Terlalu Banyak Oli Bisa Merusak Sepeda Motor?

By administrator 22 Mar 2021
 

Mengganti oli secara rutin memang sangat disarankan karena oli yang sudah lama dipakai akan menurun kualitasnya dan tidak akan bisa bekerja maksimal. Namun mengganti oli ini juga tidak boleh sembarangan, kamu harus mengetahui kebutuhan sepeda motor.

Pastikan kamu memilih oli yang kekentalannya sesuai dengan mesin kendaraan, dan perhatikan juga jumlah oli yang kamu isi. Walaupun oli ini sangat penting, bukan berarti kamu bisa bebas memasukkan oli ke dalam tangki. Oli yang terlalu sedikit atau terlalu banyak ini bisa memberikan dampak yang buruk untuk sepeda motor.

Berikut ini beberapa dampak yang akan kamu rasakan saat mengisi oli terlalu banyak:

  • Overheat

Untuk sepeda motor yang menggunakan kopling basah, pengisian oli yang terlalu banyak ini akan sangat berpengaruh. Selain mesin menjadi lebih cepat panas atau overheat karena kinerjanya menjadi lebih berat, kelebihan oli juga membuat performa sepeda motor menurun sehingga terasa lebih berat saat dikendarai.

Sedangkan untuk sepeda motor yang menggunakan kopling kering, pengisian ol yang berlebihan ini tidak akan memberikan dampak yang terlalu mengganggu, hanya saja mesin menjadi lebih cepat panas.

  • Boros Bahan Bakar

Kinerja sepeda motor yang menjadi lebih berat ini akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Semakin berat kerja sepeda motor akibat kelebihan oli, maka akan semakin boros bahan bakar.

  • Menimbulkan Sumbatan

Oli yang terlalu banyak berpotensi menimbulkan sumbatan, seperti pada bagian filter dan akan mengganggu kinerja mesin karena terbatasnya aliran udara. Selain itu, sumbatan ini juga akan membuat tekanan di dalam mesin menjadi lebih besar sehingga berpotensi merusak seal dan akhirnya menimbulkan kebocoran oli.

Kalau sudah terlanjur memasukkan oli dengan jumlah yang terlalu banyak, kamu bisa mengatasinya sendiri tanpa perlu pergi ke bengkel. Kamu hanya perlu mengeluarkan sedikit oli sampai volumenya sesuai dengan kebutuhan sepeda motor, tetapi sebaiknya lakukan ini saat mesin masih dalam keadaan dingin.