Speedometer Motor Mati, Apa Penyebabnya?

By Administrator 02 Mei 2023
 

Speedometer berperan penting bagi kendaraan bermotor. Sebab, speedometer merupakan panel yang memberikan informasi tentang laju kendaraan. Tak hanya itu, fungsi lain dari speedometer adalah agar pengendara bisa mengendalikan laju motornya dengan baik ketika berada di jalanan. Sehingga bisa dikatakan, speedometer bisa jadi patokan bagi pengendara untuk mengurangi ataupun menambah kecepatannya ketika berkendara.

Saat ini pun, speedometer sudah mulai bervariasi. Tidak hanya berupa jarum penunjuk saja, tetapi sudah mulai berinovasi menjadi semakin canggih ke dalam bentuk digital.

Lalu, bagaimana jika speedometer motor mati? Tentu saja hal ini tidak akan berpengaruh pada mesin kendaraan, dan kamu tetap bisa mengendarai kendaraan dengan lancar. Meski begitu, bagi sebagian orang, speedometer menjadi komponen penting agar bisa mengatur kendaraannya di jalanan.

Yuk, simak beberapa informasi penyebab speedometer pada motor mati berikut ini.

1. Kabel putus

Salah satu penyebab speedometer motor mati biasanya lantaran kabel putus. Jika, kabel putus, sudah dipastikan bahwa putaran pada roda depan tidak akan terdeteksi oleh speedometer. Adapun berikut ini beberapa hal yang menyebabkan kabel speedometer rusak:

a. Dengan pemakaian normal, kabel speedometer tidak akan putus. Namun, bisa saja kabel speedometer putus lantaran tertekuk atau tertarik ketika pengendara membersihkan motor miliknya.
b. Kabel pada speedometer bisa saja sudah berkarat. Oleh karena itu, kabel akan mengalami pengikisan dan terputus. Biasanya, hal ini lantaran air yang masuk ke dalam kabel speedometer saat motor dicuci atau melewati genangan air.
c. Terakhir, kabel speedometer putus lantaran usia kabel yang sudah tua. Sehingga, akan membuatnya rusak dan tidak bisa berfungsi secara maksimal.

2. Gearbox rusak

Penyebab speedometer motor mati selanjutnya karena gearbox rusak. Seperti diketahui, gearbox berfungsi menyalurkan tenaga atau daya mesin ke mesin lainnya. Nantinya, dari proses itu, akan ada pergerakan yang dihasilkan, baik berputar atau bergeser. Lalu, jika gearbox yang terletak pada poros roda depan rusak, biasanya kabel tidak akan menyalurkan putaran roda ke speedometer. Umumnya, kerusakan gearbox terjadi lantaran pemasangan yang kurang pas atau pecah. Selain itu, gearbox juga mengalami aus atau gigi di dalam gearbox telah mengecil. Jika seperti ini, gearbox perlu diganti.

3. Speedometer bermasalah

Penyebab terakhir ketika speedometer motor mati bisa jadi lantaran speedometer itu sendiri yang rusak atau tidak berfungsi. Umumnya, ada beberapa komponen yang dapat menyebabkan kerusakan pada speedometer, mulai dari speed up atau bahkan jarumnya. Adapun berikut ini beberapa bagian panel yang menyebabkan speedometer motor mengalami kerusakan.

a. Umumnya, bagian dalam speedometer rusak lantaran pecah, termasuk speed up.
b. Seperti diketahui, jarum pada speedometer bergerak menunjukkan informasi kecepatan. Namun, jarum speedometer bisa saja rusak atau macet. Sehingga, jarum tidak bisa bergerak.
c. Selanjutnya yang membuat speedometer rusak lantaran per pada speedometer patah. Sehingga membuat jarum tidak bisa menunjukkan kecepatan sebenarnya.

Nah, itulah beberapa penyebab yang membuat speedometer rusak. Jika mengalami kendala pada speedometer, sebaiknya langsung diserahkan kepada ahlinya.