Penyebab Oli Rembes pada Sepeda Motor

By administrator 05 Okt 2020
 

Oli punya peranan yang sangat penting pada sepeda motor karena oli mampu melumasi mesin agar semua komponen di dalamnya tidak saling bergesekan satu sama lain dan mesin menjadi lebih awet. Selain melakukan servis rutin untuk menjaga performa sepeda motor, kamu juga harus melakukan penggantian oli secara rutin.

Seiring masa pemakaiannya, kualitas oli akan menurun dan itu berdampak pada kemampuan oli dalam melindungi mesin. Selain itu oli juga rentan mengalami rembes terutama pada sepeda motor yang sudah berusia tua, tapi tak menutup kemungkinan oli rembes ini terjadi pada sepeda motor keluaran baru.

Oli yang rembes ini memang perlu diperhatikan, jika dibiarkan terlalu lama oli akan habis dan bisa mempengaruhi kinerja sepeda motor. Lalu sebenarnya apa yang menyebabkan oli rembes dan keluar dari mesin? Berikut ini beberapa penyebab ditemukannya rembesan oli pada sepeda motormu:

  • Kerusakan Packing

Packing pada sepeda motor berfungsi untuk mencegah oli rembes dan masuk ke ruang pembakaran. Seiring masa pemakaian sepeda motor, kualitas packing ini akan berkurang serta rentan mengalami kerusakan.

Saat packing rusak, maka oli akan lebih mudah rembes dan mengganggu kinerja mesin. Selain mengurangi volume oli, kerusakan packing ini juga bisa membuat mesin lebih cepat panas dan kerusakan mesin akibat kekurangan oli.

  • Kerusakan Seal

Seal juga rentan mengalami kerusakan, terlebih saat sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama. Seal yang terbuat dari karet ini akan mengeras ketika terkena suhu panas terus – menerus, dan akhirnya lebih mudah retak. Saat seal getas, oli lebih mudah rembes dan akhirnya volume oli di dalam mesin berkurang yang berakibat pada penurunan performa sepeda motor.

Oli mesin yang rembes memang harus segera diperbaiki karena akan berdampak pada kenyamananmu saat berkendara di jalan raya.