Bahaya Merokok di Dalam Mobil, Jangan Disepelekan

By Administrator 31 Agu 2023
 

Merokok di dalam mobil masih saja dilakukan oleh perokok yang nekat meski tahu bisa berakibat buruk. Saat berkendara, konsentrasi harus penuh untuk itu segala kegiatan yang mengganggu konsentrasi termasuk merokok haruslah dihindari.

Sayangnya, masih saja ada orang yang merokok di dalam mobil. Bahkan, tak sedikit yang membiarkan abunya beterbangan di jalan yang berisiko melukai orang lain.

Meski kerap disepelekan oleh pelakunya, merokok di dalam mobil bisa berakibat fatal lho. Selain merugikan diri sendiri juga bisa merugikan orang lain.

Berikut beberapa bahaya merokok di dalam mobil:

1. Merusak interior mobil

Bara percikan api dari rokok bisa merusak interior mobil. Jok mobil bisa bolong jika terkena percikan api dan tentu saja bisa membuat penampilan interior mobil tak lagi apik.

Jika sudah demikian, harga mobil bisa turun jika ingin dijual. Selain itu, asap rokok juga bisa menempel pada interior mobil dan membekas pada headliner mobil.

2. Mengganggu pengguna motor di jalan

Asap dan abu yang dikeluarkan oleh perokok di mobil bisa membahayakan pengguna sepeda motor. Jika terkena mata bahkan bisa menyebabkan cedera hingga kebutaan.

Jadi, jangan menyepelekan merokok di mobil karena sangat berbahaya. Jika sampai menyebabkan cedera orang lain bisa berujung dituntut hukum.

3. Mobil jadi bau rokok

Asap dari rokok akan menyebar ke kabin sehingga penumpang di dalam mobil pasti merasakan bau asap. Bau ini bisa tertinggal dan sulit untuk dihilangkan. Tentu saja ini tidak sehat apalagi untuk anak kecil atau orang lanjut usia.

4. AC kotor hingga sarang penyakit

Merokok di dalam mobil akan mengotori filter AC. Akhirnya, udara yang berada di mobil akan bercampur dengan nikotin rokok yang berbahaya bagi kesehatan.

Jika sudah demikian, tentu saja bisa menyebabkan berbagai macam jenis penyakit terutama yang berhubungan dengan pernapasan hingga paru-paru.

5. Harga mobil turun

Banyak pembeli mobil yang enggan membeli mobil bekas perokok karena dari interiornya saja bisa dilihat apakah mobil tersebut biasa untuk merokok atau tidak. Kalaupun laku, harganya biasanya di bawah harga pasaran karena interiornya terdapat bekas digunakan untuk merokok.

Apabila ingin menghilangkan bekas merokok pada mobil pun membutuhkan biaya yang tak sedikit jika sudah ada kerusakan misalnya pada jok mobil. Untuk itu, sebaiknya menghindari merokok di dalam mobil karena memiliki risiko yang tidak main-main.

Itu dia beberapa bahaya merokok di dalam mobil yang harus diperhatikan oleh pengendara. Jangan sepelekan karena akibatnya bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.