Waspadai Air Masuk Ke Oli Gardan Saat Mobil Terendam Banjir

By Administrator 10 Sep 2021
 

Gardan dalam dunia otomotif utamanya mobil, tentu bisa menjadi pembeda. Pembeda yang dimaksud adalah perbedaan putaran ban saat belok ke kiri maupun ke kanan. Gardan merupakan salah satu komponen mobil yang berfungsi sebagai penerus tenaga mesin menuju poros roda yang melewati transmisi dan juga propeller shaft. Adanya putaran roda juga karena hasil dari proses di ruang pembakaran. Proses pembakaran ini juga yang bisa membuat piston bergerak naik turun.

Komponen yang terdiri pada gardan juga tidak sedikit yaitu pada Differential Gear terdiri dari side gear, pinion gear, dan differential carrier. Lalu ada Final Gear yang terdiri dari drive pinion dan ring gear.

Gardan memiliki fungsi utama sebagai pembeda saat gerakan putar antara poros roda bagian kiri dan kanan kendaraan. Adanya perbedaan inilah yang membuat radius belok menjadi lebih terarah, sehingga kendaraan tidak perlu mengeluarkan tenaga berlebih saat belok. Selain daripada fungsi utama tersebut, dengan perbedaan putaran kedua roda meminimalisir salah satu roda untuk mengalami slip yang membuat komponennya cepat aus dan rusak.

Bicara  soal kerusakan, ternyata oli gardan juga bisa mengalami kerusakan terutama saat terendam banjir. Tidak hanya gardan, banyak komponen penting mobil yang terendam air saat banjir terjadi.

Gardan bisa rusak karena terendam banjir dan juga dapat mengubah senyawa pada oli gardan. Karena ketika oli gardan sudah dalam kondisi rusak, otomatis gardan tidak memiliki lubrikasi dan akan menyebabkan kerusakan berlanjut.

Air banjir bisa merusak gardan dan mengubah senyawa oli gardan karena air tersebut bisa masuk melalui buangan hawa. Biasanya di bagian atas gardan terdapat lubang angin, dan kemungkinan besar air banjir masuk melalui lubang angin tersebut. Buangan hawa atau sebutan modernnya adalah breather biasanya terdapat plug yang melindungi dari masuknya air.

Apabila plug breather tersebut keausan dan rusak, maka air bisa leluasa masuk melalui plug breather tersebut. Jika sudah terjadi hal semacam ini, maka langkah paling aman adalah membuang semua oli gardan yang terkontaminasi air banjir. Setelah semua komponen mobil aman, maka bisa isi oli gardan dengan yang baru

Karena memperbaiki mobil sehabis terendam banjir merupakan hal yang krusial, apalagi untuk mengganti oli gardan. Harga oli gardan mobil dari Evalube yang cukup ekonomis menjadi rekomendasi untuk Anda.

Untuk kebutuhan oli gardan terbaik, Evalube telah menyediakan produk Evalube GL-4, yang merupakan Hypoid Gear Oil dengan formula base oil mineral kualitas tinggi, dengan kemampuan menahan beban kerja yang baik.

Pengaplikasian Evalube GL-4 ini bisa untuk melumaskan gardan mobil bensin maupun diesel, hingga mobil manual ataupun matic. Untuk pelumas mesin transmisi, bisa untuk mobil bensin dan diesel namun khusus untuk jenis mobil manual.

Terkait harga oli gardan mobil dari evalube ini cukup terjangkau, ada varian SAE 90 dengan harga Rp39.500 per botol dan juga SAE 140 dengan harga Rp40.500 per botol. Kedua harga tersebut adalah untuk ukuran 1 liter.

Harga oli gardan mobil milik Evalube ini bisa bersaing di pasaran dengan brand lain, namun untuk kualitas oli dari Evalube patut diperhitungkan untuk menjaga stabilitas gardan mobil demi menunjang kenyamanan berkendara.