Perhatikan Hal Ini untuk Penggunaan Oli Samping 2-tak

By Administrator 28 Nov 2022
 

Motor 2-tak dinyatakan punah oleh pabrikan motor. Dalam arti dengan adanya aturan pemerintah soal lingkungan membuat pabrikan tidak lagi memproduksi dan memasarkan motor 2-tak dan beralih ke 4-tak.

Hal ini justru membuat kemunculan motor – motor legendaris dari 4 pabrikan motor Jepang kian diburu oleh generasi muda. Bagi Anda yang baru terjun menjadi penikmat suara dan performa dari motor 2 tak tentunya harus mengetahui seputar penggunaan pelumas.

Motor 2-tak memiliki kebutuhan pelumas pada mesin atau lebih tepatnya girboks. Dan oli samping yang berfungsi melumasi piston, dinding silinder, kruk as, dan setang seher.

Oli samping menjadi bagian yang sangat penting, bahkan pengguna motor 2 tak mengharamkan jika oli samping habis. Dampaknya bisa membuat komponen pada mesin akan macet dan rusak.

Untuk pemilihan oli samping tentunya dilihat dari spesifikasi pada kemasan, seperti halnya pada oli Evalube Pro Synthetic LS. Pelumas ini sudah memenuhi standar API TC/JASO FC.

 

Baca juga artikel lain terkait Oli Samping disini:

 

Evalube 2T Pro Synthetic LS adalah minyak pelumas yang diformulasi dari bahan yang berkualitas tinggi dengan aditif detergen dan dispersan yang mengandung PIB (Polyisobutylene) yang memperkecil kadar asap (Low Smoke).

Pelumas ini sangat direkomendasikan untuk mesin 2 tak dengan berpendingin udara seperti motor Suzuki, Yamaha, Vespa, Kawasaki dan lain lain.

Sementara untuk takaran oli samping dalam kondisi motor standar, Anda bisa melihatnya dari selang yang mengarah ke karburator dari tabung oli samping. Dalam kondisi stasioner ideal oli akan menetes setiap 10 detik. Jika dirasa kurang bisa diatur sesuai kebutuhan.

Dan untuk motor 2 tak yang sudah menggunakan sistem campur ke tangki bensin bisa menggunakan 25cc oli samping di setiap 1 liter bensin standar. Untuk setiap takaran oli samping di motor 2-tak memang berbeda sesuai karakter dari motor yang digunakan.

Namun yang harus jadi perhatian, ketika Anda berlebihan dalam menggunakan oli samping maka dipastikan mesin akan terasa berat dan gampang panas. Kondisi ini bisa kalian lihat dari busi yang terlalu basah.