Ini Penyebab Tekanan Oli Rendah di Mobil Diesel

By administrator 19 Apr 2021
 

Melihat lampu indikator tekanan oli rendah pada dashboard mobil menyala memang terkadang bisa membuat kita panik. Bagaimana tidak, ini menjadi pertanda bahwa mobil mengalami masalah atau bahkan kerusakan.

Tak hanya untuk mobil bensin, kondisi seperti ini juga bisa dialami mobil diesel. Lalu apa saja penyebab tekanan oli rendah terjadi di mobil diesel?

1. Jumlah Oli Berkurang
Jumlah oli yang berkurang bisa membuat lampu indikator tekanan oli rendah menyala pada mobil diesel. Sebaiknya kamu memeriksa bagian bak oli dan pastikan bahwa jumlah oli di dalamnya masih cukup untuk didistribusikan ke seluruh komponen mesin.

2. Kerusakan Pompa Oli
Masa pemakaian yang cukup lama bisa membuat adanya kerusakan pada pompa oli. Pompa oli yang tidak berfungsi dengan baik ini bisa membuat tekanan oli berkurang. Untuk memeriksa bagian ini, kamu bisa membawa mobil diesel ke bengkel terdekat agar segera dilakukan perbaikan pompa oli sebelum kerusakannya menyebar.

3. Bantalan yang Bergeser
Bantalan mesin yang bergeser akan membuat jaraknya terlalu berlebihan, kondisi ini juga bisa mempengaruhi tekanan oli menjadi lebih rendah. Periksalah bagian ini dan ganti komponen yang rusak sesegera mungkin karena jika dibiarkan, tekanan oli rendah ini bisa menimbulkan kerusakan yang lebih berat lagi.

4. Oli Terkontaminasi
Oli yang terkontaminasi bahan bakar atau cairan pendingin ini bisa membuat tekanan oli menjadi rendah. Cairan lain yang ada di dalam oli ini akan membuat oli naik dan akhirnya rembes melalui beberapa saluran. Kondisi ini akan membuat volume oli di dalam bak semakin berkurang, untuk itu segera ganti oli dengan yang baru saat oli terkontaminasi zat lain. Jangan lupa juga mengganti filter oli agar tidak ada sisa oli yang bercampur dengan oli baru.

Cek juga disini berapa harga oli mesin diesel mobil terupdate?

Tekanan oli yang rendah pada penggunaan pelumas mobil diesel juga sama bahayanya dengan mobil bensin, untuk itu
jangan sampai kamu mengabaikannya ketika melihat lampu indikator ini menyala.