitungan jarak tempuh 1.500km. Dan tidak lupa juga untuk rutin melakukan perawatan pada motor secara berkala.