Hindari Kebiasaan Buruk Yang Bisa Bikin Mobil Karatan Ini

By Administrator 18 Sep 2023
 

Bagi pemilik mobil tentu tak ingin kendaraan kesayangannya karatan. Pasalnya, karat bisa membuat tampilan mobil jadi tak indah, apalagi bisa membuat harga jualnya turun. Karat pada mobil ini sifatnya bisa menyebar ke bagian lain, jadi keberadaannya bisa sangat mengganggu.

Sebenarnya, karat pada mobil bisa dihindari. Artinya, pemilik mobil bisa berhati-hati agar mobilnya tak karatan. Ada beberapa kebiasaan buruk pengendara yang membuat mobil cepat karatan. Karat sendiri awal mulanya disebabkan dari pelat logam pada bodi mobil yang terkena udara.

Berikut ini beberapa kebiasaan buruk pengendara yang bisa menyebabkan karat pada mobil:

1. Mobil tak dicuci setelah kehujanan

Indonesia adalah negara dengan curah hujan cukup tinggi. Hujan ini pada kendaraan sangat gampang menyebabkan korosi hingga karat. Sehingga, setelah mobil kehujanan baiknya langsung dicuci dan dikeringkan.

Apalagi hujan di daerah kota yang bercampur polusi. Ini akan sangat cepat menyebabkan karat pada mobil. Untuk itu, jika mobil kehujanan baiknya segera dicuci dan dikeringkan dengan kanebo.

2. Tak mengeringkan mobil setelah dicuci

Mungkin ada orang yang berpikiran bahwa mencuci mobil saja sudah cukup. Rupanya, mobil tak cuma harus dicuci tetapi juga dikeringkan dengan kanebo. Pasalnya, jika masih ada sisa air di mobil bisa menyebabkan munculnya karat.

Meski terkesan sepele, tetapi kebiasaan mengeringkan mobil setelah dicuci ini tak boleh diremehkan ya. Pastikan keringkan mobil setelah dicuci.

3. Mobil sering terpapar sinar matahari

Mobil yang terlalu sering kepanasan dan dijemur juga akan cepat karatan. Pasalnya, mobil yang terpapar panas berlebihan catnya akan cepat rusak sehingga menyebabkan karat. Untuk itu, baiknya memarkir mobil di tempat yang teduh dan aman.

Itu dia beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan mobil berkarat. Jika sudah terlanjur muncul karat, baiknya segera ditangani dengan tepat. Pasalnya, jika dibiarkan begitu saja maka karat akan dengan cepat menyebar.