Oli Motor Bocor? Atasi dengan Cara Ini

By administrator 20 Mei 2020
 

Oli motor yang bocor memang menjadi risiko bagi pemilik kendaraan roda dua yang memiliki motor dengan usia pemakaian cukup lama. Seiring dengan lamanya pemakaian, packing oli di sepeda motormu juga akan mengalami kerusakan seperti timbulnya celah sehingga oli rembes atau bocor. Kamu sendiri pernah mengalaminya? Kalau iya, jangan khawatir karena kamu bisa mengatasi oli yang bocor dengan menggunakan cara ini:

  • Periksa Bagian yang Bocor

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa bagian yang bocor, kamu bisa melihat bagian yang ada gumpalan oli atau titik kebocoran yang menetes. Periksalah semua bagian packing oli agar titik kebocoran bisa kamu atasi semua.

  • Bersihkan dengan Sabun

Setelah titik – titik kebocoran sudah kamu temukan, kamu dapat segera membersihkannya dengan menggunakan sabun sampai noda yang menempel di titik kebocoran benar – benar bersih. Keringkan dengan menggunakan lap, kemudian diamkan sebentar sampai benar – benar kering.

  • Gunakan Sealer

Oleskan sealer secara merata, tak perlu terlalu tebal yang penting kebocoran bisa tertutup sempurna. Diamkan sealer selama beberapa menit antara 20 – 30 menit sampai menutup bagian yang berlubang. Agar hasilnya lebih maksimal, sebiknya kamu menggunakan sealer yang berkualitas baik.

Sebelum menggunakan cara ini untuk mengatasi kebocoran oli di motormu, sebaiknya kamu memastikan kalau mesin sudah dalam keadaan dingin. Saat kebocoran terus berulang dan berada pada titik yang sama, itu berarti kamu sudah harus segera mengganti komponen tersebut dengan yang baru karena sealer yang kamu gunakan sudah tidak bisa dipakai untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada packing.