Mengenal Mesin Diesel dan Oli Mesin Diesel Dari Evalube

By Administrator 14 Agu 2021
 

Mesin diesel adalah mesin untuk pembakaran internal dimana sumber pengapian dari bahan bakar dikarenakan oleh suhu tinggi dari udara di dalam silinder hasil dari kompresi mekanik; dengan demikian, disimpulkan secara teori bahwa mesin diesel merupakan mesin yang disebut untuk penyalaan kompresi.

Hal ini tentu jauh berbeda dengan mesin yang mengandalkan busi atau penyalaan dengan campuran udara dan bahan bakar, seperti mesin yang memanfaatkan bensin (gasoline engine) atau mesin dengan pemanfaatan gas (bahan bakar gas dengan memanfaatkan gas alam atau liquefied petroleum gas).

Cara kerja mesin diesel adalah ‘hanya’ dengan mengompresi udara. Karena hal tersebut mampu menaikan suhu udara yang ada di dalam silinder hingga menjadi demikian, dari situ bahan bakar diesel telah disuntikkan masuk ke ruang pembakaran yang kemudian menyala dengan spontan.

Dengan bahan bakar diesel yang disuntik masuk ke udara sebelum pembakaran, membuat dispersi bahan bakar menjadi tidak merata. Yang kemudian hal ini dinamakan campuran antara udara dan bahan bakar heterogen.

Torsi hasil dari mesin diesel dapat terkendali dengan memanipulasi rasio antara udara dengan bahan bakar. Bukan untuk membatasi udara yang masuk, mesin diesel berpatokan pada perubahan jumlah bahan bakar yang disuntik masuk dan rasio antara udara dengan bahan bakar yang biasanya tinggi.

Mesin diesel memiliki nilai efisiensi paling tinggi dari setiap mesin untuk pembakaran internal maupun eksternal, hal ini terkait tingkat rasio ekspansi yang cukup tinggi dan area pembakaran ramping yang melekat, hal itu memungkinkan untuk pembuangan udara panas yang berlebih..

Kehilangan tingkat efisiensi bahkan dalam jumlah kecil bisa dihindari ketimbang mesin bensin yang non-injeksi langsung karena bahan bakar semuanya habis terbakar selama tumpang tindih katup. Oleh karena itu tidak ada bahan bakar yang langsung mengarah dari injeksi ke ke knalpot.

Mesin diesel dapat dirancang untuk kebutuhan mesin 2-tak atau 4-tak. Dalam sejarahnya, mesin diesel hanyalah pengganti yang dianggap yang lebih efisien dari mesin uap stasioner. Sejak 1910-an, mesin diesel banyak digunakan di berbagai macam kapal. Pada 1930-an, mesin diesel mulai beranjak untuk kebutuhan mobil. Lalu sejak 1970-an, penggunaan mesin diesel mulai merambah ke kendaraan on road maupun off road.

Baca juga harga oli diesel mobil terbaru disini.

Sejak awal hadirnya mesin diesel untuk berbagai kebutuhan teknologi, kebutuhan pelumas untuk mesin diesel juga cukup tinggi.

Seiring dengan semakin meningkatnya harga BBM Pertamax, bukan tidak mungkin tren mobil akan beralih kembali ke mobil diesel. Dan Evalube secara inovatif sudah curi start untuk mengeluarkan produk khusus oli mesin diesel yang memiliki kualitas unggulan.

Dinamakan Evalube HD, pelumas mesin diesel bertipe single grade yang dirancang untuk mesin diesel non-common rail, dan direkomendasikan untuk bahan bakar diesel dengan sufur rendah atau tinggi.

Namun ternyata, produk ini juga bisa untuk teknologi direct injection dan mesin diesel t urbocharged, karena segmentasinya yang sama – sama menengah ke bawah.

Spesifikasi detail oli ini adalah API Service CF/CF-2/SF, ACEA dan MB 228.0, produk ini pun tersedia untuk 1 liter dan 5 liter. Dari spesifikasi itu bisa disimpulkan untuk mobil selayaknya Isuzu Panther cocok memakai oli ini.

Evalube HD pun menawarkan bandrol harga yang cukup terjangkau, dengan harga Rp 28,000 untuk yang 1 liter, dan kemasan 5 liter dengan harga Rp 120 ribu-an.