3 Penyebab Oli Keluar dari Knalpot Sepeda Motor?

By administrator 03 Mei 2021
 

Sepeda motor yang sering digunakan memang membutuhkan perawatan agar tetap terasa nyaman saat dikendarai. Namun terkadang ada saja masalah yang timbul di sepeda motor. Salah satunya adalah oli yang keluar dari knalpot. Tapi sebenarnya apa penyebab oli keluar dari knalpot ini? Berikut tiga penyebab oli keluar dari knalpot sepeda motormu:

  1. Volume Oli Berlebih

Volume oli yang berlebihan di dalam tangki ini bisa membuat oli keluar dari knalpot sepeda motormu karena oli ini akan dibuang melalui saluran pembuangan. Untuk menghindari kondisi ini, sebaiknya kamu mengisi oli mesin sesuai dengan takaran yang berlaku. Bacalah buku panduan manual atau bertanya pada montir yang berpengalaman mengenai volume oli yang aman untuk sepeda motormu.

  1. Ring Piston Aus

Kondisi ring piston yang aus ini bisa membuat oli keluar dan akhirnya masuk ke dalam knalpot. Tak hanya itu, kerusakan ring piston juga bisa membuat tenaga di sepeda motormu berkurang. Jadi sebaiknya segera ganti ring piston dengan yang baru ketika kamu menemukan komponen ini sudah mengalami kerusakan.

  1. Filter Oli Kotor

Ada baiknya kamu mengganti filter oli setiap kali melakukan penggantian oli atau paling lambat setiap dua kali waktu penggantian, karena filter oli yang kotor bisa jadi penyebab kenapa oli keluar melalui knalpot. Agar terhindar dari masalah seperti ini, sebaiknya kamu memperhatikan waktu penggantian filter oli dan catat waktunya sebagai pengingat.

Kalau kebocoran oli di knalpot sepeda motormu masih terus berlanjut, ada baiknya kamu membawa sepeda motor ke bengkel agar ditangani langsung oleh montir yang berpengalaman.