Tips Memilih Karpet Mobil Yang Nyaman dan Sesuai

By Administrator 27 Jul 2023
 

Karpet mobil adalah salah satu komponen interior mobil yang sangat penting. Karpet menjadi pelindung bagian bawah mobil agar aman dari goresan dan kotoran. Selain itu, karpet juga berfungsi sebagai aksesori untuk mempercantik interior mobil.

Karpet mobil ini sendiri memiliki beberapa jenis yang biasa digunakan. Di antaranya karpet mobil yang terbuat dari karet, sintetis, PVC, beludru, karpet mobil campuran dari berbagai bahan.

Pemilik mobil bisa memilih jenis karpet sesuai kebutuhan dan kesenangan pribadi. Meski demikian, ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih karpet mobil yang berkualitas:

1. Perhatikan elastisitas karpet

Bahan karpet yang elastis dan lentur biasanya akan lebih awet. Selain itu, penggunaan dan ukurannya juga bisa menyesuaikan bodi mobil. Untuk mencuci karpet elastis juga cenderung lebih mudah ketimbang mencuci karpet dari bahan kaku.

2. Pilihlah karpet yang tidak bau

Untuk mencari karpet mobil yang tidak bau memang sulit jika membeli via online. Baiknya membeli langsung agar kita bisa memastikan karpet tersebut tidak memiliki bau khusus.

Untuk karpet mobil yang bagus memang lebih baik memilih yang tidak memiliki bau. Jika karpet mobil memiliki bau tertentu, bisa mengganggu penumpang di dalam mobil dan tentunya membuat berkendara jadi kurang nyaman.

3. Pilih karpet yang tidak licin

Penting juga memastikan bahwa karpet yang akan digunakan tidak licin. Pasalnya, karpet yang licin cukup mengganggu kenyamanan saat berkendara. Karpet yang licin ini bisa berubah posisi saat berkendara dan tentu saja ini sangat mengganggu.

4. Pilihlah karpet yang memiliki perekat atau pengait.

Penting untuk memilih karpet mobil yang memiliki perekat atau pengait agar karpet tidak bergeser. Pasalnya, jika karpet bergeser bisa membuat kotoran turun ke bawah dan jadi sulit untuk dibersihkan.

Sebenarnya, jika karpet mobil sesuai ukuran bodi mobil maka tak membutuhkan perekat. Namun, biasanya sulit menemukan karpet dengan ukuran yang pas sehingga perlu adanya fitur perekat atau pengait.

5. Berwarna netral

Sebenarnya ini tergantung selera dari pemilik mobil. Tetapi memilih warna yang mencolok untuk karpet mobil biasanya akan sangat kontras dan membuat kesan desain interior mobil cenderung jadi norak.

Untuk itu, disarankan memilih warna karpet mobil yang netral agar tampak lebih luwes.

6. Pilih yang motifnya renggang

Jangan memilih karpet mobil dengan motif terlalu rapat karena akan sulit untuk dibersihkan. Baiknya memilih karpet mobil dengan motif sedikit renggang karena akan memudahkan saat dibersihkan hingga mudah menjangkau bagian-bagian sempitnya.

Itu dia beberapa tips memilih karpet mobil untuk interior mobil. Selain itu, agar lebih yakin bisa membeli karpet mobil yang sudah direkomendasikan oleh ahli atau oleh reviewer otomotif.