Evalube

Daftar Harga Oli Diesel Mobil Terbaru November 2021

Daftar Harga Oli Diesel Mobil Evalube November 2021

Oli Harga Volume
Evalube HD SAE 40 API CF 1L Rp.40.500 1 liter
Evalube Super Transco SAE 15w-40 API CI4 SL 1L Rp.45.000 1 liter
Evalube Deo Tranz SAE 40 API CD Rp.149.300 1 liter
Evalube HD SAE 40 API CF 5L Rp.178.400 5 liter
Evalube Super Transco SAE 15w-40 API CI4 SL 5L Rp.220.000 5 liter

Update: 05 November 2021, sumber: Evalube.com

Evalube memiliki 5 varian produk oli mobil diesel, harganya tergolong murah jika dilihat dari kualitasnya, harga mulai dari Rp.40.500 per liter.

Daftar Harga Oli Diesel Mobil Merk Lain November 2021

Merk Oli Harga Volume
Mobil Delvac MX SAE 15w-40 Rp.56.000 1 liter
Motul TRD Sport Engine Oil 5w-40 Rp.109.000 1 liter
TMO Gold Engine Oil SAE 5w-30 Rp.255.000 4 liter
Shell Rimula R4x SAE 15w-40 Rp.370.000 7 liter
Pertamina Meditran SX Rp.374.990 10 liter

Update: 05 November 2021, sumber: tokopedia.com

Disclaimer: Table harga diatas didapat dari seller penjual oli di marketplace, harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa informasi.



Pengertian Mobil Diesel

Mobil diesel merupakan mobil yang bahan bakarnya menggunakan diesel seperti solar. Mobil yang menggunakan mesin diesel ini memanfaatkan panas kompresi untuk menyalakan mesin menggunakan bahan bakar yang telah diinjeksikan ke dalam ruang bakar.

Perbedaan Mesin Diesel Dengan Mesin Bensin

Mesin diesel tentu saja memiliki perbedaan dengan mesin bensin. Perbedaannya dikategorikan menjadi beberapa bagian, yaitu:

  • Bahan bakar yang digunakan
    Perbedaan yang paling signifikan antara mesin diesel dan mesin bensin adalah bahan bakar yang digunakan. Mesin bensin menggunakan bahan bakar bensin atau gasoline, sedangkan mesin diesel menggunakan bahan bakar diesel seperti solar.
  • Performa mesin
    Perbedaan lainnya terlihat pada performa mesin. Mesin diesel biasa dipakai pada truk dan bus yang memiliki beban yang berat dan jarak tempuh yang beragam. Sedangkan mesin bensin memiliki keunggulan dalam hal akselerasi dan responsibilitas.
  • Harga mesin
    Dari segi harga, kedua jenis mesin ini pun memiliki perbedaan. Mobil diesel memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan mobil bensin. Hal ini karena material diesel memiliki kekuatan yang lebih tinggi serta kualitas material yang kuat.
  • Perawatan mesin
    Dalam hal perawatan, mesin bensin lebih mudah dibandingkan dengan mesin diesel. Mesin diesel membutuhkan perawatan yang ekstra karena cara kerja mesinnya juga lebih ekstra.
  • Keiritan bahan bakar
    Dalam hal keiritan bahan bakar, mesin bensin ternyata lebih boros dibandingkan dengan mesin diesel. Mesin diesel dapat menggunakan bahan bakar yang sangat minum untuk menghasilkan tenaga yang besar.
  • Keamanan
    Mesin diesel saat ini telah dilengkapi dengan teknologi canggih dengan sistem kelistrikan yang memadai sehingga akan terjangan banjir. Sedangkan pada mesin bensin, terdapat busi, aki, ECU, dan komponen listrik yang cukup banyak sehingga jika kemasukan air akan mudah terbakar.

 

Kelebihan & Kekurangan Mesin Diesel

Kelebihan mobil diesel, diantaranya:

  • Lebih irit
    Mesin diesel dikenal lebih hemat dalam penggunaan bahan bakarnya yaitu sekitar 25-30% dengan performa yang setara dengan mesin bensin.
  • Lebih efisien
    Mesin diesel memiliki kandungan energi yang sangat besar pada setiap tetesnya sehingga mesin diesel lebih efisien dan memberikan konsumsi bahan bakar yang lebih baik.
  • Memiliki torsi yang lebih baik
    Mesin diesel mampu memberikan tarikan yang lebih baik saat berakselerasi. Selain itu mesin diesel juga memiliki kemampuan menarik yang lebih besar.
  • Lebih ramah lingkungan
    Saat ini, mesin diesel dilengkapi dengan sistem kontrol emisi yang berfungsi untuk mengurangi polusi gas buang sehingga lebih ramah terhadap lingkungan.
  • Tidak memiliki busi
    Mesin diesel tidak memiliki busi atau distributor sehingga tidak membutuhkan ignition tune up seperti mesin bensin. Meskipun demikian, mesin diesel juga tetap membutuhkan perawatan berkala seperti ganti oli atau filter.
  • Mesinnya lebih awet dan tahan lama
    Mesin diesel memiliki daya tahan yang lebih kuat dibandingkan dengan mesin bensin.


Kekurangan mobil diesel di antaranya:

  • Harganya lebih mahal
    Mesin diesel memiliki bahan yang lebih kuat dan memiliki rasio kompresi yang lebih tinggi.
  • Suara dan getaran mesin lebih terasa
    Suara pada mesin diesel lebih kasar dan mengganggu dan getaran yang dihasilkan lebih terasa.
  • Daya pacunya lebih lambat
    Dibandingkan dengan mesin bensin, mesin diesel ini memiliki daya pacu yang lebih lambat. Hal ini karena bobot mesin diesel lebih berat.

 

Komponen Penting Mesin Diesel

Mesin diesel memiliki komponen utama dalam mesinnya, yaitu :

  • Cylinder block assembly atau blok silinder
    Komponen ini merupakan komponen primer untuk meletakkan engine compartment yang mendukung proses kerja mesin.
  • Cylinder dead assembly
    Komponen ini terletak pada bagian atas mesin yang terbuat dari material tuang. Saat ini sebagian besar head cylinder berbahan alumunium karena lebih ringan dan kuat.
  • Piston dan connecting rod
    Piston atau torak berfungsi untuk mengatur volume di dalam silinder sedangkan connecting rod berfungsi untuk meneruskan gerakan naik turun piston menuju flywheel.
  • Crankshaft atau poros engkol
    Komponen ini terbuat dari besi tuang yang digunakan untuk mengubah gera naik turun piston menjadi gerakan berputar.
  • Timing chain assembly
    Timing chain berfungsi untuk menghubungkan putaran engkol dan camshaft dengan sudut tertentu.
  • Oil pan
    Carter atau oli pan ini adalah tempat khusus untuk menampung oli pada mesin diesel.
  • Fly wheel
    Komponen ini berfungsi untuk mengeimbangkan putaran mesin, menyimpan tors, menyalakan mesin, dan dapat menyeimbangkan putaran mesin.
  • Fuel system assembly
    Komponen ini terdiri dari tangki hingga injector yang berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar ke dalam ruang bahan bakar.



 

Cara Kerja Mekanik Mesin Diesel

Berikut adalah cara kerja mekanik mesin diesel :

  • Tahap isap
    Pada tahap awal, piston akan bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB)
  • Tahap kompresi
    Piston akan bergerak dari TMB menuju TMA untuk menciptakan kompresi katup isap dan katup buang tertutup rapat.
  • Tahap usaha
    Saat piston berada di TMA dan tekanan udara berada di titik tertinggi, maka solar akan disemprotkan dari injektor ke ruang bakar.
  • Tahap pembuangan
    Pada proses ini, piston akan bergerak dari TMB menuju TMA dalam kondisi terbukanya katup buang dengan membuang gas sisa pembakaran.

 

Penemu Mesin Diesel

Penemu mesin diesel pertama kali adalah Rudolf Christian Karl Diesel atau yang lebih dikenal dengan Rudolf Diesel. Ia adalah seorang insinyur yang berkebangsaan Jerman yang lahir di Paris, Prancis pada tahun 1858.

Seiring dengan berjalannya waktu, Diesel terlatih menjadi insinyur mesin di Munich Polytechnikum dan menjadi lulusan terbaik pembelajaran Thermodynamics di Carl von Linde. Kemudian Rudolf Diesel termotivasi melakukan penelitian untuk mengetahui cara mengefisiensi penggunaan bahan bakar pada mesin yang diujikan pada Agustus 1893.

Mesin silinder dengan stroke 16 inch menjadi bukti pertama bahwa ia berhasil menciptakan mesin yang layak digunakan. Pada penelitiannya, Diesel merancang sebuah mesin yang bahan bakarnya disemprot dalam ruang kompresi. Kemudian mesin ini dikenal sebagai mesin diesel. Mesin yang diciptakan Rudolf Diesel menggunakan minyak sisa yang berasal dari proses penyaringan bensin sehingga memiliki tingkat efisiensi yang tinggi.

Ia pun terus mengembangkan mesin yang dibuatnya hingga berhasil menerima paten untuk internal combustion engine pada tahun 1892. Pencapaiannya kali itu dituangkan dalam sebuah karya berjudul Theorie und Konstruktion Eines rationellen Wäre Motors” (Theory and Construction of a Rational Head Motor).
 

Cara Kerja Mesin Diesel  Beroperasi

Source video dari Youtube Lesics Indonesia
 

Daftar Mobil Bermesin Diesel

Daftar mobil yang menggunakan mesin diesel, diantaranya:

  • Mitsubishi Pajero Sport
    Mitsubishi merilis mobil berjenis SUV terbarunya yaitu New Pajero Sport. Mobil ini memiliki mesin diesel 4N15 2,4L MIVEC dengan Turbocharged dan Intercooled yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 181PS pada 3500 rpm.
  • Toyota Fortuner
    Mobil diesel selanjutnya adalah Toyota Fortuner.
    Mobil ini memiliki mesin diesel dengan kapasitas 2,7L Dual VVT-I bensin dan 2.4L 2GD-FTV yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 150 hp.
  • Mitsubishi Triton
    Mitsubishi Triton juga termasuk salah satu mobil diesel. Triton dibekali mesin 4N15 DI MIVEC DOHC 16 Valve in Line 4 silinder ini mengeluarkan tenaga 133 tk pada 3.500 rpm dan torsi 430 Nm pada 2.500 rpm.
  • Toyota Land Cruiser
    Mobil berjenis SUV ini  memiliki mesin diesel dengan tenaga 4461 cc, Inline 8 Cylinder 4 Valve DOHC yang akan memberikan kenyamanan dan performa terbaik di kelasnya. Maka tak heran jika mobil ini termasuk mobil yang irit.
  • Isuzu MU-X
    Mobil diesel yang paling irit selanjutnya yaitu Isuzu MU-X. Mesin ini dibekali 4JK1-TC Hi Power dengan 4 silinder serta common rail diesel direct injection.

 

Tips Merawat Mesin Diesel

Beberapa tips merawat mesin diesel, diantaranya:

  • Menggunakan bahan bakar sesuai anjuran
    Hal ini salah satu cara untuk merawat mesin diesel agar bertahan lama.
    Anda bisa menggunakan bahan bakar berkualitas seperti solar yang memiliki kadar Cetane Number (CN) tinggi atau kandungan sulfur yang lebih rendah.
  • Pastikan filter udara selalu bersih
    Agar mesin diesel awet dan tetap tahan lama, maka Anda juga perlu memastikan filter udaranya selalu bersih.
  • Mengganti filter bahan bakar secara berkala
    Penggantian filter bahan bakar juga perlu dilakukan secara berkala agar proses pembakaran tetap berjalan lancar.
  • Panasi mobil sebelum digunakan
    Untuk menjaga mesin diesel pada kendaraan Anda lebih awet, maka Anda juga perlu panaskan kendaraan terlebih dahulu sebelum digunakan selama 5-10 menit.
  • Rutin ganti pelumas mesin secara berkala
    Selain perlu menggunakan oli diesel yang tepat, mesin diesel juga perlu mengganti oli secara berkala.

 

Mesin Diesel Memerlukan Oli

Tak hanya mesin bensin yang membutuhkan oli, mesin diesel juga memerlukan oli sebagai pelumas mesin kendaraan Anda. Baik oli diesel maupun oli bermesin bensin sebenarnya memiliki fungsi yang sama dalam penggunaannya, akan tetapi keduanya tetap memiliki perbedaan.

Oli mesin diesel memiliki kekentalan yang tinggi dan kandungan detergen yang lebih banyak dibandingkan oli mesin sehingga mampu bertahan pada suhu mesin yang tinggi.
 

Manfaat Oli bagi Mesin Diesel

Manfaat oli mesin dalam sebuah kendaraan tentu sangatlah penting.
Berikut adalah manfaat oli untuk mesin diesel :

  • Melumasi komponen mesin
    Manfaat oli bagi mesin diesel yang pertama adalah untuk melumasi komponen mesin.
  • Mendinginkan mesin
    Oli diesel dapat menyerap panas yang terjadi pada pergeseran piston dan dinding silinder yang bertumpu pada shaft yang berputar dengan baik.
  • Membersihkan bagian-bagian mesin
    Penggunaan oli dapat membersihkan debu maupun kotoran yang dihasilkan oleh pembakaran yang tidak sempurna.
  • Merekatkan saat proses kompresi
    Pelumas diesel yang mengalir di celah-celah cylinder liner, piston, dan piston ring akan mencegah kebocoran saat proses kompresi karena oli diesel ini dapat merapatkan dengan baik.

 

Standar SAE Oli Untuk Mesin Diesel

Kode yang biasanya tertera pada kemasan oli adalah SAE, seperti SAE 10W – 30 SJ Jaso MA dan SAE 15W -50 API SJ. Lalu apakah yang dimaksud dengan SAE?
SAE (Society of Automotive Engineer) merupakan asosiasi yang meluncurkan standar produk otomotif termasuk mesin diesel. Angka di belakang tulisan SAE tersebut menunjukkan nilai kekentalan oli sehingga semakin tinggi nilainya maka semakin tinggi tingkat kekentalannya.

Berikut adalah kode oli diesel SAE yang sering digunakan :

  • SAE 5W-30
    Kode ini biasanya digunakan pada mesin mobil diesel. Oli mobil diesel ini juga bisa digunakan pada mobil bensin.
  • SAE 5W-40
    Kode ini cocok untuk mobil diesel dengan teknologi common rail.
  • SAE 15W-40
    Kode ini biasanya digunakan pada oli mobil diesel yang sudah berusia lebih dari 5 tahun dengan memiliki jarak tempuh lebih dari 70.000 km.

 

Volume Oli yang Dibutuhkan Mesin Diesel

Untuk mengoptimalkan kinerja mesin diesel, maka diperlukan penggunaan oli mobil diesel yang sesuai dengan takaran. Jika volume oli yang dimasukkan ke dalam mesin kendaraan sembarangan maka justru akan menyebabkan dampak negatif pada kinerja mesin.

Volume oli mesin diesel yang berlebihan tentunya akan menimbulkan masalah distribusi oli pada seluruh komponen mesin. Sedangkan jika kekurangan oli, maka mesin juga akan lebih mudah panas, tidak bisa bekerja dengan baik, suara mesin akan menjadi lebih kasar, hingga menyebabkan kerusakan yang parah.
 

Pertanda Harus Mengganti Oli Mesin Diesel

  • Asap knalpot kendaraan mulai berwarna hitam pekat
    Tanda yang paling terlihat saat kendaraan Anda mulai butuh ganti oli adalah asap knalpot mulai berwarna gelap.
  • Oli berwarna hitam dan keruh
    Jika oli sudah berwarna hitam dan jumlah oli sudah mendekati batas bawah dipstick, maka Anda perlu segera mengganti oli Anda.
  • Suara mesin mulai kasar
    Jika kualitas oli diesel Anda mulai menurun maka hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja oli sehingga saat Anda menyalakan mesin maka akan timbul suara yang kasar dan berisik.
  • Lampu indikator oli menyala
    Jika Anda melihat lampu indikator oli diesel Anda menyala maka bisa jadi ada masalah dengan oli Anda, seperti oli yang perlu diganti.
  • Mesin kendaraan kurang responsif
    Jika performa oli semakin menurun, maka hal ini juga berpengaruh terhadap kondisi mesin diesel Anda.

 

Efek Tidak Rutin Mengganti Oli Diesel

Berikut ini adalah dampak negatif jika lalai mengganti oli mesin diesel berkala, yaitu:

  • Suara dan getaran mesin semakin terasa
    Akibat tidak rutin mengganti oli, maka hal yang paling terasa adalah suara dan getaran mesin.
  • Komponen mesin lebih cepat rusak
    Saat Anda tidak rutin mengganti oli diesel maka komponen dalam mesin akan saling bergesekan dan aus.
  • Mesin menjadi cepat panas
    Dampak lain akibat tidak mengganti oli diesel secara berkala adalah mesin menjadi cepat panas.
  • Bahan bakar menjadi boros
    Saat Anda tidak mengganti oli mesin secara rutin, maka bahan bakar akan lebih boros.
  • Tenaga mesin akan berkurang
    Saat oli mesin sudah mulai butuh diganti, maka hal yang terasa adalah tenaga mesin semakin berkurang yang disebabkan oleh temperatur kendaraan yang naik.

 

Merk Oli Diesel yang Ada di Pasaran

Berikut ini adalah daftar merk oli gardan yang ada di pasaran, yaitu:

  • Evalube Deo Tranz (SAE 40)
  • Evalube HD (SAE 40)
  • Evalube Super Transco (SAE 15W-40)
  • Shell Rimula R4 15w-40
  • Pertamina Meditran S
  • Pertamina Meditran SX
  • Toyota TMO SAE 5W30 A5 B5
  • Mobil Delvac 1 Esp 5w-30
  • Valvoline 15w-40

 

Evalube Produsen Oli Diesel Terbaik

Evalube sebagai produsen pelumas mesin ternama memiliki 3 varian oli untuk mobil bermesin diesel, yaitu:

  • Evalube Deo Tranz (SAE 40)
  • Evalube Deo Tranz adalah pelumas yang khusus digunakan untuk mesin yang memiliki turbo-charged, baik untuk kendaraan transportasi maupun alat-alat berat.

    Keunggulan yang dimiliki pelumas ini adalah mampu memberikan perlindungan tinggi pada mesin yang tingkat kestabilan oksidasinya tinggi, meminimalkan terjadinya jelaga, memiliki tingkat kestabilan pada temperatur tinggi, memiliki ketahanan terhadap oksidasi, serta nilai TBN yang tinggi sehingga aktif dalam menetralkan asam.

  • Evalube HD (SAE 40)
  • Evalube DEO HD merupakan pelumas yang dibuat dengan mutu tinggi sehingga cocok untuk mesin diesel berat, angkutan umum, serta mesin stasioner yang dilengkapi dengan turbo changed.

    Keunggulan yang dimiliki oleh pelumas ini adalah nilai TBN tinggi yang dapat menetralkan asam, memberikan perlindungan ekstra terhadap mesin yang memiliki kestabilan oksidasi tinggi, serta mampu meminimalkan terjadinya jelaga.

  • Evalube Super Transco (SAE 15W-40)
  • Evalube Super Transco merupakan pelumas Evalube yang memiliki multigrade berteknologi baru dengan API CI-4/SL serta sesuai dengan tingkat kemampuan ACES E5-02.

    Keunggulan oli ini adalah memiliki nilai TBN yang tinggi, memberikan perlindungan yang efektif terhadap keausan, mencegah pengentalan pelumas akibat kontaminasi jelaga, memiliki tingkat stabilitas yang tinggi terhadap panas dan oksidasi, serta dapat digunakan pada kendaraan mesin diesel maupun mesin bensin.

    Yuk, beli oli mesin diesel terbaik dari Evalube sekarang juga!