Mengenal Fitur Central Lock dan Gejala Kerusakannya

By Automotive Evalube 26 Apr 2024
 

Jika mobil keluaran lama dikunci menggunakan kunci manual, kini mobil keluaran terbaru sudah menggunakan teknologi central lock yang diklaim lebih aman untuk mengunci kendaraan. Jadi, teknologi ini memungkinkan mengunci keempat pintu mobil hanya menggunakan satu tombol saja. 

 

Penggunaan central lock ini sangat penting untuk keselamatan sehingga pengendara tak perlu khawatir ada pintu yang belum terkunci saat mobil berjalan. Apalagi bagi pengendara yang membawa penumpang anak-anak, teknologi central lock ini sangat membantu untuk memastikan pintu mobil terkunci dengan benar. 

 

Jadi, secara sederhana central lock dapat dipahami sebagai teknologi yang membuat pengendara bisa mengunci keempat pintu mobil dengan satu tombol saja. Pengendara pun tak perlu mengunci pintu mobil satu persatu sehingga lebih aman dan simpel. 

 

Fungsi Central Lock 

 

Central lock berfungsi untuk membuat seluruh pintu mobil terkunci secara bersamaan. Sebelum berkendara, sopir akan memastikan semua pintu mobil terkunci sempurna dengan central lock. Pengendara pun bisa membuka kunci tersebut secara bersamaan dengan satu tombol saja. 

 

Dengan demikian, keamanan penumpang mobil akan lebih terjaga. Tak akan ada insiden pintu tiba-tiba terbuka saat mobil berjalan yang bisa membahayakan penumpang. 

 

Cara Kerja Central Lock

 

Teknologi central lock membuat seluruh pintu mobil terkunci ketika tuas di sisi pengemudi ditekan. Ketika tuas ditarik, maka seluruh kunci pintu pun akan terbuka. Beberapa mobil memiliki bentuk tombol dengan simbol lock dan unlock

 

Inti dari kinerja central lock ini terletak pada mainboard yang bertugas mengatur sinyal input dari sensor mobil. Mainboard ini akan mengirim sinyal menuju komponen-komponen mobil sebagai output. Output kemudian akan meneruskan sinyal ke motor utama dan menjalankan perintah untuk mengunci pintu mobil atau membukanya. 

 

Jika Central Lock Rusak 

 

Central lock sangat penting bagi keamanan pengendara mobil. Maka apabila rusak tentu bisa membuat risiko berbahaya bagi pengendaranya. Untuk itu, apabila terjadi kerusakan pada central lock baiknya segera bawa mobil ke bengkel terpercaya. 

 

Ada beberapa penyebab rusaknya central lock. Di antaranya seperti motor penggeraknya rusak, benturan keras pada bagian pintu, kabel yang putus atau gigi penggerak aus. 

 

Perawatan pada central lock sendiri cukup sederhana yakni rajin membersihkan debu dan kotoran di sekitar mobil. Selain itu, hindari membanting pintu keras-keras saat menutup pintu karena bisa merusak central lock.