Waktu Ideal Untuk Mengganti Oli Motor Matic

By administrator 29 Nov 2018
 

Pasar motor matic belakangan sedang booming. Selain mudah digunakan, motor matic terbilang motor yang nyaman untuk kondisi lalu lintas seperti saat ini. Untuk hal perawatan motor matic juga cukup mudah dan hampir sama dengan motor motor lainnya.

Hanya saja untuk motor matic ada dua jenis oli yang secara berkala harus kalian ganti yaitu oli mesin dan oli transmisi. Mengganti oli secara berkala dan teratur membuat mesin menjadi lebih awet.

Setiap motor sangat disarankan mengganti oli usai menempuh jarak 2000 – 3000 km. Namun fakta dilapangan, dengan kondisi banyak kena macet kerja mesin motor lebih panjang dari jarak tempuh. Jika Anda ingin mengganti oli lebih cepat dari waktu ideal tentunya sah sah saja dan mesin akan tetap terawat dengan benar. Namun tentunya jadi lebih boros.

Sementara waktu ideal untuk penggantian oli transmisi atau gardan adalah saat motor telah menempuh jarak 8000 km. Penggantian oli transmisi secara rutin akan membuat perpindahan gigi jadi lebih halus, dan juga menghindari suara berisik yang timbul dari bagian CVT.

Penggunaan oli bisa dipilih sesuai kriteria kebutuhan mesin atau menggunakan oli sesuai anjuran dari tiap pabrikan.