Punya Oli Sisa di Rumah? Ini Cara Benar Menyimpan Oli

By administrator 08 Jun 2021
 

Melakukan perawatan pada mobil ini sangat penting dilakukan agar mobil tetap terasa nyaman dikendarai dan mesin menjadi lebih awet. Tak hanya servis berkala, kamu juga harus mengganti oli mesin mobil secara rutin setiap pemakaian mobil sudah mencapai 10.000 km.

Mengganti oli mesin ini juga cukup mudah dan bisa kamu lakukan sendiri, akhirnya banyak diantara kamu yang menyimpan sisa oli yang sudah digunakan ataupun oli yang belum dipakai ini di rumah. Ternyata menyimpan oli ini tidak boleh dilakukan sembarangan agar kualitasnya tetap terjaga, berikut cara benar menyimpan oli di rumah:

  1. Tutup Rapat

Sebelum menyimpan sisa oli yang sudah digunakan ini sebaiknya kamu menutup rapat botolnya agar terhindar dari air atau debuĀ  yang bisa merusak kualitas oli mesin. Oli mesin yang sudah terkontaminasi air atau debu ini tidak bisa kamu gunakan lagi karena bisa membahayakan mesin mobilmu.

  1. Simpan pada Tempat Khusus

Penyimpanan sisa oli mesin ini juga harus kamu perhatikan, sebaiknya kamu memberikan tempat khusus untuk menyimpan sisa oli. Hindari tempat yang terkena panas matahari langsung, berdebu, ataupun lembab agar tidak merusak kualitas oli mesin. Suhu ruangan tempat penyimpanan sisa oli ini juga harus diperhatikan, tidak boleh terlalu panas ataupun terlalu dingin.

  1. Beri Alas

Menyimpan oli ini juga tidak boleh di letakan langsung di atas lantai karena bisa merusak kualitasnya. Untuk itu kamu bisa menggunakan rak penyimpanan atau menggunakan papan kayu yang cukup tebal di atas lantai agar oli tidak bersentuhan dengan lantai.

  1. Beri Tanda

Memberi tanda pada sisa oli yang disimpan ini perlu untuk kamu lakukan agar kamu tidak lupa kapan tanggal pembelian serta penyimpanan oli. Hal ini untuk menghindari kamu menggunakan oli yang sudah terlalu lama didiamkan, karena sisa oli yang sudah terlalu lama disimpan sebaiknya tidak kamu gunakan lagi.

Menyimpan sisa oli mesin dengan cara yang benar bisa menjaga kualitas oli mesin, dan jangan lupa juga untuk memeriksa kualitas oli yang kamu simpan secara rutin.