Bau Tak Sedap dari Mesin Motor, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

By Administrator 18 Agu 2023
 

Apabila muncul sangit pada sepeda motor, sebaiknya jangan dianggap enteng. Pasalnya, bau tak sedap pada motor ini merupakan pertanda ada masalah pada mesin.

Apabila muncul bau sangit pada sepeda motor, segera bawa motor ke bengkel. Teknisi akan memeriksa ada permasalahan apa sehingga bau tak sedap tersebut muncul.

Berikut beberapa kemungkinan yang menyebabkan munculnya bau tak sedap pada sepeda motor:

1. Oli mesin bocor

Munculnya bau sangit dan mesin cepat panas bisa disebabkan karena adanya kebocoran pada oli mesin di beberapa bagian mesin. Oli yang bocor ini akan mengenai bagian luar mesin dan menyebabkan bau sangit.

Kebocoran oli mesin ini bisa disebabkan karena seal bocor atau karena seal tak dipasang dengan benar. Teknisi bengkel biasanya akan memeriksa bagian ini saat ada keluhan soal bau sangit pada motor.

2. Kerak di ruang bakar

Asal dari bau sangit ini juga bisa berasal dari ruang bakar. Hal ini disebabkan karena bekas pembakaran yang tidak sempurna karena udara yang masuk kotor sehingga menimbulkan kerak atau karena komponen bahan bakar beroktan rendah.

Jika sudah demikian maka kompresi akan meningkat sehingga mesin cepat panas. Selain itu, kerak pada bagian area katup juga menciptakan celah yang membuat bahan bakar bisa keluar dari knalpot.

3. Mesin bekerja terlalu lama

Jika mesin bekerja terlalu lama apalagi tanpa istirahat bisa menyebabkan cepat panas. Oli akan merembes karena panas berlebihan ke bagian silinder head atau saluran gas buang. Nah, ini akan menyebabkan asap putih keluar dari knalpot dan bau sangit tercium.

4. Kampas kopling

Kampas kopling yang bermasalah juga bisa menyebabkan bau sangit tercium dari sepeda motor. Kampas kopling yang sudah aus dan tak segera diganti bisa menyebabkan terciumnya bau sangit karena mesin cepat panas. Apalagi jika kampas kopling ini hangus, pasti akan tercium bau sangit. Untuk itu, jangan lupa mengganti kampas kopling secara berkala.

5. Membawa beban terlalu berat

Tiap sepeda motor itu memiliki kapasitas maksimal beban yang dibawa. Apabila beban yang dibawa lebih dari kapasitasnya, maka piston akan semakin besar untuk naik turun. Lama kelamaan RPM mesin juga akan menurun walaupun katup gas ada di posisi yang sama. Jika sudah demikian maka mesin akan jadi overheat dan mengeluarkan bau sangit.

Itu dia beberapa penyebab motor mengeluarkan bau tak sedap. Beberapa cara untuk mengatasinya yakni rajin servis motor, mengganti seal oli, juga rutin mengganti oli.

Gunakan oli berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan motor Anda agar mesin lebih terjaga. Gunakan Evalube yang berkualitas terbaik untuk motor Anda. Dapatkan Evalube di bengkel terdekat.