Cek Kerusakan Mobil dari Warna Asap Knalpot

By administrator 19 Okt 2020
 

Asap yang keluar terlalu banyak dari knalpot kendaraan bermotor seperti mobil memang perlu diperhatikan, sebab mobil yang dalam keadaan sehat tidak akan mengeluarkan asap berlebihan. Asap yang keluar ini menandakan terjadinya masalah pada mesin mobil, dan kerusakan yang terjadi bisa dilihat melalui warna asap yang keluar dari knalpot mobilmu.

Untuk itu, sangat penting mengetahui arti warna asap yang keluar dari knalpot kendaraan bermotor. Berikut ini beberapa arti warna asap knalpot mobil yang menandakan terjadinya kerusakan:

  • Asap Putih

Asap putih yang keluar dari knalpot mobil memang sering sekali terjadi, tetapi jika asap yang keluar terlihat sedikit itu berarti sistem pembakaran masih dalam keadaan baik. Namun saat kamu menemukan asap putih tebal, ini menandakan adanya masalah pada sistem pembakaran di dalam mesin seperti masuknya oli ke dalam ruang pembakaran.

  • Asap Hitam

Asap hitam yang keluar dari knalpot mobilmu juga menandakan adanya masalah pada sistem pembakaran bahan bakar. Penyebabnya cukup banyak, seperti filter udara yang kotor, kebocoran kompresi, busi, dan juga karburator. Saat kamu melihat asap hitam keluar dari knalpot, sebaiknya segera bawa mobilmu ke bengkel untuk diperbaiki. Sebab jika dibiarkan terlalu lama, kondisi ini akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar dan tak menutup kemungkinan mobil akan mengalami kerusakan yang lebih parah.

  • Asap Abu – abu

Pada mobil yang bertransmisi otomatis, saat ada kerusakan pada oli transmisi, knalpot akan memberikan sinyal dengan mengeluarkan asap berwarna abu – abu. Oli transmisi yang rembes atau terlalu penuh bisa menjadi penyebab keluarnya asap abu – abu ini dari knalpot.

Sedangkan pada mobil yang bertransmisi manual, asap abu – abu ini menunjukkan adanya masalah pada katup PVC atau positive crankcase ventilation. Saat katup ini mengalami kerusakan, maka gas dan uap yang masuk tidak dapat terkontrol.

  • Asap Kebiruan

Asap kebiruan yang keluar dari knalpot mobilmu ini menandakan adanya oli yang ikut terbakar. Penyebabnya karena ada kerusakan pada blown gasket atau gasket yang ada diantara blok mesin dan silinder head, serta kondisi ring piston yang sudah aus juga bisa membuat oli rembes dan menyebabkan oli ikut terbakar.

Demi kenyamanan serta keamanan saat berkendara menggunakan mobil, ada baiknya kamu segera membawa mobil ke bengkel ketika menemukan knalpot mengeluarkan asap.